Internet Unlimited Paling Murah

14 Mar 2012 12:00 | Hits: 80657

Pertarungan Tarif Paket Internet Unlimited Paling Murah di Indonesia, Axis vs Three

Pertarungan Tarif Paket Internet Unlimited Paling Murah di Indonesia, Axis vs Three

Ketika menggunakan sebuah smartphone atau tablet, tentunya akses internet menjadi sebuah keharusan. Tanpa akses internet, maka pengguna smartphone atau tablet tak akan bisa menggunakan perangkatnya tersebut secara maksimal. Di Indonesia, terdapat dua provider telepon yang menyediakan paket internet unlimited paling murah, yakni Axis dan Three. Cukup menarik untuk membandingkan kualitas dari paket internet unlimited paling murah yang ditawarkan oleh kedua provider tersebut. Berikut ini adalah ulasannya.

Cakupan Sinyal

Provider telepon Three menyediakan cakupan sinyal HSDPA atau 3G di 8 kawasan, yakni Bandung, Batam, Denpasar, Surabaya, Jabodetabek, Medan, Semarang dan Yogyakarta. Sementara itu mengenai cakupan sinyal Three, perusahaan ini mengklaim bisa diakses di 24 propinsi di Indonesia, dari Nangroe Aceh Darussalam hingga kawasan Sulawesi Selatan.

Jika Three sanggup diakses di 24 propinsi di Indonesia, maka Axis hadir dengan jangkauan jaringan yang lebih banyak. Akses paket internet murah unlimited dari Axis bisa diakses di 28 propinsi di seluruh Indonesia. Sayangnya, sama seperti Three, sinyal Axis kurang menjangkau daerah Indonesia bagian timur. Selain itu, sinyal 3G/HSDPA dari Axis juga masih terbatas di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Surabaya dan lain-lain.

Harga

Dari segi harga, Three menyediakan harga yang sangat murah. Terdapat empat jenis paket internet unlimited paling murah yang disediakan oleh Three. Yang paling murah adalah paket dengan kuota 500 MB seharga Rp 35.000,-. Sedangkan paket lainnya adalah kuota 1 GB (Rp 50.000,-), kuota 2 GB (Rp 75.000,-) dan 5 GB (Rp 125.000,-). Keempat paket internet tersebut merupakan paket internet dengan batas penggunaan 30 hari.

Sama halnya dengan paket internet unlimited paling murah dari Three, Axis juga menyediakan 4 jenis paket internet. Paket yang pertama adalah paket mingguan dengan membayar Rp 24.900,- per minggu. Paket ini memiliki kuota 250 MB. Paket kedua adalah paket Bulanan Basic dengan kuota 500 MB yang bisa diperoleh dengan biaya Rp 49.000,-. Dua paket lainnya adalah Bulanan Premium Rp 79.000,- dengan kuota 1 GB dan Bulanan Ultimate Rp 149.000,- dengan kuota 2 GB.

Kecepatan

Paket internet unlimited paling murah yang ditawarkan oleh Three diklaim memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Untuk jaringan EDGE, Three mengatakan bahwa para konsumen layanan internet dari mereka bisa memperoleh kecepatan hingga 385 Kbps. Sedangkan untuk kawasan yang bisa diakses oleh jaringan 3G/HSDPA dapat menikmati kecepatan akses internet hingga 3.6 Mbps. Sementara itu, jika pemakaian kuota sudah habis, maka kecepatan akses internet akan turun hingga 128 Kbps. Sama halnya dengan pihak Three, Axis juga mengklaim bahwa kecepatan paket internet yang mereka tawarkan sangat cepat. Sayangnya, pihak Axis tidak menyebutkan angka secara pasti dari kecepatan produknya tersebut. Namun jika penggunaan kuota sudah habis, maka kecepatan internet Axis akan turun menjadi 128 Kbps saja.

Kesimpulan

Dari perbandingan dua paket internet unlimited murah antara Axis dan Three di atas, terdapat kelebihan dan kelemahan masing-masing provider. Dari cakupan jaringan, Axis memiliki keunggulan dibandingkan Three. Namun dari segi biaya, Three memiliki kelebihan dibandingkan dengan Axis. [IB]