Samsung Galaxy Young

29 Feb 2012 14:00 | Hits: 23521

Samsung Galaxy Young - Handphone Android Low End dengan Desain Wah

Samsung Galaxy Young - Handphone Android Low End dengan Desain Wah

Samsung Galaxy Young atau Samsung Galaxy Y memang bukan produk terbaru dari Samsung. Namun, ponsel Android satu ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis ponsel Android lain yang beredar di pasaran. Lalu, seperti apa penampakan dari ponsel Android ini? Berikut ini adalah ulasan khusus ala Paseban mengenai Samsung Galaxy Young.

Desain

Secara tampilan, Anda akan menemui cover berwarna perak pada bagian belakang Samsung Galaxy Young ini. Selain itu, Anda juga akan menemui bingkai krom yang menyelubungi bagian sisi dari ponsel ini. Secara ukuran, Samsung Galaxy Young ini termasuk tipis, yakni 11.5 mm. Anda pun bisa menggenggam ponsel ini dengan cukup mudah, cukup memegangnya dengan satu tangan dan jempol Anda bisa menjelajahi seluruh bagian ponsel ini.

Di bagian layar, Anda akan menemukan layar touchscreen kapasitif berukuran 3 inci yang memiliki resolusi 240x320 piksel. Memang tak terlalu bagus, namun tak bisa dibilang jelek juga. Lalu, Anda dapat menemui tombol power/lock pada bagian kanan, volume di bagian kiri serta port microUSB tertanam pada bagian atas ponsel, tentunya dengan disertai lapisan pelindung.

Interface

Seperti pada handphone keluaran Samsung lainnya, Samsung Galaxy Young ini juga memiliki UI TouchWiz. Sebagai tambahan, Anda juga akan memperoleh OS Android Gingerbread 2.3 pada ponsel ini. Tampilan ponsel ini pun semakin wah dengan adanya prosesor 832MHz yang akan memudahkan Anda untuk mengoperasikan ponsel ini. Dengan adanya UI TouchWiz ini, Anda akan dapat dengan mudah untuk menggunakan fitur konektivitas, misalnya mematikan WiFi atau GPS. Di dalam ponsel ini, Anda akan memperoleh QuickOffice untuk menampilkan dokumen.

Messaging, Internet dan Konektivitas

Menggunakan layar touchscreen untuk mengirim pesan memang cukup menyulitkan. Tak terkecuali pada smartphone Samsung Galaxy Young ini. Namun, Anda dapat menggunakan layar ini pada mode portrait atau landscape. Khusus pada mode landscape, Anda akan menemui bahwa jarak antar huruf cukup renggang.

Sementara, untuk fasilitas berinternet, Anda akan memperoleh browser Dolphin yang support terhadap Flash Lite 4.0. Karena gratis, Anda akan menemukan beberapa iklan flash bermunculan, namun sisi positifnya, Anda bisa memainkan berbagai jenis game berbasis Flash. Untuk fitur konektivitas, Anda dapat menggunakan jaringan HSDPA hingga kecepatan 7.2Mbps, Bluetooth 3.0, WiFi, A-GPS serta FM Radio.

Kamera

Kamera 2MP yang tertanam pada bagian belakang Samsung Galaxy Young ini merupakan satu-satunya kamera yang ada. Anda tak akan menemukan kamera lain pada bagian depan ponsel ini. Dengan kamera ini, Anda tak akan terlalu bisa memperoleh gambar yang cukup berkualitas. Namun, jika Anda ingin memajang foto Anda di jejaring sosial, hasil jepretan dari kamera ponsel ini nampaknya sudah cukup bagus. Sementara itu, untuk merekam video, Samsung Galaxy Young hanya mampu merekam video VGA pada 15fps. So, fitur ini tidak akan terlalu berguna bagi Anda.

Berikut ini adalah hasil kamera gambar dan video dari perangkat Samsung Galaxy Young

Samsung Galaxy Young - Handphone Android Low End dengan Desain Wah

Samsung Galaxy Young - Handphone Android Low End dengan Desain Wah

Samsung Galaxy Young - Handphone Android Low End dengan Desain Wah

Dan berikut ini adalah video yang diambil dari kamera Samsung Galaxy Young

Paseban: Samsung Galaxy Young (Samsung Galaxy Y) Sample Video

Performa

Samsung Galaxy Young ini akan cukup memberikan kepuasan bagi Anda yang suka bertelepon. Suara yang diterima menggunakan ponsel Android ini cukup jernih, dengan volume yang cukup baik. Selain itu, Baterai 1200 mAh milik ponsel ini pun akan cukup untuk menemani Anda selama 5 jam talk time pada mode 3G.

Kesimpulan

Secara umum, Samsung Galaxy Young ini memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Samsung Galaxy Mini. Selain tampil dengan kualitas prosesor yang lebih baik, ponsel Android ini pun memiliki desain yang lebih yahud. Ponsel ini bisa dibeli dengan harga Rp 1,3 juta. Namun, kalaupun Anda tak memiliki uang untuk membelinya, Anda bisa mengikuti event Door Prize Paseban yang berhadiah Samsung Galaxy Young hanya dengan melengkapi profil Anda di Paseban. [IB]