Handphone Paling Tipis

20 Jan 2012 18:30 | Hits: 3371

Huawei Ascend P1 S, Handphone Paling Tipis di Dunia

Jika Anda mencari sebuah handphone dengan desain minimalis, tentunya sebuah produk yang didesain oleh Huawei lah jawabannya. Handphone Huawei tersebut adalah Huawei Ascend P1 S yang dijuluki sebagai handphone paling tipis di dunia. Bayangkan saja, handphone ini hanya memiliki ketebalan 6,7 mm saja.

Handphone paling tipis di dunia ini pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan asal Cina di dalam acara Consumer Electronic Show (CES) 2012 lalu. Selain memiliki desain yang minimalis, handphone ini juga menghadirkan spesifikasi yang kompeten.

Di bagian prosesor, Huawei membubuhkan chipset TI OMAP 4460 dengan prosesor dual core Cortex-A9 1.5GHz. Terdapat pula Graphic Processing Unit (GPU) PowerVR SGX540 dengan RAM 1GB. Dengan spesifikasi tersebut, maka rendering sebuah gambar akan dapat dengan mudah dilakukan. Selain itu, ketika membuka menu dan menjalankan aplikasi juga akan terasa sangat mudah.

Selain pada bagian prosesor, di bagian layar handphone paling tipis sedunia ini menggunakan layar touchscreen Super AMOLED berukuran 4.3 inci dengan resolusi 540x960 piksel. Dengan adanya lapisan anti gores Gorilla Glass, membuat layar dari handphone ini cukup kuat terhadap benturan maupun goresan.

Secara keseluruhan, handphone ini memiliki dimensi 127,4x64,3x6,7 mm dengan berat 130 gram. Meskipun memiliki gelar sebagai handphone paling tipis, namun handphone ini memiliki bobot yang cukup berat, bahkan jika dibandingkan dengan handphone terbaru dari Motorola, Motoluxe Huawei Ascend P1 S masih terasa lebih berat. Padahal, dari sisi ketebalan Motoluxe memiliki selisih yang cukup tinggi, yakni 23,2 milimeter, sedangkan ketebalan mencapau 9,9 mm.

Menurut rencana, handphone paling tipis sedunia ini akan diluncurkan pada Q2 tahun ini. Untuk semakin meningkatkan daya saing handphone paling tipis di dunia ini di pasaran, Huawei akan menggunakan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich Ini termasuk kabar yang cukup menggembirakan, karena saat ini masih sangat jarang handphone yang di awal peluncurannya menggunakan OS Android terbaru tersebut.

Pada bagian kamera, Huawei menambahkan kualitas kamera yang bisa dibilang memiliki kualitas yang sedang-sedang saja, terutama untuk kalangan handphone high-end. Kamera primer milik Ascend P1 S juga hanya memiliki kamera 8MP yang dilengkapi dengan autofokus dan dual LED flash. Kualitas kamera ini kalah jauh dibandingkan dengan ponsel terbaru dari HTC, yakni HTC Titan II yang memiliki kamera 16MP.

Selain itu, kekurangan yang di bawa Huawei salah satunya adalah tidak dibubuhkannya fitur 4G LTE. Begitu juga dengan Ascend P1 S yang hanya mampu digunakan untuk jaringan Quad band GSM dan Quad band HSUPA. Tentunya, bagi mereka yang mencari handphone dengan akses Internet cepat, Ascend P1 S ini bukan menjadi pilihan pertama. Paseban sendiri menilai secara keseluruhan bahwa handphone ini tidak memiliki kualitas yang cukup wah. [IB]