Printer yang Bagus

15 Apr 2013 16:30 | Hits: 2530

Brother HL-3170CDW - LED Printer yang Bagus dan Canggih dengan Fitur Wi-Fi Direct

Brother HL-3170CDW - LED Printer yang Bagus dan Canggih dengan Fitur Wi-Fi Direct

Setelah sukses dengan printer canggihnya yaitu Brother HL-3140CW, kali ini Brother kembali mengeluarkan sebuah printer canggih yang diberi nama Brother HL-3170CDW. Printer yang bagus ini menawarkan kecepatan pencetakan yang cepat, kapasitas paper input yang cocok untuk perkantoran besar maupun kecil, dan juga fitur Wi-Fi direct untuk memudahkan pencetakan langsung dari smartphone dan tablet. Terdapat juga konektor Ethernet dan fitur duplexing untuk mencetak di kedua sisi kertas secara sekaligus. Berbagai kelebihan yang dimilikinya tersebut tentu saja membuat printer ini sangat cocok untuk digunakan di perkantoran kecil.

Jika Anda jarang sekali mencetak dokumen secara bolak-balik, mungkin fitur duplex yang dimiliki printer Brother HL-3170CDW ini akan kurang begitu bermanfaat. Namun jika Anda menjadikan printer yang bagus ini sebagai printer kantor, tentunya fitur tersebut akan sering dipakai oleh para karyawan Anda. selain itu, fitur duplex juga akn mempercepat proses pencetakan ketimbang Anda harus mencetak bolak-balik secara manual.

Selain dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi, printer Brother HL-3170CDW ini juga dilengkapi dengan konektor Ethernet sehingga Anda tetap dapat tersambung dengan jaringan walaupun tanpa jaringan Wi-Fi. Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan fitur cloud printing dari printer ini tanpa perlu mengkhawatirkan permasalahan yang bisa terjadi pada Wi-Fi.

Printer Brother HL-3170CDW ini mampu melakukan pencetakan dengan sangat cepat karena ditenagai oleh LED engine. Printer LED ini bekerja mirip dengan printer laser, hanya bedanya printer ini menggunakan LED bkan laser untuk mencetaknya. Ukurannya adalah 9,5 x 16,1 x 18,3 inch dengan berat sekitar 20 kg, cukup berat memang karena duplexer yang ada di printer ini. Dengan ukuran dan berat yang seperti itu, maka printer ini benar-benar cocok digunakan untuk kantor kecil ataupun usaha rumahan.

Jumlah kertas yang dapat ditampung oleh duplexer printer yang bagus ini adalah 250 lembar kertas dengan 1 kertas untuk manual feed. Jika Anda merasa kapasitas tersebut masih kurang, maka Anda harus membeli printer yang lain karena printer Brother HL-3170CDW ini tidak menyediakan opsi paper handling upgrade.

Setup dan Kecepatan

Memasangkan dan menyambungkan printer Brother HL-3170CDW ke dalam sebuah jaringan sangatlah mudah dan tidak ditemukan permasalahan apapun. Printer ini mampu mencetak sebanyak 23 lembar kertas selama 1 menit. Cukup cepat dibandingkan dengan printer sejenis yang ada di kelasnya. Kecepatan tersebut di dapatkan ketika mencetak teks yang tidak terlalu membutuhkan banyak proses. Mungkin akan ada sedikit perbedaan jika Anda mencetak dokumen yang membutuhkan waktu proses yang lama.

Kualitas Cetakan

Kualitas cetakan merupakan salah satu area yang menjadi titik lemah dari printer Brother HL-3170CDW ini, baik untuk kualitas cetakan teks maupun foto. Untungnya, walaupun berada di bawah standar tapi kualitas cetakan teks dari printer ini masih lebih baik dari beberapa hasil cetakan printer LED dan Laser yang sangat buruk. Namun tentu saja printer ini tidak akan cocok untuk mencetak teks berkualitas tinggi ataupun teks dengan font yang sangat kecil. Walau bagaimanapun, printer ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kantor karena semua teks yang dihasilkannya dapat dibaca dengan baik.

Akan tetapi, printer Brother HL-3170CDW ini benar-benar sangat buruk dalam hal pencetakan foto. Bukan hanya jauh di bawah standar, hasil cetakan foto dari printer ini sudah sama seperti hasil cetakan dari printer mono laser. Mungkin printer ini masih cukup baik dalam mencetak gambar dari halaman web, namun Anda sangat disarankan untuk tidak menggunakannya untuk mencetak foto-foto lain yang lebih baik kualitasnya.

Kesimpulan

Walaupun memiliki permasalahan yang cukup pelik dalam hal kualitas cetakan, terutama cetakan foto, namun printer Brother HL-3170CDW sudah memberikan berbagai macam keunggulan yang sangat baik. Waktu cetak yang cepat, kapasitas penampungan kertas yang besar, dukungan terhadap mobile printing, serta dukungan untuk cloud printing merupakan kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika membeli printer ini. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, maka Anda harus merogoh koek sebesar $280 atau sekitar 2,8 juta rupiah. Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? [GAN]