Aplikasi untuk Kamera

11 Apr 2013 23:30 | Hits: 1829

Aplikasi untuk Kamera iPhone Terbaik Berdasarkan Kemampuan Retouch dan Manipulasi Foto

Aplikasi untuk Kamera iPhone Terbaik Berdasarkan Kemampuan Retouch dan Manipulasi Foto

Instagram memang aplikasi yang menyenangkan, adiktif, dan menjadi pilihan pertama saat Anda menggunakan iPhone sebagai perangkat mobile. iPhone sendiri menghadirkan revolusi awal smartphone yang dimulai sekitar enam tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, dengan fitur kamera mumpuni yang dimilikinya, kamera iPhone tak ayal telah menjadi salah satu kamera yang paling digunakan di dunia saat ini. Jika dibandingkang dengan produk kamera dari para rivalnya di pasar perangkat mobile, kamera smartphone buatan Apple mampu memberikan warna yang konsisten dan performa yang baik saat digunakan pada cuaca terik, hujan, ataupun malam hari. Maka tak heran apabila banyak bermunculan komunitas para pengguna aplikasi untuk kamera iPhone.

Tetapi sebagai sebuah perangkat mobile sederhana dengan kemampuan kamera otomatis, para iPhoneograper (sebutan bagi para penghobi fotografi iPhone) lebih tertantang untuk mendapatkan foto berdasarkan pengaturan manual. Mereka lebih tertarik dengan kemampuan aplikasi yang mampu menghadirkan pengaturan foto, filter, dan opsi editing yang lebih banyak. Kabar baiknya, Anda dapat menemukan aplikasi untuk kamera tersebut di App Store. Berikut beberapa aplikasi terbaik berdasarkan kemampuan retouch dan manipulasi foto yang dapat Anda unduh.

Laminar Pro

Laminar Pro dapat digambarkan sebagai mini Adobe Photoshop yang dapat diakses melalui perangkat mobile Anda. Aplikasi untuk kamera ini mampu memberikan para iPhoneograper satu set lengkap peralatan digital untuk menambahkan sentuhan serta manipulasi kepada foto, mulai dari filter, tekstur, histogram, hingga layer. Laminar dikenal juga salah salah satu mesin layering terbaik yang tersedia untuk sistem operasi iOS. Ia mampu membuat masks menggunakan tools seperti MagicWand, Gradients, dan Text. Selain itu itu Anda dapat menggunakan sekitar 60 efek serta filter mulai dari Polarizer, Retro, Vintage, Holga, Lomo, Blur, Sharpen, UnSharp Mask, Radial Bluer, Zoom Blur, Motion Blur, dan lainnya. Selain itu, Laminar mendukung output resolusi hingga 20MP bila digunakan pada perangkat iPad 4 atau iPhone 5. Aplikasi berkuran 81.6MB ini dapat digunakan di perangkat iPhone, iPod Touch dan iPad. Anda dapat mengunduh Laminar Pro ini senilai $3.99 melalui App Store di sini.

iPhoto

iPhoto merupakan aplikasi yang dapat berjalan pada perankat iPad 2, iPhone 4, serta iPod Touch. Dengan aplikasi ini, Apple membawa serta kemampuan multi-touch ke dalam dunia fotografi mobile. Anda dapat melakukan browsing, editing, dan membagikan foto langsung dari perangkat Apple. Fitur Multi-touch memungkinkan Anda untuk memberikan sentuhan kepada foto yang hendak Anda edit. Anda dapat menggunakan cara touch and drag untuk mendapatkan gambaran presisi warna yang benar. Apple sebagai pengembang aplikasi ini pun menghadirkan fitur lain seperti Smart Browsing, Brushes, Professional Quality Effects, Photo Journals, dan lainnya. iPhoto memungkinkan Anda untuk melakukan editing foto beresolusi lebih dari 36.5MP. Bagi para pengguna iPhone, aplikasi resmi buatan Apple ini patut berada di jajaran aplikasi kamera Anda. Unduh iPhone seniali $4.99 di sini.

Adobe Photoshop Touch

Membawa kemampuan Adobe Photoshop ke dalam perangkat iPhone atau iPod Touch melalui aplikasi Adobe Photoshop Touch adalah sebuah kesenangan tersendiri. Anda dapat melakukan transformasi terhadap foto menggunakan fitur-fitur dasar yang dimiliki oleh Photoshop. Photoshop Touch sendiri memungkinkan setiap penggunanya melakukan kombinasi gambar, menambahkan efek, dan membagikannya melalui akun jejaring sosial. Semua hal tersebut dapat Anda lakukan langsung melalui perangkat iPhone atau iPod Touch. Anda dapat menggunakan fitur populer seperti layer, filter, adjustment, dan lainnya untuk menciptakan gambaran yang unik. Aplikasi ini dapat bekerja dengan foto beresolusi lebih dari 12MP. Dari sisi pengguna, beberapa ulasan di App Store memberikan penilaian cukup baik. Namun, salah satu pengulas mengatakan bahwa Photoshop Touch bekerja cukup lambat pada perangkat iPhone 4S miliknya. Ia harus menghabiskan sekitar 8 detik untuk melakukan duplikasi layer. Aplikasi berukuran 32.2MB ini tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Jepang serta dapat digunakan di perangkat iPhone 4S, iPhone 5, dan iPod Touch generasi lima. Anda dapat mengunduhnya aplikasi ini senilai $4.99 melalui App Store di sini. [MS]