Cross A26

21 Apr 2013 22:00 | Hits: 13637

Cross A26, Ponsel Lokal dengan Performa yang Luar Biasa

Cross A26, Ponsel Lokal dengan Performa yang Luar Biasa

Tren ponsel 5 inch, memang tidak terbantahkan. Nyaris semua vendor mengeluarkan produk dengan style Galaxy Note. Uniknya, permintaan pasar juga berbanding lurus. Alhasil, produk dengan bentang layar lebar ini laku keras. Salah satu produk 5 inch yang baru saja turun ke pasar adalah Cross A26; mengusung Android ICS, berprosesor dual core dengan kamera 8 MP.

Desain

Model lapisan glossy sengaja dibalutkan untuk menambah kesan bahwa di tubuh Cross A26. Termasuk mengguyurkan warna hitam pekat agar terlihat elegan. Sepintas dari jauh pun kesan itu berhasil muncul seketika. Tapi sayangnya, badan dari ponsel ini terlihat sangat plastik setelah digenggam, apalagi ketika tangan mulai berkeringat, maka bodi ponsel akan terlihat kurang menarik lagi. Pada bagian detail muka, Anda akan menjumpai layar lega 5 inch yang terlihat dominan di area depan. Di atas layar, speaker dan kamera duduk berdampingan. Sedangkan di bawah layar tombol haptic layaknya ponsel Android sudah tersemat. Tombol home, back, search, dan pengaturan bisa ditugaskan untuk berinteraksi dengan pengguna. Pindah ke bagian tepi, port charger dan lubang audio 3.5mm menganga di bagian atas. Di sebelah tepi kiri, volume untuk mengatur tinggi-rendah suara sudah nangkring, sementara di tepi berlawanan tombol power/pengunci layar hadir di sana. Last but not least, bagian cover belakang terdapat speaker, kamera dan flash.

Antarmuka khas Ice Cream Sandwich menjadi pilihan Cross A26 untuk menjalankan fitur di dalamnya. Kekuatan sistem operasi ini sudah terbukti mampu mengakomodir variasi kebutuhan pengguna. Homescreen sebanyak lima halaman utama menjadi lahan untuk dipasangi ikon dan widget favorit. Selain itu, ketika Anda mencoba membubuhi ikon dan widget layar cukup responsif. Proses tarik geser dan taruh bisa mudah dilakukan. Tidak cuma itu, saat beralih dari fitur satu ke lainnya cukup mudah dan gesit. Ketika digunakan untuk memainkan games Subway Surfer. Respon layar tetap lincah untuk menghindar dari kejaran polisi dan anjingnya. Untuk bermain games lainnya, Cross A26 cukup gesit untuk melakukan kegiatan ber-multitouch.

Performa

Kinerja Cross A26 cukup layak diberi acungan jempol. Dari benchmark menggunakan AnTuTu, Quadrant, NenaMark1 dan 2, hasilnya cukup prima. Sebut saja Antutu di mana ponsel ini berhasil mencapai angka 5388, sedangkan dengan Quadrant, skor mencapai 2703. Nilai yang bisa disandingkan dengan beberapa ponsel milik vendor terkemuka seperti Samsung dan LG. Sebagai contoh, skor yang didapat ponsel ini pada aplikasi Antutu mengungguli Samsung Galaxy Nexus.
Namun, kualitas speaker bawaan sepertinya kurang memuaskan. Beberapa lagu yang diputar kurang mengalun merdu. Ketika dicoba mengaturnya dengan equaliser. Suara pun bisa berubah, namun tidak juga meningkatkan kualitas output speaker. Untuk mengurangi kekecewaan Anda, sebaiknya Anda menggunakan headset atau earphone untuk meningkatkan kualitas suara yang Anda dengarkan melalui ponsel ini.

Kamera

Fitur ini yang menjadi tAnda tanya besar. Benarkan 8MP? Sepertinya kamera sudah diinterpolasi sehingga bisa menipu pengguna, buktinya, hasil jepretan jauh dari harapan. Dan tidak bisa disejajarkan dengan kamera yang benar-benar beresolusi 8MP. Sebab, saat dilakukan pemotretan di lokasi minim cahaya hasilnya mengecewakan dan banyak sekali noise. Jadi tampaknya besarnya resolusi yang ditawarkan tidak berbanding lurus dengan performa dan kualitas yang diberikan.

Konektifitas

Untuk pengujian koneksi, semua pengujian berlangsung lancar jaya tanpa kendala. Kemampuan untuk bertukar data dengan peranti lain pun terselenggara. Termasuk saat mengujinya sebagai tethering portable hotspot, bisa berbagi dengan lima device sekaligus. Tentunya ini akan menjadi kelebihan yang menarik minat para konsumen yang memerlukan ponsel sebagai alat hotspot utama di rumah atau pun di tempat kerja.

Kesimpulan

Cross A26 bisa menjadi pilihan tepat bila menginginkan kinerja yang lumayan cepat. Selain itu, banderol yang terjangkau, yaitu sekitar 1.3 juta layak untuk diberi apresiasi. Selain itu, ponsel ini terbilang memiliki kinerja cukup baik, layar yang luas serta responsif dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda ketika akan membeli ponsel ini. Sayangnya, ponsel ini memiliki speaker bawaan yang kurang mumpuni. Selain itu, kamera yang dimiliki oleh ponsel ini pun terbilang masih kurang maksimal. [IRW]