Mini CAD Viewer

14 Mar 2013 16:00 | Hits: 2823

Mini CAD Viewer - Aplikasi Pembuka File CAD

Mini CAD Viewer - Aplikasi Pembuka File CAD

Computer Aided Design atau sering disingkat CAD menurut Wikipedia adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk menggambar sebuah produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh objek garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi (2D) dan gambar 3 dimensi (3D). berawal dari menggantikan sebuah fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terintegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing). Integrasi ini dimungkinkan karena perangkat lunak CAD saat ini kebanyakan merupakan aplikasi gambar 3 dimensi atau biasa disebut solid modelling. Solid model memungkinkan kita untuk memvisualisasikan komponen dan rakitan yang dibuat secara realistik. Selain itu model mempunyai properti seperti massa, volume, pusat gravitasi, luas permukaan dan lain-lain. Adapun aplikasi CAD terbaik atau yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

• Pro/ENGINEER

• AutoCAD

• Solid Works

• Catia

• Unigraphics

• ProgeCAD

• ZWCAD

AutoCAD adalah salah satu aplikasi yang yang paling populer dan sering digunakan di kalangan Arsitek dan juga para Desainer Interior. Aplikasi AutoCAD merupakan sebuah aplikasi yang wajib dikuasai oleh orang-orang yang bergelut di bidang tersebut. AutoCAD bisa digunakan atau berguna untuk membantu ahli-ahli tersebut dalam membuat sebuah gambar arsitektur, rancangan interior dan juga gambar kerja. Aplikasi ini bisa dianalogikan sebagai pengganti sebuah meja gambar, dan juga alat alat gambar tradisional. Gambar yang akan dihasilkan oleh AutoCAD sangat akurat, karena dapat membuat sebuah gambar dengan ukuran hingga mendekati sepersekian millimeter. Saat menggambar dengan menggunakan AutoCAD, Anda menggambar dengan skala 1:1, sementara pengaturan skala gambar dilakukan pada saat akan di plot. AutoCAD digunakan tidak hanya untuk bidang arsitektur yaitu bisa digunakan untuk semua keperluan gambar teknik, sehingga dapat digunakan di bidang teknik mesin, elektro, sipil dan bidang teknik lainnya yang memerlukan gambar teknik.

Kelebihan AutoCAD yaitu dapat menghasilkan gambar dengan skala dan ukuran yang akurat. Walaupun bisa juga digunakan untuk membuat gambar 3D, namun rata-rata tidak pernah digunakan karena sangat rumit dan tidak praktis. Namun bagaimana jika Anda memiliki komputer dan hanya ingin melihat file CAD? Solusi terbaik adalah membuka file tersebut menggunakan Mini CAD Viewer.

Aplikasi Mini CAD Viewer ini berguna untuk membuka atau melihat jenis format file CAD seperti pada aplikasi AutoCAD dan file sejenisnya. Mini CAD ini digunakan secara gratis tanpa membayar, selain sangat ringan dipergunakan aplikasi ini juga dapat membuka file jenis CAD dengan cepat tanpa harus menunggu lama (loading).

Aplikasi Mini CAD Viewer dapat melihat sebuah objek pada aplikasi yang telah dibuka dengan fitur zoom in and out, dan juga menggambar pada file tersebut. Adapun aplikasi yang didukung saat ini oleh aplikasi ini adalah jenis format file DWG dan DXF, dimana ditambahkan juga fitur thumbnail view yang akan memudahkan pengguna untuk melihat objek file. Berikut fitur lengkapnya:

• Aplikasi gratis untuk membuka jenis file DWG Viewer dan juga DXF Viewer.

• Mini CAD Viewer sangat mudah digunakan. Double-click pada file DWG atau DXF untuk melakukan preview
gambar.

• Tidak memerlukan instalasi dari aplikasi AutoCAD.

• Dapat melakukan berbagai pergerakan, dan juga fitur zoom in dan zoom out.

• Fitur thumbnail view.

• Memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian pada task folders.

• Hasil gambar (Drawing files) dapat disimpan dalam bentuk format file gambar yang mendukung jenis dwg, bmp dan juga jpg.

Bagaimana cara melakukan preview pada file DWG atapun DXF?

  • Pilih Folder.

  • Double-click file.

Bagaimana melakukan zoom view?

Klik menu Tool di atas aplikasi, kemudian klik Next, lalu klik gambar/view yang ada pada aplikasi dengan menggunakan mouse.

Bagaimana Cara Menyimpan Gambar

Klik tombol Save as yang ada pada aplikasi.

Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin melihat hasil file yang telah dibuat, dan sangat cocok digunakan pada komputer yang kurang bagus dari sisi hardware yang dimiliki. Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini klik di sini. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows NT/2000/XP/Vista/Win7 /Win8. [AG]