Samsung LED TV

01 Apr 2013 15:30 | Hits: 1670

Review Televisi Samsung LED TV UE32EH5000 Dengan Kualitas Terbaik (Bagian 1)

Selama dua tahun perjalanan, banyak sekali bermunculan televisi-televisi besar dan canggih menggunakan teknologi LED pada layarnya. Saat ini Paseban akan mengulas produk entry-level yang ditawarkan oleh Samsung Electronic, produsen televisi terbesar di dunia. Untuk tahun 2012, produk ini datang dalam bentuk UE32EH5000, TV LCD 32-inch LED-lit dengan resolusi layar full HD 1920 × 1080.

Dibandingkan dengan model yang sepadan keluaran tahun lalu (UE32D5000), EH5000 32" telah menggunakan dukungan Freeview HD melalui tuner DVB-T2 yang terpadu, tetapi kehilangan dua port HDMI (turun dari 4 ke 2). Harga yang ditawarkan Samsung LED TV ini berkisar di bawah £300 atau setara sekitar 4,4 juta rupiah secara online, layarnya juga tidak akan membuat pembelinya merasa kecewa. Akan tetapi, apakah uang sebesar itu layak Anda keluarkan untuk memperoleh TV ini? Kita akan mencari tahu.

Desain

Terkait dengan bentuk fisik televisi ini, mari Kita bayangkan ke saat sebelum televisi LED super tipis menjadi kegemaran, Samsung UE32EH5000 sports merupakan salah satu HDTV layar datar yang memiliki bagian belakang terbesar selama ini. Kalau bukan karena label "LED TV" pada kotaknya, 32EH5000 bisa lulus dengan sangat baik untuk kategori televisi LCD CCFL-backlit yang lebih tradisional.

Akan tetapi, karena Kita tidak menonton TV dari samping, kami tidak terlalu mempermasalahkan bagian belakangnya yang besar. Dari depan, layar LCD dilapisi dengan layar yang berkilau, pertengahan antara layar yang tidak mengkilap dan yang memantulkan cahaya, yang tidak akan menimbulkan masalah bahkan di ruangan yang terang. Televisi ini kemudian dibingkai dengan panel tipis berwarna hitam mengkilap, sangat sesuai dengan warna dudukan televisi ini.

Remote control yang disediakan berukuran kecil dan cukup fungsional. Tombol berbahan karet pada remote tidak memberikan umpan balik yang sangat baik. Kualitas remote secara keseluruhan dan nuansa yang disajikan sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh Samsung UE32EH5000 tersebut.

Warna

Samsung 32EH5000 Samsung menawarkan dua pengaturan warna: "Auto" dan "Native". Dari dua pengaturan warna tersebut, yang pertama lebih akurat - yang terakhir menghasilkan hijau, pucat kebiruan.

Mengingat kelalaian sistem manajemen warna yang kemungkinan dapat terjadi, pengaturan yang tersedia untuk menyesuaikan sistem manajeman warna hanyalah "Color” dan "Tint”. Televisi ini menampilkan warna sekunder yang tepat, sehingga menurut kami, pengaturan "Tint” tidak perlu disesuaikan lagi. Anda hanya harus berfokus ke pengaturan "Color”.

Yang menjadi dilema adalah kualitas warna mempengaruhi saturasi dan pencahayaan pada saat yang bersamaan, sehingga warna yang baik ditentukan oleh keseimbangan yang pas antara dua faktor tersebut. Biasanya kita memprioritaskan mendapatkan pencahayaan warna (juga dikenal sebagai pembacaan warna/tingkat kecerahan/intensitas) yang tepat, terutama untuk warna merah.

Namun, pada Samsung UE32EH5000 kami menemukan bahwa warna yang ditampilkan cenderung bersifat "panas" (yaitu, warna tersebut memiliki tingkatan saturasi yang lebih dari yang seharusnya) pada interval saturasi sub-100%. Jadi, kami memutuskan untuk mengurangi saturasi warnanya, yang ternyata tidak berdampak negatif terhadap pembacaan warna secara signifikan.

Kualitas Gambar

Tingkatan Kehitaman

Bahkan tanpa perlu untuk memeriksanya, kami sudah bisa mengatakan bahwa tingkat kehitaman Samsung UE-32EH5000 sangat, sangat baik. Kesan subjektif kami kemudian didukung oleh pengukuran yang objektif yang menegaskan bahwa televisi ini mampu memberikan warna hitam yang cukup dalam.

Seperti semua TV LED Samsung yang kami ulas tahun ini, UE32EH5000 secara otomatis menutup backlight-nya - ini tidak dapat dihindari karena terdapat pilihan picture preset yang digunakan - ketika diminta untuk menampilkan layar hitam penuh. Fitur peredupan otomatis bisa digagalkan dengan menampilkan konten-berwarna-selain-hitam pada layar, misalnya ikon ‘pause’. Dengan menggunakan metode tersebut, untuk mencegah LED dimatikan secara total, kami mengukur tingkat kehitaman dikalibrasi menjadi 0,035 cd/m2.

Hebatnya, tingkat kehitaman yang mendalam ini dipertahankan bahkan pada pola kotak ANSI: light meter kami kembali menunjukkan hasil yang sama persis, 0,035 cd/m2. Jika tingkat kehitaman EH5000 dibandingkan dengan ES8000 dan ES7000, televisi yang berkualitas tinggi dari Samsung dengan harga yang lebih mahal, ES8000 dan ES7000 berturut-turut mencatat tingkat kehitaman 0,05 dan 0,056 cd/m2 (semakin rendah nilainya, semakin dalam pula tingkat kehitamannya, dan sebaliknya).

Bersambung ke artikel : Review Televisi Samsung LED TV UE32EH5000 Dengan Kualitas Terbaik (Bagian 2)

[HAM]