Compaq CQ42

16 Apr 2013 21:30 | Hits: 4378

Compaq CQ42 Laptop Minimalis dengan Harddisk WD Scorpion Black

Compaq CQ42 Laptop Minimalis dengan Harddisk WD Scorpion Black

Laptop keluaran Compaq umumnya memilki bentuk, desain dan ukuran yang hampir sama, apalagi pada seri CQ. Salah satu produk Compaq yang menjadi andalan adalah CQ42 yang masih "saudara” dengan CQ43, namun laptop ini memiliki keunggulan tersendiri dan dapat diandalkan untuk dipakai kebutuhan komputasi dasar. Untuk masalah desain, cukup akui bahwa body Compaq CQ42 cukup rapi dan minimalis, inilah yang justru menghilangkan kesan murahan pada produk Compaq ini.

Didukung dengan warna hitam di seluruh body dengan corak segitiga, seri Compaq CQ42 ini juga memiliki fasilitas Imprint Texture atau Matte pada bagian cover serta permukaan sekitar keyboard. Fasilitas ini bisa meminimalkan bekas tempelan tangan atau jari penggunanya sehingga laptop tetap terlihat bersih. Namun yang menjadi kekurangannya ada beberapa tombol kunci numerik yang justru menghilang. Padahal beberapa orang masih menginginkan fitur tersebut untuk kemudahan mengetik.

Masih pada bagian interior, Anda dapat melihat jajaran tuts keyboard dengan penampang tuts yang ukurannya cukup lebar. Desain ini dapat membuat kenyamanan penggunanya saat mengetik, serta mengurangi kesalahan dalam mengetik. Bila diperhatikan kembali pada bagian handrest, Anda akan menemukan bahwa bagian antara handrest dengan touchpad ternyata tidak mempunyai perbedaan, Compaq memang sengaja membuatnya lebih menyambung. Untuk membedakannnya adalah dengan cara melihat fungsi tombol click yang terletal pada bagian bawah.

Compaq memberikan sedikit penambahan fasilitas yang cukup baik, salah satunya adalah layar glossy 14 inchi dengan teknologi BrightView yang dapat menampilkan tampilan gambar dengan jelas. Meskipun sifat layar ini bisa memantul dan dapat mengganggu. Resolusi layar yang tersedia mencapai 1366×768, inilah yang membuat dimensi CQ42 152TU terlihat begitu besar. Namun jika diperhatikan kembali, dimensi ini lazim dipakai pada banyak notebook PC yang menggunakan layar sebesar 14 inchi. Untuk rincian dimensi CQ42 adalah (WHD) 342 x 365 x 228 mm, sedangkan bobotnya hanya mencapai 2.2 Kg.
Kesimpulannya desain Compaq CQ42 cukup baik dan berkelas, namun juga tidak terlalu istimewa mengingat ini bukanlah laptop level High End.

Lalu bagaimanakah dengan performanya? Seperti desainnya, cukup lumayan namun tidak terlalu istimewa. Compaq CQ42 ini didukung dengan prosesor Intel Core i3 seri 330M dengan kecepatan hingga 2.13GHz. Spesifikasi prosesor demikian ditambah dengan dukungan memori DDR3 2GB yang dirasa akan dapat menjalankan aplikasi ringan dan menengah dengan cukup lancar. Jadi Compaq CQ42 memang tidak direkomendasikan untuk menjalankan aplikasi berat apalagi game sekelas 3D.

Meskipun tidak terlalu istimewa, namun CQ42 malah sudah menggunakan Hard disk WD Scorpion black 320GB dengan putaran 7200RPM. Fasilitas Hard disk ini jarang sekali ditemukan pada laptop biasa kecuali laptop kelas atas maupun notebook yang dikhususkan untuk memainkan gameberat. Untuk masalah kartu grafis, Compaq mempercayakan pada teknologi Intel GMA HD yang dapat memainkan video movieHigh Definition (HD) 1080P dengan cukup lancar.

Ada banyak fitur-fitur standar yang terdapat pada Compaq CQ42, diantaranya adalah 3 port USB 2.0, 1 port HDMI untuk menyambungkan laptop ke LCD laya lebar, 1 D-Sub, 1 Ethernet dan 1 Audio in-out. Tersedia juga fitur optical drive DVD-RW dan lubang card reader 5 in 1 untuk kemudahan pemindahan data dari kartu memori ke laptop maupun sebaliknya. Selain itu fitur Bluetooth dan Webcam 1.3 pixel sudah ada.

Desain, performa dan fitur dirasa sudah cukup baik dan sangat standar, lalu bagaimana dengan daya tahan baterainya? Compaq CQ42 menggunakan Rechargeable Lithium-ion Battery dengan daya tahan sebesar 47Wh. Dan ternyata daya tahan baterai ini hanya dapat menghidupkan laptop ini sampai 200 menit yang mungkin hanya setara dengan 3 jam 20 menit. Jadi apabila Anda menggunakan diluar rumah, disarankan untuk membawa charger.

Saat ini Compaq CQ42 dibanderol dengan harga sekitar 3.6 jutaan untuk pasaran Indonesia, tanpa sistem operasi bawaan. Selain dijual dengan harga yang terjangkau dan memiliki performa baik, CQ42 ini memiliki jaringan service yang luas dikarenakan masih satu pabrikan dengan produsen laptop HP. [ALX]