Kamus Besar Bahasa Indonesia

27 Mar 2013 10:00 | Hits: 3583

Download Kamus Besar Bahasa Indonesia di Ponsel Android Anda

Download Kamus Besar Bahasa Indonesia di Ponsel Android Anda

Sering kali kita mendapatkan masalah mengartikan kata atau istilah rumit dari bahasa Indonesia sendiri. Meski kita sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia, terkadang kita tidak memahami arti kata dari apa yang kita ambil dari orang lain, walaupun orang itu menggunakan bahasa sama seperti kita yaitu bahasa Indonesia.

Oleh karena itu aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia kini hadir untuk Anda pengguna Android. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus KBBI ini menjadi acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku karena kamus ini merupakan kamus bahasa Indonesia terlengkap dan yang paling akurat yang pernah diterbitkan oleh penerbit yang memiliki hak paten dari pemerintah Republik Indonesia. KBBI terbit pertama kali pada tahun 1988 sudah mengalami tiga kali revisi, edisi terakhir adalah edisi keempat yang cetakan pertamanya diterbitkan pada tahun 2008.

Pada tahun 2008 Pusat Bahasa juga menyediakan KBBI edisi III dalam format daring. Tujuan dari KBBI ini adalah untuk memudahkan akses bagi para pengguna bahasa Indonesia agar dapat menggunakan KBBI dimanapun dan kapanpun di seluruh dunia, tanpa menggunakan versi cetanya. KBBI sudah memiliki lima edisi, di setiap edisinya ada kata baru yang dimasukan. Karena seiring berjalannya waktu terdapat bahasa baru yang harus dimasukkan ke dalam KBBI ini. Meskipun banyak terdapat bahasa sehari-hari yang sering tersebut tidak masuk KBBI karena tidak baku.

Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikenal dengan sebutan KBBI terbit pertama 28 Oktober 1988 saat Pembukaan Kongres V Bahasa Indonesia. Sejak itu kamus tersebut telah menjadi sumber rujukan yang dipercaya baik di kalangan pengguna di dalam maupun di luar negeri. Jika setiap ada permasalahan tentang kata, KBBI selalu dianggap sebagai jalan keluar penyelesaiannya. Selain muatan isi, KBBI memang disusun tidak sekadar sebagai sumber rujukan tetapi menjadi sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peradaban Indonesia. Oleh karena itu, rujukan tersebut kemudian semakin mengakar di dalam kehidupan berbahasa Indonesia walaupun upaya penyempurnaan isi tidak selamanya mengimbangi perkembangan kosakata bahasa Indonesia.

Aplikasi KBBI daring daring ini merupakan upaya penyediaan kemudahan akses terhadap KBBI dimanapun, kapanpun, dan siapa pun selama dapat memanfaatkan jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Pangkalan data KBBI daring ini diambil dari KBBI edisi III. Apakah Anda bisa mendapatkan KBBI yang memiliki beribu halaman pada kertas? Tentu bisa, namun kendalanya adalah ketebalan dan besarnya buku menjadi masalah tersendiri untuk Anda, bahkan Anda juga harus mencari kata yang Anda tak ketahui secara manual. Meski sudah diberi tanda huruf inisialnya, tapi tetap saja itu kurang praktis dan sedikit sulit untuk dilakukan jika terburu-buru. Semua dapat Anda dapatkan di aplikasi KBBI offline ini.

Aplikasi KBBI untuk Android ini terbilang baik, bisa digunakan pada ponsel Android v2.1 ke atas dengan ukuran file 3,7 MB. Aplikasi Kamus Indonesia (KBBI) ini dikategorikan sebagai kategori books & Reference yang bisa didownload di sini. [GLN]