Hybrid OS

15 Jan 2012 16:00 | Hits: 5760

Mengenal Hybrid OS pada BlackBerry

Mengenal Hybrid OS pada BlackBerry

Sistem operasi pada BlackBerry bisa diumpamakan seperti Windows XP untuk sebuah PC, yang terdiri dari banyak file, dan tidak jarang terjadi kebocoran file. Setiap adanya rilis sistem operasi baru kadang-kadang memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki sistem operasi sebelumnya. Misalnya, salah satu sistem operasi mempunyai masalah pada pengiriman MMS, dan yang lainnya bermasalah dengan kamera. Hybrid OS adalah campuran dari sistem yang terbaik.

Sesuai dengan namanya, Hybrid OS adalah sistem operasi yang berasal dari campuran berbagai macam sistem operasi. Karena setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, Hybrid OS ini dibuat untuk meminimalisir kekurangan tersebut dengan menggantikan beberapa bagian dari OS lain sesuai dengan selera pembuatnya.

Pada awalnya Hybrid OS ini digunakan untuk memperbaiki kinerja BlackBerry 9530 (Storm) di jaringan GSM karena ponsel tersebut dirancang untuk jaringan CDMA. Namun, modul GSM yang tersedia pada perangkat itu tidak dapat bekerja sesuai harapan ketika digunakan pada jaringan CDMA. Dengan ini kekurangan ini, akan menyebabkan beberapa masalah seperti susah locking pada sinyal GPRS ataupun 3G.

Pada prinsipnya, yang dilakukan Hybrid OS ini adalah mencampurkan moduledari bermacam-macam sistem operasi yang memiliki kelebihan dari modul lain di bidang lain, sehingga module tersebut akan saling menutupi kekurangan dalam suatu produk BlackBerry. Seiring waktu berjalan, ternyata metode ini cukup efektif. Hybrid OS pun juga dikembangkan pada BlackBerry type lainnya.

Untuk membuat Hybrid OS sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah. Belum tentu modul yang satu akan cocok dengan modul yang lain. Kejadian yang tak diinginkan sangat mungkin terjadi jika kompisisinya kurang tepat atau bahkan mengakibatkan crash dengan module lain.

Beberapa pakar Hybrid yang terkenal adalah Lyricidal, BBkrackman, Gabriel, OOAKPC, dkk. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing dalam meracik sistem operasinya.

Hasil positif yang diperoleh setelah menggunakan Hybrid OS di antaranya:

  • Pemakaian baterai irit

  • Membuka tutup aplikasi lebih cepat dan responsive

  • Booting / restart lebih cepat

  • Hasil photo camera lebih tajam

  • Dan lain-lain.

Dengan menggunakan Hybrid OS ini akan sangat bermanfaat untuk perangkat BlackBerry yang punya RAM kecil seperti Curver dan Pearl. Hasilnya sistem operasi akan jauh lebih bagus dan lebih cepat daripada hanya menggunakan Base OS. Proses instalasi Hybrid OS ini mungkin akan sedikit menakutkan untuk pertama kalinya.Yang perlu dipertanyakan adalah stabilitasnya, karena ada beberapa file yang sengaja dihilangkan.

Jadi, jika Anda ingin mencoba Hybrid OS, sebaiknya Anda menyisihkan waktu sekitar satu jam untuk hal ini. Setelah menginstal Hybrid OS ini dijamin Anda akan lebih mencintai BlackBerry Storm Anda. [RK]