Macam-Macam Keyboard

27 Apr 2013 08:27 | Hits: 3604

Macam - Macam Keyboard Yang Bisa Anda Gunakan

Macam - Macam Keyboard Yang Bisa Anda Gunakan

Keyboard merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan input data pada perangkat lain sepert desktop komputer, laptop, ponsel, dan sebagainya. Selain fungsi utama keyboard sebagai input data, banyak Macam-Macam Keyboard yang tersedia menawarkan bervariasi fitur yang berbeda-beda. Sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari komputer, keyboard memiliki kegunaan yang sangat penting. Adalah hal yang sulit dibayangkan apabila komputer tidak disandingkan dengan keyboard. Variasi keyboard yang memiliki jenis berbeda-beda juga berpengaruh pada penggunaan suatu device. Tentunya, pabrikan keyboard melihat kebutuhan penggunanya untuk memberikan fitur menarik pada setiap segmen yang berbeda-beda berdasarkan tipe keyboard yang berbeda pula. Hal ini akan menghasilkan bervariasinya jenis keyboard, dan beberapa diantaranya mungkin sudah Anda kenal. Namun, ada pula keyboard unik yang kurang populer, namun memiliki sisi menarik tersendiri. Berikut ini Paseban akan menyajikan **macam-macam keyboard** yang tersedia saat ini.

1. Standard Keyboard Standar keyboard mungkin merupakan salah satu jenis keyboard terpopuler dan banyak digunakan orang-orang di dunia. Keyboard ini memang telah banyak berubah selama beberapa tahun terakhir, namun tampilan dasarnya masih tetap. Rata-rata jumlah tombol dalam keyboard ini adalah 105, namun ada juga versi lama yang memiliki jumlah tombol antara 95-103. Bisa dikatakan, standard keyboard merupakan jenis keyboard paling dasar, tetapi memiliki variasi yang berbeda pada setiap keyboard, terutama pada penempatan tombol. Standard keyboard memiliki beberapa tipe, dan tipe yang paling umum adalah QWERTY keyboard. Ada juga tipe lain seperti AZERTY keyboard yang digunakan di Prancis, serta tipe seperti QWERTZ keyboard dan Dvorak keyboard.

2. Ergonomic Keyboards Ergonomic dapat diartikan sebagai metode untuk melakukan pemanasan bagi otot-otot dalam rangka menghindari cedera yang tidak diinginkan. Metode ini dilakukan untuk mengoptimalkan performa saat bekerja, sehingga semua bagian dapat bekerja dengan baik. Di lain pihak, Ergonomic keyboard didesain mengikuti alur yang sama dengan hal tersebut. Ini merupakan suatu jenis keyboard yang didesain untuk mencegah kelelahan pada jari dan tangan pada saat Anda mengetik dalam durasi yang lama. Melalui keyboard ini, Anda dapat mengatur angle agar nyaman digunakan pada saat mengetik.

3. Wireless Keyboard Seperti nama yang disandangnya, Wireless keyboard tidak perlu dihubungkan dengan komputer menggunakan sebuah kabel. Ini membuat keyboard lebih praktis bagi para penggunanya dan membuat pemakaian keyboard menjadi nyaman. Wireless keyboard mengggunakan tiga tipe koneksi yaitu Bluetooth, Infrared, dan frekuensi radio untuk menghubungkannya dengan komputer. Ketiga tipe wireless keyboard tersebut membutuhkan daya eksternal agar dapat berfungsi baik. Dalam kebanyakan model, biasanya membutuhkan baterai jenis AA atau AAA. Dari ketiga tipe wireless keyboard itu, yang paling nyaman dan sering digunakan adalah Bluetooth keyboard dimana akan memanfaatkan teknologi Bluetooth. Anda dapat menghubungkannya dengan perangkat yang memiliki fitur Bluetooth.

4. Compact Keyboard Compact keyboard memiliki desain yang lebih ramping dari keyboard kebanyakan dan tidak memiliki tombol numeric yang biasanya berada di sebelah kanan keyboard. Biasanya, keyboard jenis ini digunakan pada laptop dimana ukurannya yang kecil cocok digunakan didalamnya. Untuk mengakali tombol yang terbuang, keyboard ini memanfaatkan fitur multiple function. Compact Keyboard menawarkan kepraktisan pada saat Anda sedang bepergian atau tidak ingin membawa barang yang berukuran besar.

5. Gaming Keyboard Gaming keyboard merupakan keyboard yang didesain untuk para gamer. Keyboard ini memiliki fitur untuk memberikan pengalaman lebih bermain game bagi para penggunanya, juga menyediakan berbagai manfaat bagi gamer. Fitur-fitur yang ada didalamnya antara lain volume control, key lighting, programmable key, interchangeable key, in-built joystick, dan sebagainya. Gaming keyboard datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi ini hanyalah sebagai penanda yang unik untuk menarik para gamer. Selain itu, beberapa gaming keyboard bisa saja dibuat khusus untuk suatu tipe game.

6. Virtual Keyboard Virtual keyboard merupakan software pada suatu device yang akan membawa Anda untuk meng-input data seperti halnya pada hardware keyboard. Biasanya, virtual keyboard berperan sebagai sebuah aplikasi dan dapat dikontrol melalui touch screen atau bisa juga mouse. Keyboard ini umumnya digunakan pada suatu perangkat yang memng tidak memerlukan keyboard namun membutuhkan fungsinya, seperti yang biasa Anda lihat pada smartphone atau tablet. [DEAS]