PlayStation Vita

20 Dec 2011 12:00 | Hits: 4244

PlayStation Vita (PSVita), Smartphone Berkemampuan Game Portable atau Game Portable Berkemampuan Smartphone? (Part-2)

PlayStation Vita (PSVita), Smartphone Berkemampuan Game Portable atau Game Portable Berkemampuan Smartphone? (Part-2)

Seperti yang Paseban janjikan sebelumnya, jika sebelumnya Paseban hanya membahas secara sepintas mengenai PlayStation Vita (PSVita) (Artikel bisa Anda lihat di sini), pada pembahasan kali ini, Paseban akan melanjutkan pembahasan lebih detail mengenai smartphone ini:

Design and Display

Desain perangkat ini sangat mirip dengan PSP, namun tentu saja PlayStation Vita (PSVita) mengalami perkembangan dan membuatnya lebih mengesankan dan elegan daripada PSP. PSVita dilengkapi dengan layar 5-inch OLED multi-touch capacitive touchscreen, warna 24-bit, resolusi 960 -€Â 540 qHD, dan kerapatan pixel 220 ppi(pixel per inch).

Handheld ini memiliki ukuran yang cukup besar 182 x 84 x 19 mm. Untuk memberikan gambaran tentang seberapa besar PlayStation Vita (PSVita), ukuran iPhone 4 akan seukuran dengan hanya layar dari PSVita.

Tentu saja karena ukuran yang cukup besar tersebut, PlayStation Vita(PSVita) memiliki konsep seperti PSP dimana Anda harus mengoperasikannya dengan kedua tangan. Sementara dari segi genggaman, PSVita lebih nyaman digenggam saat Anda menggunakan kontrol game daripada PSP.

Controls

Pada PSP, hanya ada sebuah stick analog, tetapi dalam Vita PS Anda dapat menemukan dua stik analog di bagian depannya, menjadi satu dengan D-pad serta tombol PS standar. Di bagian atas, ia memiliki tombol L (Left) dan R(Right) mirip dengan stick PlayStation, hanya saja di PlayStation Vita (PSVita) cuma tersedia satu tombol, L1 dan R1.

Dan yang membuat PlayStation Vita (PSVita) nyaman di genggam adalah di bagian belakang terdapat dua touch-sensitive pads pada bagian kiri dan kanan. Namun pad ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat Anda mengistirahatkan jari saja, pad ini berfungsi mirip seperti trackpad pada laptop dimana ia berfungsi untuk kontrol tambahan saat Anda memainkan game, tergantung dari pengembang aplikasi game apakah mereka menyertakan tombol special ini pada kontrol game ciptaannya.

Berikut skema desain dari PlayStation Vita(PSVita):

Skema

Spesifikasi

PlayStation Vita(PSVita) menggunakan CPU ARM Cortex-A9 (4 cores) dan GPU quad-core SGX543MP4+. Serta memiliki RAM 512 MB dan VRAM 128 MB.

Sony mengkonfirmasi bahwa baterai PlayStation Vita(PSVita) akan tahan untuk bermain game hingga 3-5 jam, untuk memutar video hingga 5 jam, dan untuk mendengarkan lagu hingga 9 jam.

Seperti pada skema desain di atas, PlayStation Vita(PSVita) memiliki dua slot memory card, PlayStation Vita card dan memory card biasa, di mana Software untuk PlayStation Vita akan berada pada flash memory baru bernama PlayStation Vita card yang memiliki kapasitas 4GB hingga 32GB ini.

PlayStation Vita(PSVita) Dilengkapi dengan "Six-axis system" sebagai sensor gerakan, 3-Axis accelerometer dan 3-Axis gyroscope, serta GPS. Untuk koneksi, handheld ini dilengkapi dengan kemampuan WiFi, 3G, dan juga Bluetooth.

Untuk kamera, PlayStation Vita(PSVita) memiliki 2 kamera, kamera depan dan belakang. Tetapi Anda jangan berharap banyak pada kamera handheld yang berfokus pada kemampuan gaming ini, karena ia hanya dilengkapi kamera belakang 0.3 MP @ 60 fps/320-€Â240 @ 120 fps, dan kamera depan yang masih berbasis VGA. Kamera ini mendukung fitur face detection, head detection dan head tracking yang bisa dimanfaatkan untuk personalisasi dan kustomisasi. [RY]

Pembahasan selanjutnya mengenai PlayStation Vita ini, Anda bisa membacanya pada artikel mendatang