Aplikasi Font

15 Feb 2012 14:00 | Hits: 3247

Mengubah Tampilan Font Kotak-kotak di Smartphone Android dengan Aplikasi Font Changer

Mengubah Tampilan Font Kotak-kotak di Smartphone Android dengan Aplikasi Font Changer

Beberapa kendala ketika sedang membaca pesan melalui perangkat Android adalah ketidakmampuan perangkat menampilkan font dari beberapa perangkat. Salah satunya adalah ketika menerima pesan dari perangkat BlackBerry. Terkadang, pesan dari BlackBerry hanya berbentuk kontak-kotak aneh yang sulit dipahami artinya. Hal tersebut terjadi karena sistem operasi di perangkat Android tidak dapat mendukung penggunaan font dari sistem operasi lain. Untuk mebenahi permasalahan tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi font untuk Android bernama Font Changer.

Proses pembenahan ini tidak hanya menggunakan satu aplikasi font saja. Ini karena Anda harus melakukannya dalam keadaan root. Untuk itu, yang pertama kali Anda perlukan adalah mengunduh aplikasi Root Explorer. Root Explorer adalah aplikasi pengelolaan data yang memungkinkan pengguna mengakses seluruh data sistem. Salah satu kemampuan Root Explorer adalah menjelajahi database dan text editor. Kemudian aplikasi font ini pun perlu ditunjang dengan penggunaan font DroidSans yang nantinya akan dipergunakan oleh Font Changer. Sedangkan Anda pun harus mengunduh font khusus untuk aplikasi Root Explorer.

Aplikasi font Changer memungkinkan Anda menukar sistem default font di perangkat Android. Font Changer secara otomatis mem-back up default font yang ada. Selain itu, aplikasi font ini pun memiliki beberapa fitur menarik seperti, mengatur dan mengganti font menggunakan font picker dan mengatur ukuran font yang sedang digunakan.

Bagi Anda yang sebelumnya mengalami kendala tampilan font aneh yang hadir pada Android, Anda dapat mengunduh terlebih dahulu beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas. Setelah selesai mengunduh dan mengekstrak file tersebut, Anda bisa masukkan seluruh data yang telah terunduh. Masukkan data tersebut ke dalam kartu SD Anda dan buat satu folder utuk seluruh data tersebut.

Setelah itu, install aplikasi Font Changer dan pindahkan font DroidSans pada folder aplikasi. Apabila font tidak mungkin, kemungkinan besar data tersebut sedang dihidden oleh sistem. Unhide folder tesebut, kemudia pilih apply. Bila telah selesai, restart ponsel dan install aplikasi Root Explorer. Apabila Root Explorer telah ter-install dengan baik, masuk ke direktori system/ fonts/ kemudian Anda harus mencari data font bernama DroidSans Fallback.ttf. Sementara, pindahkan font untuk Root Explorer tersebut ke direktori yang sama seperti sebelumnya.

Restart ponsel sekali lagi dan periksa apakah ponsel Anda masih membaca beberapa font yang tak terbaca. Untuk menggunakan aplikasi Font Changer, Anda dapat mengunduhnya gratis di sini. . Sedangkan untuk aplikasi Root Explorer, Anda dapat mengunduhnya seharga $ 3.95 di sini. Sementara, dua font DroidSans untuk dua aplikasi tersebut dapat unduh di sini dan di sini. [MS]

Font changer for android (ROOT REQUIRED)