LG 23ET83V-W

12 Apr 2013 23:00 | Hits: 1118

Monitor Touchscreen Ciamik Terbaru Besutan LG - LG 23ET83V-W

Monitor Touchscreen Ciamik Terbaru Besutan LG - LG 23ET83V-W

Monitor buatan produsen LG memang terkenal dengan perpaduan fungsi dan style yang sangat ciamik, termasuk monitor terbaru yang mereka keluarkan yaitu LG 23ET83V-W. Monitor yang memiliki ukuran 23 inch ini dilengkapi dengan touchscreen kapasitif ini mampu menghadirkan pengalaman yang sangat menakjubkan dalam menggunakan monitor. Selain itu, desain yang diusung oleh monitor ini juga sangat stylish sehingga akan sangat cocok untuk ditempatkan di ruangan manapun di rumah Anda.

Nah, pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas secara lengkap spesifikasi dari monitor terbaru buatan LG ini. Mungkin saja setelah Anda membaca artikel ini Anda akan langsung tertarik untuk memiliki monitor LG 23ET83V-W ini.

Desain dan Fitur

Seperti yang telah disinggung di atas, LG selalu menghadirkan produk berdesain aduhai di serinya. Monitor LG 23ET83V-W ini juga demikian. Selain memiliki resolusi super tinggi 1920 x 1080, monitor ini juga dilengkapi dengan cabinet dan body yang sangat elegan. Terdapat pula logo khas LG di tengah bagian dasar monitor. Selain itu, ada juga 5 tombol tuch sensitive dan tombol power di sebelah kanan bawah monitor.

Kabinet yang terdapat di bagian bawah monitor ini memiliki warna putih dan rangka yang fleksibel sehingga monitor Anda dapat dimiringkan hingga kemiringan 30 derajat. Sayangnya, tidak seperti kebanyakan cabinet monitor lain, cabinet monitor LG 23ET83V-W ini tidak bisa diatur tinggi, poros, dan lainnya. Selain itu penyangga monitor ini juga ditempelkan secara permanen ke monitor sehingga mungkin akan tampak sedikit mengganggu jika Anda menempelkannya di tembok.

Pada bagian belakang cabinet terdapat 2 port HDMI, sebuah port VGA, dan juga port upstream USB 2.0. Sayangnya, tidak terdapat port downstream USB sehingga membuat kecewa sebagian kalangan. Sepasang speaker juga tidak ditemukan di monitor ini, namun tetap dapat tergantikan oleh jack headphone yang disediakannya.

Dalam paket pembeliannya, Anda akan mendapatkan sebuah kabel USB upstream dan juga kabel VGA, namun Anda tidak akan mendapatkan kabel HDMI. Buku panduan serta manual CD juga terdapat dalam dus pembelian. Seperti kebanyakan produk monitor lainnya, LG juga memberikan servis layanan garansi selama 1 tahun untuk monitor LG 23ET83V-W ini.

Menu on screen yang terdapat pada monitor ini sangatlah rapi dan mudah untuk dinavigasi. Terdapat lima jenis pilihan tampilan ketika Anda sedang menggunakan monitor ini dalam PC mode, yaitu Custom, Text, Game, Cinema, Photo. Sementara untuk AV mode terdapat 5 pilihan yang bisa Anda pilih, yaitu Custom, Vivid1, Vivid2, Standard, Cinema. Menariknya, monitor ini memiliki sebuah tombol yang akan mengaktifkan fitur hemat energi yang disebut Super Energy Savings (SES). Dengan mengaktifkan fitur tersebut, maka monitor Anda akan menurunkan tingkat kecerahan layar sekaligu akan menampilkan jumlah energi yang telah Anda hemat, jumlah CO2 yang telah Anda kurangi, dan juga jumlah pohon yang telah Anda selamatkan dengan mengaktifkan fitur ini.

Performa

Monitor LG 23ET83V-W menyuguhkan fungsionalitas touchscreen yang sangat baik. Hampir tidak ada permasalhan ketika Anda mencoba untuk menggeser, mencubit, dan berbagai macam gerakan lain. Selain itu, gambar yang dihasilkan juga sangat jernih dan halus.

Dari segi daya yang dibutuhkan, monitor LG 23ET83V-W ini memakan daya sekitar 24 watt energi listrik. Jumlah tersebut merupakan angka yang standar bagi layar monitor 23 inch. Jika Anda mengaktifkan fitur SES (Super Energy Saving), maka Anda akan menghemat sekitar 2 sampai 3 watt dan tidak akan berpengaruh cukup besar terhadap kualitas gambar yang dihasilkan. Rasanya penghematan sebesar 3 watt tidak akan terasa apa-apa terhadap penggunaan daya listrik Anda.

Simpulan

Monitor terbaru LG 23ET83V-W ini datang dengan segudang fitur yang akan memanjakan para penggunanya. Secara garis besar, monitor dengan ukuran layar sebesar 23 inch ini menawarkan kualitas tampilan dan gambar yang cukup bagus. Fitur touchscreen kapasitif yang sangat responsive juga rasanya sangat pas untuk menavigasi Windows 8 jika Anda menginstalnya di PC yang menggunakan monitor ini. Selain itu, karena monitor ini memiliki 2 buah kabel HDMI, maka Anda tidak perlu repot-repot mencopot kabel jika Anda ingin berpindah dari PC ke TV atau sebaliknya. Jika Anda tertarik untuk memiliki monitor ini, maka Anda harus merogoh kocek sekitar $567 atau sekitar 5,5 juta rupiah. [GAN]