Cara Menginstal Aplikasi

18 Mar 2013 20:30 | Hits: 10512

Cara Menginstal Aplikasi di Perangkat Windows Phone 8

Cara Menginstal Aplikasi di Perangkat Windows Phone 8

Sejak peluncurannya pada akhir 2012, handset Windows Phone 8 telah dibangun dengan mapan dengan pendahulunya Windows Phone 7, yang dirilis pada tahun 2010. Ada banyak perkembangan dan perubahan penting, dari memungkinkan kontrol yang lebih baik dair layar Start hingga tambahan API untuk memungkinkan pengembang membangun aplikasi yang lebih baik.

Salah satu perbedaan mencolok adalah penambahan aplikasi dan game baru dari Windows Phone store. Dahulu ini terbatas pada satu layanan desktop dan aplikasi ponsel, namun saat ini pilihannya telah meningkat, bahkan termasuk instalasi software dari kartu SD - dengan asumsi ponsel anda memiliki slot SD. Berikut ini beberapa cara menginstal aplikasi di Windows Phone 8 yang bisa anda coba.

Windows Phone Marketplace, alias Apps+Game

Cara menginstal aplikasi ini, pertama anda bisa melakukannya melalui Apps+Games, Windows Phone Marketplace yang diperbaharui. Ada dua cara berbeda bagi pengguna Windows Phone 8 untuk mengakses layanan ini.

Pertama, dari tombol Store yang ada di ponsel anda, yang kemudian akan membawa anda ke sub menu di mana anda dapat menemukan aplikasi, game, musik dan mungkin software yang disediakan oleh produsen ponsel atau penyedia jaringan anda.

Kedua, jika anda lebih memilih untuk menambahkan aplikasi dari desktop komputer, anda bisa melakukannya melalui website App+Games.

Ini menggantikan klien desktop Zune, yang sebelumnya menerapkan pilihan untuk pengguna Windows Phone 7 untuk mencari dan menginstal aplikasi. Sayangnya, aplikasi yang merupakan Microsoft ini telah menjadi software bergaya iTunes.

Menginstal Melalui Browser

Untuk menginstal sebuah aplikasi melalui browser, anda harus terlebih dahulu pergi ke Windows Phone store. Dari sini, kemudian anda bisa mencari aplikasi atau game yang anda inginkan.

Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Ketika anda menemukan sesuatu yang ingin anda instal, klik dan baca rinciannya. Anda juga harus memeriksa ulasan dan rating untuk mengkonfirmasi bahwa aplikasi tersebut sesuai dengan tujuan anda dan bukan semacam penipuan.

Dengan aplikasi gratis, bila anda siap untuk membeli semua yang anda butuhkan klik Instal; aplikasi berbayar akan mengharuskan anda untuk menyetujui pembelian. Jika anda tidak memiliki kartu kredit yang terkait dengan akun Windows Phone, Windows Live, Xbox Live anda, ini harus ditambahkan dulu sebelum memulai transaksi. Perhatikan bahwa anda juga akan diminta untuk memasukkan password anda.

Jika ponsel anda bisa dideteksi sebagai online, aplikasi tersebut akan dikirimkan ke perangkat anda. Jika handset anda sedang offline atau di luar jangkauan, maka aplikasi tersebut akan dikirimkan ke email anda dalam bentuk tautan untuk mengunduhnya.

Menginstal Aplikasi pada Ponsel Anda

Menginstal aplikasi dan game melalui Store pada ponsel anda juga membutuhkan kartu kredit. Hal ini paling baik dilakukan melalui browser desktop anda untuk memudahkan anda memasukkan nomor kartu.

Menelusuri aplikasi dan game melalui Store lebih baik dilakukan menggunakan alat pencarian, kecuali jika anda telah menginstal software seperti App Highlights yang akan memberitahu anda aplikasi baru yang terbaik. Proses pencarian, memeriksa dan membeli aplikasi dan game umumnya sama, yaitu memeriksa deskripsi, ulasan, memastikan anda cocok dengan harganya dan mengklik Install atau klik Buy untuk aplikasi berbayar. Kemudian anda harus menambahkan rincian pembayaran anda atau klik lagi tombol Buy untuk melanjutkan.

Perhatikan bahwa anda tidak akan dapat mengunjungi Store jika ponsel anda tidak tersambung dengan internet. Perhatikan juga bahwa banyak game yang tidak bisa diinstal tanpa terhubung dengan jaringan Wi-Fi, karena ukuran unduhan.

Anda Bahkan Bisa Menginstal dari Kartu SD

Fitur baru di Windows Phone 8 adalah kemampuan untuk menginstal aplikasi atau game dari kartu SD. Ini sangat berguna bagi anda yang memiliki sedikit atau tidak memiliki data plan, namun tidak mengharuskan anda untuk memiliki perangkat dengan slot kartu SD.

Misalnya, anda menggunakan ponsel Nokia Lumia, kemudian anda tidak memiliki kartu SD. Secara umum, perangkat kelas bawah seperti Windows Phone 8S memiliki pilihan kartu SD untuk removable storage atau penyimpanan yang dapat dilepas.

Salah satu fitur baru dari Windows Phone adalah kemampuan untuk menelusuri perangkat melalui kabel USB, dan hal yang sama dapat dilakukan dengan kartu SD yang terpasang. Cara menginstal aplikasi atau game dari kartu SD, pertama-tama anda harus mengunduhnya ke komputer dari halaman Apps+Games berbasis web.

Anda harus mencari tautan "Download and install manually” di bagian bawah halaman deskripsi aplikasi - ini akan menyimpan file XAP ke komputer anda yang kemudian harus disinkronisasi melalui USB ke kartu SD ponsel anda.

Setelah selesai, restart komputer anda, kemudian buka Store Hub. Anda akan melihat pilihan baru, SD card, yang akan mendaftar aplikasi yang telah anda simpan pada perangkat penyimpanan yang dapat dilepas. Pilih dan klik Instal untuk menambahkannya ke ponsel anda. Perhatikan bahwa ponsel harus memiliki koneksi aktif ke internet pada saat instalasi, untuk mengotentikasi. [GAN]