Aplikasi Pemutar Musik

12 Feb 2012 13:00 | Hits: 4528

Cloud Music - Aplikasi Pemutar Musik Interaktif Untuk Windows Phone

Cloud Music - Aplikasi Pemutar Musik Interaktif Untuk Windows Phone

Makin banyaknya aplikasi pemutar musik yang unik dan kreatif menambah banyak pilihan bagi kita untuk mengadopsi salah satu dari ratusan atau mungkin ribuan dari aplikasi tersebut. Salah satunya aplikasi pemutar musik khusus bagi Anda para pengguna Windows Phone yang bernama Cloud Music.

Tampilan aplikasi pemutar musik ini sangat minimalis dan cantik. Tidak ada tambahan design yang sangat mencolok atau terlihat norak. Aplikasi pemutar musik hasil dari pengembang software Celltrac Software ini menggambungkan antara pemutar musik dengan media penyimpanan virtual Windows Live SkyDrive, yang sering disebut Microsoft SkyDrive atau lebih terkenal dengan nama SkyDrive. Untuk Anda yang belum mengerti tentang media penyimpanan virtual hasil kreasi pabrikan Microsoft ini, bisa Anda baca pada artikel Paseban yang membahas tentang SkyDrive di sini.

Jadi untuk saat ini SkyDrive sudah memiliki pemutar musik yang mendukung media penyimpanannya. Aplikasi pemutar musik ini diluncurkan pada pertengahan bulan Januari lalu. Cloud Music menyuguhkan Anda dengan tampilan fashionable yang hanya menampilkan Now Playing, Recent Songs Played, New Folder untuk akun SkyDrive Anda, dan menu Collection yang akan memberikan informasi tentang urutan dari artis, album, lagu dan daftar playlist yang ada pada akun SkyDrive Anda.

Dalam menu Collection, Anda akan menemukan laman setelan, yang memudahkan Anda untuk mengubah setelan pada pemutar musik Anda. Di antaranya General Setting, pada menu ini Anda akan disuguhkan informasi tentang jumlah dari lagu atau album yang tersimpan dalam daftar playlist, membebaskan Anda untuk menonaktifkan atau mengaktifkan notifikasi, latar belakang, dan menu yang tersaji secara live.

Kemudian Collection Setting yang memberikan pilihan Anda untuk memutar lagu dari media penyimpanan Anda atau mengunduhnya langsung dari media penyimpanan Anda, serta Mencari Album Art untuk album Anda. Lalu Profile Setting, di menu inilah tempat Anda melakukan login akses ke akun SkyDrive Anda. Dan tak ketinggalan ada menu Help untuk membantu Anda tentang segala hal yang ingin Anda ketahui tentang aplikasi ini.

Ada bagian yang sedikit menyita waktu Anda dari aplikasi pemutar musik Cloud Music ialah bagian dimana saat Anda harus mengatur folder pada SkyDrive agar bisa kompatibel dengan Cloud Music. Struktur dari Cloud Music sama dengan struktur Zune music folder. Meskipun bukan suatu struktur folder yang rumit, namun cukup menyita waktu bagi Anda untuk menyusunnya dari awal.

Struktur penyusunan pada aplikasi musik ini sama seperti beberapa aplikasi penyusun musik lainnya Musik > Artist > Album > Songs. Seperti misalnya Musik > Linkin Park > A Thousand Suns > 1. The Requiem, 2. The Radiance, dan seterusnya. Anda juga dapat menambahkan file gambar .jpg untuk dijadikan latar belakang pemutar musik Anda.

Untuk versi, aplikasi ini telah meluncurkan versi 1.1 yang merupakan pembaharuan dari versi sebelumnya yang masih mengalami bug. Aplikasi ini tidak disediakan secara gratis sayangnya, namun Anda dapat mencobanya secara gratis. Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa langsung di unduh di Windows Phone Market di sini. [KS]