Printer Canon IP1880

21 Apr 2013 15:00 | Hits: 2923

Printer Canon IP1880: Printer Dinamis dengan Daya Cetak Resolusi 4800 dpi

Printer Canon ip1880 adalah salah satu produk printer yang cukup laris di pasaran. Printer tersebut juga merupakan salah satu produk yang telah dikeluarkan oleh salah satu perusahaan vendor terbesar di negeri Sakura Jepang. Produk-produk perusahaan Canon memang cukup terkenal dan sudah banyak diakui akan kualitas dan kuantitasnya.

Printer Canon ip1880 ini memiliki kualitas cetak yang baik dengan resolusi cetak 4800 X 1200 dpi. Dan kecepatan cetaknya juga bagus yaitu Black Text (Normal) = 13.3 ppm (draft) dan Photo ( 10 x 15 cm) = 72 sec /Photo. Juga memiliki desain yang cukup baik, tidak memakan banyak tempat, berwarna hitam yang tajam nan mengkilap karena terbuat dari bahan plastik pilihan yang mudah untuk kita dalam membersihkannya. Printer Canono inipun mempunyai hasil cetak yang warnanya tak akan pudar dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut akan dijelaskan gambaran dari spesifikasi printer Canon ip1880 ;

Desain

Printer buatan vendor Canon ini memiliki diameter 442 x 237 x 152mm (W x D x H) dengan berat sebesar 3.3 kilogram. Permukaan bodynya terbuat dari bahan plastik pilihan light gloss, hingga penampakannya terlihat menarik dengan warna hitam yang terang. Printer ini didesain engan gaya minimalis sedemikian rupa hingga tidak memakan banyak tempat, mudah dibersihkan dan mudah dikonfigurasi dan digunakan.

Dukungan Terhadap Sistem Operasi

Printer Canon ip1880 telah mendukung sistem operasi Windows 8 juga, di samping mendukung sistem operasi Windows Vista / XP/2000 dan Mac OS X v.10.2.8 - 10.4. Dan driver pendukung penginstalannyapun telah disediakan oleh pihak Canon itu sendiri , bahkan banyak situs lainnya yang menyediakannya.

Sumber dan Daya Konsumsi Listrik

Printer Canon ip1880 ini termasuk printer yang cukup irit akan penggunaan listriknya, yakni memiliki power atau sumber listrik sebesar 100-240V 50/60Hz saja, serta rata-rata mengkonsumsi listrik AC sekitar kurang dari 0.7W (Siaga Cetak) dan kurang dari 0.5W (Off ) serta 7W (Printing) x 4. Dan dengan kebisingan akustik sekitar 43dB (A) pada saat mencetak dalam modus kualitas cetak tertinggi di Photo Paper Pro. Jadi printer ini cukup enteng dan tidak berisik saat mencetak dalam keadaan normal.

Kapasitas Tinta dan Kemampuan Cetak

Printer Canon ip1880 ini juga mempunyai kelebihan dari jumlah lembar maksimal yang dapat dicetak dengan ketersediaan tinta dalam Fine Cartridge warna yang terdapat di dalam perangkat slotnya. Yang kemampuan cetak bisa mencapai 220 - 355 lembar jika mencetak dokumen bewarna dengan kapasitas tinta tipe PG 380 dan CL-40. Sedang dalam mencetak photo ukuran 4 x 6 inchi, printer Canon ini sanggup mencetaknya hingga 2000 an lembar photo. Intinya Printer Canon ip1880 ini hanya memiliki satu cartridge yang multifungsi dalam warna dalam perangkatnya. Dan memiliki rata-rata pencetakan sebanyak 20 lembar copy dalam satu menit saja untuk cetak hitam dan putih sedangkan untuk cetak warna bisa mencapai 17 copy dalam satu menitnya.

Di samping itu pula, Cartridge pada printer Canon ip 1880 ini mudah digunakan dan diisi ulang serta tidak sering mengalami error. Dan hasil cetakan dari printer inipun terbilang bagus, jernih dan mirip dengan aslinya.

Paper Handling (ASF)

Paper handling di sini maksudnya adalah dukungan printer terhadap tipe, jenis dan banyaknya kertas yang dapat disimpan pada slot rak kertas. Dan printer Canon ip1880 ini memiliki banyak dukungan terhadap tipe, jenis dan ukuran kertas, diantaranya adalah kertas biasa (100-10), kertas photo pro A4 (80), kertas Glossy dan semi Glossy (20), kertas phot untuk stiker, amplop dan T-Shirt transfer.

Namun sayangnya, di samping memiliki keunggulan-keunggulan di atas, printer Canon ip 1880 ini memiliki kelemahan yang hampir sama dengan generasi pendahulunya, yaitu banyaknya proteksi yang dipasang di printer iP1880 ini oleh vendor Canon. Hal ini memang untuk mendorong pengguna agar mengganti catridgenya apabila habis tintanya.

Printer merk Canon ip1880 ini dilepas oleh vendor Canon di pasaran dengan harga sekitar 60 dollar USA dan telah ada di tanah air Indonesia. [BAM]