Software Photo Editor

06 Apr 2013 00:00 | Hits: 11418

6 Alternatif Software Edit Photo Terbaik Selain Photoshop

6 Alternatif Software Edit Photo Terbaik Selain Photoshop

Dunia pengeditan photo rasanya sudah identic dengan yang namanya Adobe Photoshop. Mulai dari pemula hingga profesional, semua menggunakan software edit photo yang satu ini. Kemampuannya telah diakui sebagai yang terbaik di antara software yang lain yang sejenis. Namun, yang menjadi penghalang bagi banyak orang adalah harga dari Photoshop yang mahal. Pembajakan menjadi cara yang ditempuh banyak orang, namun tentunya untuk bisnis yang legal, ada baiknya jika penggunaan software asli selalu diutamakan. Sayangnya tidak semua orang mampu membeli Photoshop. Meskipun begitu, terdapat alternatif Software Photo Editor lain yang lebih murah dari Photoshop. Yang mana sajakah yang patut Anda coba?

Adobe Photoshop Elements 11

Program bikinan Adobe ini mengambil beberapa alat inti dari Photoshop dan mengemasnya dalam antarmuka yang bersahabat dengan pemula sehingga menghindari resiko kebingungan bagi pengguna awam. Di dalamnya terdapat juga aplikasi organizer yang bagus, setingkat di atas Adobe Bridge. Software Edit Photo ini sendiri memiliki tiga mode, yaitu simple, guided, dan expert. Pada yang pertama, program akan berjalan semi otomatis dengan input minim. Guided akan memberikan lebih banyak petunjuk bagi pengguna, dan expert akan bermanfaat bagi mereka yang sudah ahli menggunakan Photoshop.

Adobe Photoshop Lightroom 4

Lightroom akan mengurus semua urusan fotografi Anda, mulai dari memasukkan foto, mengorganisir, memperbaiki hingga membagi photo dengan orang lain dalam bentuk slideshow atau galeri di situs Anda. Program ini berupa serangkaian modul yang ditampilkan di bagian atas. Anda juga bisa membuat koleksi pintar yang bisa bekerja dengan otomatis. Pada modul develop, Anda akan bisa mengedit Photo Anda dengan kemampuan serupa Photoshop. Semua perubahan bisa Anda kembalikan seperti semula, jadi jangan khawatir melakukan kesalahan.

Apple Aperture 3.4.3

Aperture adalah program yang mirip dengan Lightroom yang dibuat oleh Apple. Program ini berjalan dengan prinsip yang sama, mengimpor banyak foto sekaligus dan kemudian melakukan proses editing yang tidak merusak file photo aslinya atau disebut juga dengan master. Yang Anda edit adalah berbagai versi dari master tersebut. sehingga segala perubahan yang dibuat bisa langsung dikembalikan seperti semula tanpa perlu merusak file aslinya, sehingga pengguna bisa lebih bebas dalam berkreasi dengan hasil jepretannya dengan segera.

Corel PaintShop Pro X5

Telah banyak waktu berlalu sejak PaintShop Pro pertama kali dibuat. Kini dimiliki oleh Corel, program ini menjadi bagus dan relatif tidak mahal yang bisa menjadi pilihan Anda. Versi Ultimate dapat memberikan Anda berbagai koleksi gambar, kuas dan tekstur, Facefilter, dan hingga lebih dari 250 filter yang bisa digunakan. PaintShop Pro juga bisa digunakan untuk menambahkan tulisan ke photo dan juga objek vektor. Meskipun bagus, terkadang menggunakan PaintShop Pro akan terasa lebih lambat dibandingkan Software Photo Editor sejenis, terutama Photoshop.

DxO Optics Pro 8

DxO Optics Pro lebih merupakan software penyempurna gambar dibandingkan pemanipulasi gambar. Program yang satu ini lebih ditujukan untuk memperbaiki gambar kurang sempurna yang ditangkap lensa kamera Anda dan membuatnya sesempurna mungkin. Terdapat berbagai profil koreksi khusus untuk ribuan kombinasi lensa dan kamera yang tersedia. Semuanya telah diuji oleh laboratorium DxO yang memastikan kualitas dari koreksi program ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Proses deteksi dilakukan menggunakan informasi EXIF yang terdapat di dalam file foto, yang akan langsung memberikan profil kamera yang benar untuk digunakan.

Serif PhotoPlus X6

PhotoPlus X6 merupakan dua program yang dijadikan satu. Terdapat program PhotoPlus X6 sendiri, dan program PhotoPlus Organiser yang terpisah untuk mengatur semua kebutuhan pengorganisir foto Anda. Fungsinya mendasar namun efektif, menampilkan konten folder di hard disk atau dalam bentuk album. Fitur edit fotonya sendiri sangat serupa dengan Photoshop, dengan berbagai alat yang memiliki fungsi yang sama. Namun tidak mudah untuk mendapat hasil bagus dari file RAW karena membutuhkan koreksi warna yang banyak. Meskipun begitu, keserupaannya dengan Photoshop membuatnya dapat menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan oleh pengguna.