Aplikasi Office

18 Mar 2013 11:45 | Hits: 1144

4 Aplikasi Office Pilihan Yang Gratis Dari Microsoft Selain Microsoft Office

4 Aplikasi Office Pilihan Yang Gratis Dari Microsoft Selain Microsoft Office

Microsoft meluncurkan Office baru, Microsoft Office 360. Sayangnya harga yang cukup mahal, membuat kita cukup sulit untuk menggunakan versi terbaru dari Office ini. bagi yang memiliki sedikit kelebihan di dalam keuangannya mungkin masih bisa menggunakannya, teapi untuk memiliki dana yang sedikit ini membuat sedikit rasa ragu saat akan menggunakan Office baru ini.

Di dalam update MIcrosoft 360 memberikan kemudahan dalam penggunaan-nya, beberapa yang sudah menggunakannya memberika apresiasi yang baik mengenai perubahan ini. Sayangnya beberapa Fitur dari Office 360 ini hanya bisa di rasakan dalam versi online. Meskipun terdapat versi Stand Alone-nya, para pengguna lebih menyukai versi Subcripte atau online di bandingkan dengan versi Online.

Selain menggunakan Microsoft Office 360, kita bisa saja menggunakan aplikasi Office lainnya yang bersifat gratis. Meskipun gratis, Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menggunakannya dan memiliki kemampuan yang sama dengan Microsoft Office 360.

Google Docs

Pertama kali Google Doc diluncurkan oleh Google untuk menandingi dari penggunaan aplikasi Office dari Microsoft. Dan Google sudah meluncurkan sejak lama, sayangnya pengguna dari Google Doc meskipun sudah banyak tetapi masih belum bisa mengalahkan atau menandingi penggunaan dari Microsoft Office.

Untuk menggunakan aplikasi ini kita harus mengunjungi docs.google . Selain menggunakannya secara Online kita bisa saja menggunakannya dengan cara Offline. Sayangnya untuk menggunakan Google Doc ini dalam versi offline, kita hanya bisa menjalankannya di dalam browser Chrome tidak bisa menggunakan browser lain seperti Firefox, Internet Explorer, atau Opera.

Mungkin kekurangannya Office dari Google Doc ini, memiliki sedikit kompatibel dengan format Office dari aplikasi Office lainnya. Tetapi kemudahan dalam penggunaan dan gratis, menjadikan Google Doc bisa pakai. Selain itu kita membuat dokumen yang kita buat dalam keadaan Private atau kita share dengan orang lain. Kunjungi Google Docs di sini.

Microsoft Web Apps

Selain merilis dari versi Office 360, Microsoft merilis versi Web apps. Meskipun di versi 360 menggunakan sistem berbayar tetapi di versi Web Apps ini, Microsoft menerapkan versi gratis di versi Microsoft Web Apps.

Microsoft Office Web Apps, support terhadap berbagai macam file dokumen dari Microsoft. Tidak heran jika saat membuka aplikasi ini, kita bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang ada di Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan One Note.

Untuk menggunakan versi ini kita tidak perlu membayar, kita hanya cukup membuat sebuah akun di Microsoft. Selain bisa menggunakan aplikasi Office ini, kita bisa juga menggunakan Skydrive karena Web Apps ini terintegrasi dengan SkyDrive. Kunjungi Microsoft Web Apps di sini.

Libre Office

Jika Google Docs dan Microsoft Web Apps menggunakan sistem Cloud Office atau menggunakan sistem online agar kita bisa menggunakan aplikasi Office mereka. Tetapi dengan Libre Office kita masih bisa menggunakan-nya secara stand alone.

Libre Office merupakan aplikasi Forking dari aplikasi Office free lainnya, OpenOffice. Dan malah sekarang Libre Office lebih sering digunakan dibandingkan dengan OpenOffice-nya sendiri. Hal ini dikarenakan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dari Open Office-nya sendiri.

Libre Office sama halnya dengan OpenOffice yang support terhadap berbagai format file, baik dari Open Standard seperti ODT atau dari Microsoft dengan format dokumen doc. Libre Office support terhadap berbagai format file. Kunjungi Libre Office di sini.

Kingsoft Office

Selain dari Libre Office dan Microsoft Office yang lebih suka menggunakan office versi Stand Alone bisa menggunakan aplikasi Kingsoft Office. Kingsoft Office di bagikan secara gratis, meskipun ada juga versi berbayar. Selain untuk desktop, Kingsoft juga tersedia untuk versi Android. Kingsoft saat ini sudah mencapai versi terbaru, Kingsoft Office 2012.

Enaknya menggunakan Kingsoft Office, dia kompatibel dengan format dokumen dari Office baik dari Word, Excel, Powerpoint dan lain - lain. Jadi kita harus merasa khawatir saat terjadi perubahan dari format, karena terkadang saat membuka format dokumen dari microsoft *.doc dan membukanya di aplikasi Office yang lain meskipun supprt terhadap format *.doc dari microsoft, masih suka terjadi kekacauan format menjadi tidak teratur. Kunjungi kingsoft office di sini. [GAN]