Acer V370

20 Apr 2013 11:00 | Hits: 4577

Acer V370: HP Acer Android dengan MediaTek Quad Core Plus Kemampuan MultiTouch

Acer V370: HP Acer Android dengan MediaTek Quad Core Plus Kemampuan MultiTouch

Pada akhir tahun ini, Acer akan merilis handphone terbarunya dengan OS Android v4.1 Jelly Bean. Tidak tanggung-tanggung, ada beberapa handphone yang akan dihadirkan oleh vendor Taiwan ini. Sebagian dari HP Acer Android yang dimaksud adalah Acer Liquid E1 dan Acer Liquid C1. Selain itu, ada juga rumor tentang ponsel yang berlabel Acer Liquid S. Kemungkinan, Acer akan manghadirkan smartphone bertema Android dengan seri C, E, atau mungkin Z. Hp terbaru Acer itu menggunakan kode V370. Rumor ini dikabarkan telah bocor di Hongkong dan Cina. Sebuah situs teknologi dan komunikasi di Cina sempat mengungkapkan desain dan spesifikasi dari Acer V370.

Desain

Desain yang diusung Acer V370 bisa dikategorikan mid-level. Sisi depan HP Acer Android ini berupa layar sentuh kapasitif dengan jenis TFT qHD. Layar jenis touchscreen itu berukuran 4,5 inch dengan resolusi 540 x 960 piksel. Acer V370 menerapkan teknologi capacitive touchscreen. Saat ini, jenis layar capacitive adalah yang paling sering digunakan oleh sistem touchscreen. Bagi kebanyakan vendor, perangkat dengan sistem ini lebih mendapat apresiasi dan memiliki daya jual yang lebih tinggi. Layar kapasitif lebih sensitif dan tidak perlu gaya tekan yang besar. Sentuhan ringan ke layar akan langsung direspon oleh sistem. Layar responsif ini ini juga dapat mengenali jari anda dan tidak akan merespon meskipun ditekan oleh benda-benda lain.

Prosesor dan Memori

Prosesor yang disertakan pada Acer V370 adalah MediaTek quad core dengan kecepatan clock 1,2GHz. Performa prosesor ini semakin maksimal dengan dukungan GPU Adreno 320. Dengan kombinasi keduanya, pengguna bisa mendapatkan grafis tampilan dengan kualitas terbaik. Untuk media penyimpanan dokumen/file, HP Acer Android ini telah dilengkapi memori internal sebesar 4GB-32GB. Selain itu, Acer V370 juga dilengkapi slot memori 32GB.

OS Android v4.1 Jelly Bean

Acer V370 menggunakan sistem operasi Android v4.1 Jelly Bean. HP Acer Android ini tentunya dapat menjalankan fitur-fitur yang ada pada Android v4.1. OS ini telah diperkenalkan secara resmi dalam acara Google I/O di San Francisco Amerika.Pada dasarnya, Android adalah sistem operasi open source berbasis linux. Namun, OS ini hanya dikhususkan untuk aplikasi ponsel, smartphone, dan tablet. Karena sifatnya yang open source, pengembang aplikasi dapat mendesain aplikasi-aplikasi sendiri sesuai versi mereka. Pengguna pun bisa menikmati aplikasi-aplikasi yang bervariasi dan beragam sesuai kebutuhan dan selera. Pengguna pun semakin dimanjakan dengan banyaknya pengembang dan pilihan aplikasi.

Aplikasi Google Now

Dengan OS Android v4.1, pengguna HP Acer Android ini bisa menikmati fitur Google Now. Google Now adalah aplikasi yang dapat memberikan informasi lokal kepada pengguna. Secara fungsional, fitur unggulan jelly bean ini memanfaatkan search history dari kalender, browser, maupun lokasi pengguna. Hasil dari kinerja Google Now berupa informasi relevan yang dibutuhkan oleh tiap pengguna. Informasi yang diberikan bisa dimanfaatkan pengguna untuk memperkirakan lama perjalanan ke suatu tempat. Selain itu, contoh informasi yang bisa disediakan adalah jadwal bus ke tempat tujuan dan lainnya.

Notifikasi dan Widget

Tampilan HP Acer Android ini dilengkapi bar notifikasi yang lebih pandai. Misalnya, notifikasi akan muncul jika ada panggilan tak terjawab dan bar notifikasi yang tampil bisa lansung anda manfaatkan untuk menelpon kembali. Ukuran widget yang dimiliki Android v4.1 juga semakin cerdas. Widget mampu menyesuaikan tampilan sesuai ukuran atau space yang tersedia. Dengan begitu, tampilan V370 akan selalu nyaman dilihat.

Pencarian dengan Nada dan Galeri Foto

Sebenarnya, fitur pencarian dengan nada telah tersedia di Android termasuk pada Android versi-versi sebelumnya. Namun, fitur yang dimiliki Android v4.1 adalah fitur yang yang lebih cerdas dan dilengkapi kemampuan menjawab saat pengguna melakukan pencarian dengan suara. Untuk keperluan penyimpanan dokumen berupa foto, Android Jelly Bean v4.1 telah disertai fitur galery photo. Fitur, yang dimiliki HP Acer Android ini, lebih baik dari fitur serupa yang sebelumnya telah ditawarkan oleh Android Ice Cream Sandwich.

Kamera

Acer V370 juga nyaman untuk dibawa. HP Acer Android ini berukuran 131mm x 68mm x 9,9mm. Dengan berat 139 gram, produk Acer ini semakin mantab di genggaman anda. Seperti kebanyakan smartphone lainnya, Acer V370 disertai fitur kamera. Kamera utamanya memiliki resolusi 8MP. Untuk kamera sekunder, produk ini mampu menghasilkan jepretan dengan resolusi 2 MP. Selain itu, produk Acer ini juga telah mendukung tampilan full HD 1080p untuk perekaman gambar atau video.

Jaringan dan Harga

Acer V370 beroperasi pada jaringan GSM/WCDMA (900MHz, 1800MHz, 850MHz, 1900MHz). HP Acer Android ini rencannya akan dikhususkan untuk pasar Cina terlebih dahulu. Harga produk terbaru Acer ini diperkirakan sebesar 179 USD - 230 USD atau Rp 1,6 - Rp2,2 juta. Harga tersebut bervariasi sesuai kapasitas memori yang dimiliki. Suatu saat, smartphone ini juga akan mampir ke Indonesia.
[MER]