Sony Xperia L

01 Apr 2013 19:00 | Hits: 1676

Sony Xperia L, Desain Dinamis Nan Apik

Tahun ini menjadi tahun yang sangat subur bagi kemunculan smartphone-smartphone canggih, smartphone canggih tersebut merupakan hasil kreativitas tanpa batas dari vendor-vendor besar yang terus berlomba-lomba unutk mencuri hati pecinta gadget. Selain banyaknya vendor-vendor yang merilis produk anyar mereka dengan mengutamakan teknologi dan kecanggihan ponselnya, makin banyak pula smartphone yang mengutamakan desain dinamis yang bermunculan di pasaran. Mungkin smartphone sejak dulu hingga sekarang berbentuk "itu-itu” saja tanpa ada desain unik lain. Dan kesempatan ini dilihat oleh sebuah vendor mobile besar dengan produk bernama Sony Xperia L.

Dengan merilis produk anyarnya ini, Sony memberikan bentuk dan desain yang lebih dinamis. Meskipun masih mengusung bentuk candy bar smartphone pada umumnya, namun dengan bentuk yang agak berbeda Xperia L juga menitik beratkan produknya pada kenyamanan konsumen. Kira-kira bagaimanakah performanya? Berikut reviewnya.

Desain

Dalam hal desain, yang menjadi titik berat dari smartphone ini adalah bentuk bodi keseluruhan yang sedikit agak melengkung ke belakang, sehingga saat Anda menggenggam smartphone ini Anda akan mendapatkan kenyamanan yang maksimal. Dengan dimensi 128.7 x 65 x 9.7 mm dan bobot 137 gr, membuat Sony Xperia L ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Selain itu, smartphone ini juga sangat nyaman digenggam dan tidak terlalu mengganggu saat diletakkan di dalam kantong celana atau saku baju Anda.

Di bagian depan dari smartphone ini Anda hanya akan menemukan grill ear piece, logo Sony, kamera depan dan layar yang besar. Anda tidak akan menemukan tombol-tombol fisik yang biasa digunakan dalam ponsel-ponsel pada umumnya. Tombol-tombol operasi yang biasa digunakan di sistem operasi Android terdapat dalam layarnya, sehingga Anda harus menyalakan layarnya terlebih dahulu jika ingin mengoperasikan tombol-tombolnya. Tombol-tombol tersebut terdiri dari tombol Back, Home dan Menu. Dan pada smartphone inipun sangat irit dalam penggunaan tombol fisik, karena hanya terdapat di sebelah kanan dari ponsel ini yaitu tombol volume, tombol lock/power dan tombol shutter kamera.

Layar

Layar yang digunakan pada smartphone Xperia L ini menggunakan layar sentuh berteknologi TFT kapasitif. Dengan teknologi ini, respon sentuhan akan ditangkap oleh sensor dengan baik dan responsif. Selain itu, layar ini juga memiliki ukuran yang lumayan lega, yaitu 4.3 inch. dengan resolusi 480 x 854 pixel dan kepadatan pixel mencapai 228 pixel per inch membuat setiap gambar yang ditampilkan oleh ponsel Android Jelly Bean ini menjadi jelas dan jernih. Dan layaknya smartphone Android sekelas pada umumnya, layarnya sudah mendukung fitur multitouch sehingga layarnya dapat menangkap beberapa sentuhan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Selain kehebatan-kehebatan yang telah disebutkan di atas, layar dari Xperia L ini lega dan cukup nyaman digunakan untuk menonton video dengan kualitas tinggi.

Performa

Sony Xperia L dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm MSM8230 Snapdragon dengan inti ganda (dual-core) 1 GHz, dan untuk menambah kualitas tampilan gambar yang lebih mumpuni, digunakan prosesor grafik Adreno 305. Dengan spesifikasi tersebut, sistem operasi Jelly Bean dari Android ini akan dijalankan dengan cukup baik dan lancar. Anda tidak akan menemukan halangan yang begitu mengganggu. Selain spesifikasi dapur pacunya yang mumpuni, smartphone ini juga diberikan media penyimpanan internal sebesar 8 GB. Cukup untuk sebuah memori internal yang mana masih disediakan pula slot memori tambahan yang dapat dimasukkan microSD hingga 32 GB. Sangat cukup untuk Anda yang hobi menyimpan data-data besar di ponsel Anda.

Kamera

Untuk soal motret-memotret, ponsel ini menyediakan kamera sebanyak 2 buah, dengan kamera utama berresolusi 8 MP dan fitur autofocus yang akan membuat gambar hasil jepretan Anda lebih tajam. Kamera belakang ini juga ditemani oleh LED flash untuk menambah kadar cahaya jika Anda sedang berfoto di lingkungan yang memiliki kadar cahaya yang minim. Selain kemampuan foto yang baik, kamera ini juga memiliki fitur video yang dapat merekam dengan kualitas High Definition yaitu 720p. Sedangkan untuk kamera depannya, Xperia L menyediakan kamera dengan kualitas standar VGA. Kualitas yang cukup untuk mengambil foto diri atau untuk melakukan video call.

Baterai

Untuk menunjang kinerja sistem yang membutuhkan daya listrik besar tersebut, disediakan baterai dengan daya 1750 mAh. Dengan kemampuan baterai tersebut, smartphone ini mampu bertahan hingga 1 hari dalam penggunaan normal. Dan tentu saja akan menambah daya tahannya jika Anda melakukan beberapa pengaturan. Seperti kecerahan layar, mematikan fitur yang tidak digunakan dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai Xperia L ini, dapat disimpulkan bahwa Sony tidak hanya memberikan desain yang dinamis namun juga memberikan kualitas performa yang apik. Vendor besar ini tidak hanya mengutamakan kualitas teknologi namun juga kenyamanan penggunaan. Dengan spesifikasi dapur pacu yang apik, kamera yang berkualitas tinggi, layar yang besar, baterai yang kuat membuat smartphone Android ini layak untuk berada di level high end di pasaran smartphone dunia. Namun Anda harus bersabar untuk membawa pulang smartphone ini. Karena Sony baru akan merilisnya secara resmi di kuartal kedua di tahun 2013 ini. Kita tunggu saja. [RR]