Kamera Tercanggih

10 Apr 2013 20:30 | Hits: 1911

Kamera Fish Eye - Kamera Tercanggih Yang Pernah Ada Di Dunia Buatan Seorang Mahasiswa

Kamera Fish Eye - Kamera Tercanggih Yang Pernah Ada Di Dunia Buatan Seorang Mahasiswa

Kabar yang satu ini mungkin akan mendatangkan rasa kagum Anda. Bagaimana tidak, seorang mahasiswa S2 ini berhasil menciptakan sebuah inovasi yang cukup menggemparkan dengan pembuatan kamera dengan lensa fish-eye, mungkin yang berukuran terkecil di dunia. Kamera tercanggih yang satu ini cukup baik dalam hal pengambilan gambar, dan meskipun besarnya tidak lebih dari ibu jari orang dewasa, kamera ini dapat berfungsi dengan baik seperti halnya kamera digital biasa. Bagaimana cerita di balik pembuatan kamera berlensa fish eye ini?

Cerita di Balik Pembuatan

Greg Dash, seorang mahasiswa, memiliki hobi yang cukup mahal, yaitu fotografi. Hobi ini sudah digelutinya sejak kecil, dan merupakan sebuah pengalaman mengesankan baginya jika ia berhasil mengambil gambar dengan kualitas yang menurutnya sempurna. Sayang, hobi ini dibatasi oleh keadaan finansial. Dengan latar belakang tidak terlalu kaya, Greg kecil hanya bisa menyalurkan hobinya dengan menggunakan kamera tua yang masih berteknologikan roll film. Tapi hal itu pun masih menjadi halangan untuk Greg. Tidak jarang ia kesulitan mencetak filmnya karena kondisi keuangan. Akhirnya hobi fotografi tersebut sedikit memudar, namun tidak benar-benar hilang. Hobi ini kembali digelutinya dengan antusias ketika salah seorang temannya memberi sebuah kamera SLR beberapa tahun yang lalu.

Ingin memiliki lensa fish eye pada kamera kesayangannya itu hanya membuat Greg kecewa, karena harga lensa fish eye untuk kamera SLR baginya masih terlalu mahal. Akhirnya dengen berbekal pengetahuan akan hobi fotografinya dan beberapa komponen kamera tua, ia mulai melakukan hal yang mengesankan: membuat kamera tercanggih digital dengan lensa fish eye, sekaligus menjadikan perangkat buatannya sebagai kamera berlensa fish eye terkecil yang pernah dibuat sampai saat ini.

Kesuksesan Kamera Buatan Sendiri

Kini Greg mengakui bahwa pesanan terhadap barang ciptannya ini datang dari berbagai penjuru dunia. Hingga 2 April 2013, ia menyebutkan bahwa telah ada 290 kamera yang terjual, belum lagi daftar pemesan yang masih menunggu pengiriman kamera mereka. Kamera digital yang lahir dari tekad kuat ini dijual dengan harga US$ 84, atau sekitar Rp 750 ribuan.

Suksesnya kamera ini turut memudahkan hidup Greg. 7 tahun hutangnya kepada pihak universitas tempatnya belajar kini dapat dilunasinya dengan menggunakan keuntungan yang ia dapat dari penjualan kamera uniknya. Sungguh pencapaian yang luar biasa.

Detil Kamera

Sekilas, kamera digital ini terlihat seperti kamera mainan, dengan lensa yang agak menyembul keluar. Namun hasil jepretan kamera ini memiliki kualitas yang cukup tinggi, dengan resolusi 2-12 MP yang dimilikinya. Satu kelemahan dari ukurannya yang super kecil adalah ketiadaan layar untuk melihat hasil jepretan. Namun Greg mengakui, justru sense dalam mengambil foto inilah yang ingin dia pertahankan, sama halnya ketika ia mengambil foto melalui sebuah kamera film.

Tidak perlu lagi menggunakan perangkat yang harganya lebih mahal untuk mengambil foto dengan teknologi fish eye. Tidak perlu juga mengedit hasil foto dengan aplikasi-aplikasi yang menurutnya terlalu lama untuk diakses. Dengan kamera digital kecil ini, semuanya dapat dilakukan dengan mudah, dan hasilnya dapat langsung dipindahkan ke PC atau laptop.

Kamera buatan Greg Dash ini masih belum memiliki nama pasti, dan ia juga masih mengumpulkan modal untuk memproduksinya secara masal. Namun jika permintaan dana ini tercukupi sebelum waktu yang ia tentukan, kamera digital mini ini akan menyapa penduduk dunia pada pertengahan tahun 2013.

Berikut adalah rincian spesifikasi kamera unik yang satu ini.

  • 170 degree lens, yang mampu menangkap foto menyerupai efek fish eye.
    Foto yang diambil dengan lensa fish eye akan tampak sedikit
    menggembung, dan efek inilah yang menjadikannya menarik.

  • 2 MP - 12MP (Pengaturan ini dapat diubah untuk menempatkan prioritas
    pada kecepatan pengambilan gambar atau kualitas gambar yang
    dihasilkan).

  • Time lapse mode (dpat diatur untuk 1 foto per detik sampai 1 foto per
    1 minggu).

  • HD video mode

  • Dukungan storage Micro SD

  • Baterai yang dapat diganti (meskipun Greg berkata bahwa baterai yang
    digunakannya tahan untuk pemakaian selama 5-7 tahun).[MER]