Samsung Galaxy Note 8.0

10 Apr 2013 06:00 | Hits: 1928

Review Tablet Samsung Galaxy Note 8.0 Terbaru

Review Tablet Samsung Galaxy Note 8.0 Terbaru

Dimulai dari kemunculan phablet, kini Samsung Galaxy Note tumbuh menjadi produk pintar yang menguasi pasar tablet Android di pasar internasional. Setelah melengkapi line up dengan versi 5.5, 10.1 dan saat ini Samsung kembali melengkapi dengan versi 8.0 dengan nama line up Samsung Galaxy Note 8.0 yang membawa fitur karateristik baru, yakni dengan S Pen Stylus, yang tampaknya akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari para penggemar tablet.

Desain

Kejutan adalah hal pertama ketika Anda melihat perangkat ini. Tablet ini memiliki desain tradisional Samsung yang memberikan semacam penampilan retro dengan sudut yang membulat. Desain seperti ini memang bekerja dengan baik pada Note 8.0 yang tidak telrlihat buruk sama sekali. Seperti biasa, bahan yang digunakan oleh Samsung ini menggunakan bahan plastik glossy untuk bagian luarnya, ini membuat Note 8.0 sangat mudah untuk digenggam. Anda juga akan menemukan sebuah tombol Home di bagian bawah layar dan juga beberapa tombol lainnya, seperti tombol power dan beberapa tombol lainnya di sekeliling tablet. Dari kesemuanya, Samsung tidak memberikan terobosan yang baru kepada desainnya, terutama bila dibandingkan dengan iPad Mini, tetapi tablet ini cukup nyaman digunakan dengan satu tangan, pasalnya tablet ini hanya memiliki berat sebesar 338 gram, sesuatu yang sangat penting untuk sebuah tablet seukuran 8 inch.

Layar

Samsung Galaxy Note 8.0 tidak memberi kejutan dengan beberapa jenis teknologi pada tampilan layarnya. Note 8.0 hanya memiliki kualitas layar LCD TFT dengan resolusi 800 x 1280 piksel dan kerapatan piksel yang mencapai 189 ppi, tentunya tidak terlalu tinggi untuk sebuah tablet. Dalam hal detail dan kecerahan, Note 8.0 berada di bawah Nexus 7 tetapi di atas iPad Mini dengab kerapatan piksel lebih rendah. Tetapi tablet terbaru Samsung ini memiliki cukup resolusi untuk membuat segalanya mudah dibaca tanpa mengganggu Anda, namun Anda tidak akan mendapatkan visual yang tajam. Untuk sudut pandangnya sendiri, Note 8.0 memiliki sudut pandang yang baik begitu juga visibilitas outdoor dan penggunaannya di ruangan gelap.

S Pen

Fitur yang diunggulkan oleh tablet ini tentu saja S Pen yang digunakan untuk hal-hal seperti mencatat dan menggambar. Stylus itu sendiri cocok dengan silo yang sangat erat, sehingga sama sekali tidak ada kesempatan S Pen terjatuh dari tempatnya, S Pen sendiri memiliki ukuran yang cukup besar untuk digunakan. Untuk diketahui, Samsung telah bekerja dengan Wacom perusahaan yang membuat tablet kelas profesional untuk desainer untuk mengintegrasikan beberapa teknologi dalam Note 8.0, Akibatnya, stylus ini memiliki tekanan yang sensitif, dan sangat nyaman digunakan untuk menulis. Tentu, kebanyakan orang mungkin akan merasa lebih sulit untuk menulis dengan S Pen dibandingkan dengan pena tradisional, namun perbedaan kenyamanan dari S Pen dengan pena tradisional yang nyata ini berbanding kecil.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan aplikasi bernama Paper Artist, yang memungkinkan Anda untuk menggambar atau mengimpor gambar kemudian menggambar di atasnya dengan menggunakan beberapa alat dasar, seperti pensil atau kuas. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan set efek foto yang itu menarik untuk dimainkan ketika Anda memiliki waktu luang.

Prosesor dan Memori

Note 8.0 ilengkapi dengan prosesor quad-core Exynos 4412 yang terpercaya dengan clock 1.6 GHz dan didukung penuh pula dengan RAM sebesar 2 GB, dan Note 8.0 memberikan pengalaman penggunaan tablet ini dengan nyaman tanpa ada ganggunan yang dapat mengurangi kenyamanan dari sang pengguna. Sementara untuk memorinya sendiri, tablet ini hadir dalam dua varian storage space 16 GB dan 32 GB, dan masih memberikan Anda kesempatan untuk mengekspansi memori dengan slot kartu microSD.

Kamera

Kamera pada Samsung Galaxy Note 8.0 berkekuatan 5MP. Seperti yang dapat Anda bayangkan, aplikasi kamera ini dipenuhi dengan beberapa pengaturan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Kamera itu sendiri mengambil pendekatan yang aman sehingga meminimalkan noise. Kamera Samsung cenderung datang dengan nada yang realistis, jadi jelas ini bukan merupakan pengecualian dari aturan. Secara keseluruhan itu adalah kamera yang cukup layak untuk gambar di luar ruangan.

Kesimpulan

Tidak ada keraguan tentang ini, Galaxy Note 8.0 adalah tablet yang indah didukung dengan S Pen yang siap membantu Anda menggoreskan setiap ide. Galaxy Note 8.0, dengan layar yang cukup besar dan perangkat lunak yang makin dioptimalkan, membuktikan bahwa S Pen bukan hanya pelengkap, tapi fitur yang benar-benar dapat dindalkan. Kemungkinan tablet ini sendiri akan dibanderol dengan harga antara US$249 - 299 (Rp 2,4 - 2,9 juta).