Program Aplikasi Komputer

18 Apr 2013 22:30 | Hits: 15291

Menulis Novel Lebih Mudah dengan 7 Program Aplikasi Komputer Ini

Menulis Novel Lebih Mudah dengan 7 Program Aplikasi Komputer Ini

Banyak penulis mulai dari pemula maupun yang sudah mahir masih menggunakan program aplikasi komputer sepert Microsoft Word atau Open Office dalam menulis atau mengarang cerita macam novel, buku, atau karya tulis lain. Tidak salah memang menggunakan kedua aplikasi tadi dalam menulis cerita, tetapi jika kita ingin lebih terlihat profesional dan ingin bekerja lebih efektif dan efisien, banyak sekali aplikasi komputer yang mengkhususkan diri dalam membantu para penulis tidak hanya dalam menulis cerita, tetapi juga membantu mengembangkan banyak elemen dalam cerita, seperti alur cerita, karakter tokoh, plot, maupun elemen penting lain. Dengan adanya aplikasi pembantu ini, penulis akan lebih mudah dalam menulis cerita maupun mengembangkan elemen lain lewat banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi. Berikut ini adalah 7 program aplikasi komputer berbayar yang banyak digunakan penulis luar dalam membantu mereka menulis cerita yang mereka inginkan.

WriteItNow

WriteItNow yang dinobatkan sebagai program aplikasi komputer untuk penulisan terbaik untuk tahun 2013 memang bukan isapan jempol belaka. Tampilan antarmuka yang trendi dan mudah dioperasikan, fitur-fitur menarik dan handal dalam pembuatan novel macam Story Board, Thesaurus, Spelling Checker, serta banyak lagi fitur handal lainnya. WriteItNow memudahkan pengguna menulis cerita atau novel dengan mengatur isi dari tiap paragraf sehingga novel yang dibuat bisa menjadi lebih terstruktur.

WriteWay Pro

Berada di bawah WriteItNow membuat program aplikasi komputer ini menjadi aplikasi penulis terbaik kedua. Penulis yang menggunakan aplikasi ini akan dituntun dalam penulisan novel dengan format yang terstruktur sehingga memudahkan penulis mengembangkan karakter dari tokoh yang ada di dalam novel. Aplikasi ini menekankan pada fondasi dasar dari penulisan novel yang nantinya digabung untuk membuat novel lebih terstruktur dan memiliki dasar yang kuat. Sayangnya aplikasi ini tidak bisa dinikmati oleh para pengguna Mac.

Power Structure

Sama seperti kebanyakan program aplikasi komputer khusus penulisan novel, Power Structure memberikan banyak fitur yang akan memudahkan anda menulis novel, tetapi aplikasi ini tidak hanya untuk pembuatan novel atau karya tulis, tapi juga digunakan untuk berbagai format penulisan, seperti penulisan buku sampai screenplay dalam film atau sinetron. Banyaknya format yang ditawarkan membuat aplikasi ini layak dicoba.

Contour

Jika anda masih pemula dalam menulis novel atau karya tulis lain, maka aplikasi ini pantas anda coba. Program aplikasi komputer khusus penulisan ini akan membantu anda langkah demi langkah dalam membuat karakter tokoh, adegan, plot, aksi, serta semua elemen yang akan digunakan dalam pembuatan novel maupun film yang menarik. Ditambah anda akan diberikan beberapa pertanyaan yang akan membantu anda dalam membangun karakter dari tokoh yang anda inginkan.

Dramatica Pro

Fitur menarik dari Dramatica Pro adalah Storyforms yang menyediakan lebih dari 10 ribu struktur cerita yang akan membantu anda membuat rancangan cerita berdasarkan pertanyaan yang diajukan program aplikasi komputer ini sehingga anda dapat membentuk plot cerita yang dalam serta karakter tokoh yang kompleks.

Power Writer

Power Writer masih kalah dalam jumlah fitur dibandingkan aplikasi yang sudah disebutkan, tapi fitur penting dalam pembuatan cerita atau novel pada program aplikasi komputer ini ditingkatkan sehingga pengguna yang tidak terlalu menyuka banyaknya fitur yang kurang terlalu bermanfaat akan menyukai aplikasi Power Writer ini. Fitur yang diandalkan Power Writer adalah Outline View, Composition Frame dan Story Tools yang akan membantu penulis dalam membuat alur cerita dan karakter yang ada.

MasterWriter

Dibandingkan program aplikasi komputer yang sudah disebutkan, MasterWriter mengkhususkan diri untuk pengguna yang ingin memfokuskan dalam rangkaian kata, frasa, rima, maupun percakapan yang ada dalam cerita maupun novel. Dengan bantuan kamus dan basis data yang akan membantu anda untuk mencari kata-kata yang pas yang sesuai dengan alur cerita yang diinginkan. [BAM]