Android Font

03 Feb 2012 08:30 | Hits: 3830

Roboto, Fitur Android Font Terbaru untuk Ice Cream Sandwich

Roboto, Fitur Android Font Terbaru untuk Ice Cream Sandwich

Roboto merupakan salah satu fitur Android font terbaru yang terdapat pada ponsel berbasis Android 4.0 atau yang lebih dikenal sebagai Ice Cream Sandwich. Fitur ini disebut-sebut mampu mempertajam kualitas tampilan font di Android Anda sehingga lebih mudah dibaca. Menggunakan fitur robot, font di ponsel Android akan memiliki bentuk font yang mirip dengan Helvetica (font yang dipakai Samsung saat ini).

Android font ini didesain dengan memperhatikan aspek-aspek yang mungkin banyak orang cenderung menyepelekannya seperti kemudahan untuk membedakan karakter dan kemudahan untuk membaca font ukuran kecil layaknya font dalam ukuran besar. Menurut salah Direktur Pengembangan OS Android, Matias Duartes, fitur Roboto yang memberikan tampilan font Android ini dibuat untuk menyempurnakan font. Dia mengatakan, font sebelumnya belum memiliki dukungan maksimal untuk jenis tampilan High Definition (HD).

Duarte juga menyatakan Android font ini memiliki kesan modern dan natural sehingga akan memaksimalkan tampilan beresolusi tinggi di Ice Cream Sandwich Anda. Dia juga menambahkan alasan mengapa Android font ini diberi nama Roboto, yaitu karena kesan ganda yang dimiliknya natural dengan sentuhan rangka-rangka mekanik layaknya tulang-belulang yang sebagian besar memang berbentuk geometrik.

Roboto pertama kali diperkenalkan melalui handphone berbasis Android 4.0 paling pertama yaitu Google Galaxy Nexus. Namun jangan khawatir bagi Anda yang belum meng-upgrade Android Anda ke versi 4.0, Anda dapat men-download Android font ini melalui FontChanger dari Android Market dan bisa diunduh di sini. Namun, perlu diperhatikan Anda harus menginstall aplikasi FontChanger (root) lalu mem-paste font files ke direktori .fontchanger pada SDcard dan terakhir Anda tinggal melakukan reboot pada handphone Anda.

Meskipun banyak orang yang kurang memperhatikan akan 'lahirnya' Android font ini, namun banyak pihak yang tetap menantikan kehadirannya. Sehingga setelah Roboto secara resmi diperkenalkan sebagai Android font pada Ice Cream Sandwich, banyak orang yang kemudian mengunduh dan meng-installnya.

Banyak orang yang merasabahwa Android font ini terkesan aneh, tapi banyak juga yang mengatakan Roboto terlihat sangat menakjubkan di Android. Mungkin Roboto bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang ingin memperbaharui tampilan Android Anda. Sebagai bahan pertimbangan untuk mengubah font di Android menggunakan Roboto ini, Paseban sebelumnya juga memuat fitur serupa, dan bisa diklik di sini.[FJ]