Teknologi Komputer Terbaru

24 Apr 2013 20:30 | Hits: 1710

Gigabyte Brix - Teknologi Komputer Terbaru Cikal Bakal Trend Mini PC Dari Gigabyte

Gigabyte Brix - Teknologi Komputer Terbaru Cikal Bakal Trend Mini PC Dari Gigabyte

Tren komputer berukuran mini sudah semakin berkembang beberapa waktu belakangan. Komputer mini ini biasanya digunakan untuk keperluan multimedia macam HTPC atau Home Theater Personal Computer dengan menggabungkan sebagian kemampuan dari komputer dengan teknologi perangkat lunak yang mendukung video, audio, foto, maupun kemampuan perekam video maupun audio. HTPC digunakan untuk pengguna yang menginginkan sensasi menonton film di bioskop dan mendengarkan lagu berkualitas tinggi di dalam rumah. Mini PC ini biasanya memang hanya digunakan sebagai HTPC tetapi dengan semakin banyak dan berkembangnya teknologi komputer terbaru saat ini, Mini PC sudah mampu bersaing dengan kemampuan komputer dekstop pada umumnya. Tidak lagi hanya digunakan untuk fungsi multimedia saja, Mini PC sekarang mampu menjalankan proses berat macam bermain game ataupun proses pengeditan foto yang butuh spesifikasi tinggi.

Gigabyte Brix, Mini PC dengan teknologi komputer terbaru dari Gigabyte ini dirilis untuk menyaingi beberapa pendahulu seperti Zotac ZBOX Nano Line yang memiliki banyak peminat untuk komputer ukuran mini. Gigabyte Brix yang dirilis menawarkan 4 pilihan prosesor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang ada.

Desain

Jika anda belum pernah melihat sebuah Mini PC, mungkin anda akan mengira teknologi komputer terbaru dari Gigabyte ini adalah sebuah harddisk external dengan ukuran yang cukup besar dibanding harddisk external kebanyakan. Mini PC ini berbentuk kotak dengan dominasi hitam glossy di bagian atas serta tulisan Gigabyte dan tombol Power berada di bagian bawah kanan. Pada bagian kiri dan kanan badan Mini PC ini terdapat rongga yang berguna untuk mengeluarkan udara panas dari badan Mini PC. Pada bagian depan, terdapat 1 port USB 3.0 dan di bagian belakang terdapat banyak koneksi yang digunakan pada Mini PC ini. Mulai dari Mini-PCIe Wi-Fi card yang sudah terinstall, 1 port Gigabit LAN (tidak ada pada model dengan prosesor Celeron), 1 port HDMI out, 1 port Mini DisplayPort, 1 port USB 3.0, serta 1 port RJ45 untuk ethernet melengkapi Mini PC teknologi komputer terbaru ini.

Dimensi

Dengan dimensi 114.8 x 108 x 29.5 mm serta bobot 404 gram, tidaklah susah untuk membawa Mini PC teknologi komputer terbaru Gigabyte ini kemana pun anda inginkan. Brix dapat ditaruh di dalam tas maupun kantong saku jaket anda karena ukuran yang sebesar telapak tangan pria dewasa dan ditambah berat 404 gram, perangkat keras ini tidak akan terasa berat saat dibawa. Tinggal colokkan Mini PC ke monitor yang memiliki fitur koneksi HDMI maupun Mini DisplayPort, anda akan mendapatkan Mini PC dengan kemampuan komputer dekstop dimanapun anda inginkan. Tidak hanya itu yang ditawarkan Mini PC teknologi komputer terbaru dari Gigabyte, Brix juga dibekali dengan VESA mounting sehingga dapat ditempatkan di meja maupun dinding.

Perangkat Keras

Mini PC teknologi komputer terbaru Gigabyte ini ditawarkan dengan 4 pilihan prosesor mulai dari penggunaan komputasi skala kecil seperti Intel Celeron 1007U dan Core i3-3227U, penggunaan komputansi tingkat menengah ke atas melalui Core i5-3337U, dan komputansi berat melalui Intel Core i7-3537U. Dari sisi chipset, Brix dibekali dengan chipset Intel HM77 untuk semua seri Intel Core dan Intel HM70 untuk prosesor Celeron. Brix menyertakan 2 buah slot SO-DIMM DDR3 yang mendukung frekuensi 1333 / 1600 MHz dengan kapasitas maksimal 16GB.

Konektivitas

Konektivitas pada Mini PC teknologi komputer terbaru dari Gigabyte ini bisa dibilang cukup lengkap dengan hadirnya 2 port USB 3.0, monitor port HDMI dan Mini DisplayPort, 1 port RJ45 untuk ethernet, serta 1 port DC-In untuk sumber daya yang tersebar di bagian depan dan belakang badan. Selain itu, Brix juga dilengkapi dengan slot ekspansi berupa 1 slot mSATA serta Wi-Fi card slot dengan bentuk mini-PCIe.

Kesimpulan

Teknologi komputer terbaru memang membawa banyak perubahan mulai dari sisi performa sampai bentuk dan ukuran. Mini PC yang identik dengan HTPC ataupun penggunaan komputasi dengan skala yang kecil karena keterbatasan perangkat keras yang mendukung form factor ini sekarang sudah mampu hadir mengikuti jejak komputer dekstop yang bertenaga. Brix sebagai Mini PC teknologi komputer terbaru dari Gigabyte ini mampu menempatkan diri sebagai komputer dengan ukuran super kecil dengan kemampuan handal berangkat dukungan prosesor bertenaga besutan Intel serta konektivitas yang lengkap. [BAM]