Software Burning CD

07 Apr 2013 11:00 | Hits: 3098

4 Software Burning CD Gratis Terbaik Untuk Anda bagian 1

4 Software Burning CD Gratis Terbaik Untuk Anda bagian 1

Meski sejak beberapa tahun ke belakang kita telah lebih terbiasa untuk menyimpan file di smartphone maupun USB flash disk, namun pada satu waktu pasti ada kalanya kita masih membutuhkan CD dan DVD sebagai media penyimpanan alternatif yang masih sangat berguna untuk digunakan, terutama jika kita ingin memberikannya pada orang lain. Teknologi Blu-ray yang populer beberapa tahun belakangan juga memberikan satu lagi jenis penyimpanan dengan kapasitas yang lebih besar daripada DVD. Para pengembang software burning DVD seringkali menaruh harga yang tinggi pada produknya, yang malah sering ditemui mengandung terlalu banyak fitur yang tidak penting untuk sebuah Software burning CD. Untungnya telah terdapat banyak sekali software burning DVD gratis yang tersedia di pasaran sekarang, dan berikut adalah beberapa software yang patut Anda coba.

ImgBurn

ImgBurn adalah software burning yang tidak memberatkan sistem dan dilengkapi oleh berbagai fitur yang berguna. ImgBurn bisa menulis data ke CD, atau membuat CD audio dari berbagai format musik yang populer digunakan. Terdapat dukungan untuk membuat dan membaca berbagai macam format untuk memenuhi kebutuhan membuat CD Anda, seperti BIN, CCD, CDI, CUE, DI, DVD, GI, IMG, ISO, MDS, NRG, dan PDI. Program ini memiliki banyak pengaturan dan opsi untuk pengguna yang lebih paham dalam soal burning CD, dan juga program ini bisa digunakan untuk semua jenis mulai dari CD hingga Blu-ray. Program ini bisa jadi sedikit rumit untuk digunakan seperti Anda tidak bisa membuat CD video tanpa membuat folder video terlebih dahulu, namun secara keseluruhan ImgBurn berkemampuan tinggi.

Ashampoo Burning Studio Free

Ashampoo Burning Studio memiliki berbagai opsi yang bagus untuk sebuah perangkat gratisan. Anda bisa membakar CD data, CD audio, DVD video, dan berbagai macam lagi termasuk membakar image CD yang Anda miliki seperti dalam bentuk ISO. Di dalamnya terdapat juga fitur untuk melakukan rip CD, dan bahkan perangkat backup sederhana yang bisa membagi file backup yang bisa sangat besar ke dalam beberapa CD yang terpisah. Namun dari segi opsi, program ini cukup terbatas. Dukungan format file yang bisa digunakan cukup buruk bila dibandingkan dengan ImgBurn, dan terdapat kontrol yang minim terhadap cara CD Anda menjalani proses burning. Namun program ini sangat mudah digunakan, sehingga tidak akan menyulitkan bagi yang tidak terbiasa dengan Software Burning CD.

DVDFlick

Kebanyakan perangkat burning CD biasa hanya bisa membuat DVD video melalui folder yang telah disiapkan terlebih dahulu. Hal ini beda jika Anda menggunakan DVDFlick, yang akan membuat hidup Anda yang sering membuat DVD video menjadi lebih mudah. Program ini sangat mudah digunakan, Anda tinggal menambahkan file video, pilih template menu DVD yang ingin Anda gunakan, dan kemudian Anda tinggal membuat DVD yang Anda inginkan dengan sekali klik. Program ini mendukung lebih dari 45 macam format video yang bisa Anda gunakan. Namun menu yang bisa digunakan sangat mendasar, proses encoding berjalan lambat, dan program ini belum mendapat update lagi sejak tahun 2009. Meskipun begitu, program ini masih berjalan sangat baik, sehingga masih bisa menjadi program yang patut diandalkan.

StarBurn

Program yang dinamai StarBurn ini nampak lebih sederhana dari program-program burning CD yang lainnya. StarBurn pada dasarnya adalah sekumpulan perangkat kecil yang bisa Anda akses dari antarmuka berbasis icon yang bisa Anda pilih dengan sekali klik. Meskipun nampaknya sederhana, masih banyak yang bisa Anda jelajahi. Wizard di dalamnya dapat membantu Anda membuat image dari CD atau file pilihan Anda, dan terdapat juga fitur tambahan seperti alat rip CD dan perangkat konversi audio sederhana yang bisa Anda gunakan dalam satu program kecil yang kompak ini. Namun format image yang bisa Anda gunakan terbatas pada ISO saja, dan mungkin pengguna yang lebih berpengalaman tidak akan menyukai minimnya kontrol yang diberikan program ini, namun StarBurn masih menjadi program yang patut Anda coba.
[KEV]