Smartphone Android

19 Dec 2011 11:00 | Hits: 1922

Apa Smartphone Android Pertama di Indonesia?

Sebelum smartphone Android menjadi berlimpah dan dalam berbagai macam merek, awalnya, sebagai pioneer, HTC Magic adalah smartphone Android pertama yang masuk Indonesia pada 11 Juni 2009 yang hadir di-bundling oleh Telkomsel.

Smartphone Android — yang bernama myTouch 3G T-Mobile di Amerika dan NTT DoCoMo HT-03A di Jepang — adalah smartphone kedua di dunia yang diproduksi setelah HTC Dream. HTC Magic diluncurkan pertama kali oleh Vodafone pada 17 Februari 2009 pada acara Mobile World Congress di Barcelona. HTC Magic mulai dijual di Spanyol pada 27 April 2009, di Inggris dan Taiwan pada Mei 2009, dan di Singapura, Hong Kong, Belanda, serta Indonesia pada bulan Juni 2009. Di Amerika Serikat, HTC Magic baru mulai Preorders 8 Juli 2009, baru tanggal 5 Agustus 2009 T-Mobile secara resmi merilis smartphone Android ini.

HTC Magic hadir dengan OS Android 1.6 Donut dan sudah dilengkapi dengan beberapa layanan Google, seperti Gmail, Google search, Google Maps, Google Talk dan YouTube. Sampai saat ini smartphone Android seri ini memiliki upgrade resmi ke Android 2.2 Froyo, dan upgrade tidak resmi ke Android 2.3 Gingerbread.

Seperti HTC Dream, aplikasi Android Market, yang memungkinkan pengguna untuk men-download aplikasi software baru dari pengembang pihak ketiga, serta memberikan penilaian dan komentar yang dapat dilihat secara terbuka, juga disertakan pada smartphone Android ini. Tetapi versi HTC Magic di beberapa Negara tertentu masih belum memiliki akses atau tidak terinstal Android Market.

Display: smartphone Android ini memiliki layar 3,2 inci(8,1 cm) TFT(Thin-Film Transistor) LCD flat glass touch-sensitive HVGA dengan resolusi 480 piksel X 320. Pengguna dapat berinteraksi untuk menampilkan atau memindahkan konten dengan sentuhan jari, dan karena touchscreen Kapasitif memungkinkan penggunaan stylus standar.

CPU: HTC Magic yang beredar di pasaran terdeteksi memiliki dua CPU yang berbeda PVT32A Qualcomm MSM7200A ARM11 processor 288MB RAM dan PVT32B Qualcomm MSM7201A ARM11 processor 192MB RAM.
Camera: HTC Magic memiliki kamera 3.2 dengan fungsi autofocus, namun masih belum memiliki flash untuk penerangan saat mengambil foto di saat gelap. Untuk kemampuan video, smartphone Android ini bisa memutar H.264, streaming, 3GPP, MPEG4, dan 3GP files. Serta mampu melakukan recording video dengan kemampuan resolution 352x288 H.263 3GP, mono sound @ 8 kHz.

Storage: HTC Magic memiliki slot microSD yang tertulis mampu membaca SDcard hingga 16GB, kemungkinan bisa membaca SDcard berkapasitas lebih besar. Yang berbeda dengan smartphone Android saat ini adalah ketika menghubungkannya dengan komputer. Ketika dihubungkan melalui kabel USB, komputer tidak bisa membaca isi dari SDcard tersebut, jadi pengguna harus melepasnya terlebih dahulu dan membacanya di komputer menggunakan card reader.

Battery: HTC Magic menggunakan baterai 3.7V, 1340mAh rechargeable lithium ion, yang diklaim mampu standby hingga 600 jam. Tetapi secara praktek smartphone Android ini memiliki waktu standby sekitar 420 jam, dan talktime 7 jam 30 menit.

Seperti yang Anda lihat spesifikasi HTC Magic masih jauh dibawah produk yang ada sekarang. Tetapi smartphone Android yang pertama kali masuk Indonesia ini adalah produk 2 tahun silam. Patokan harga HTC Magic saat itu juga sangat tinggi apabila dibandingkan dengan rata-rata smartphone Android yang beredar sekarang, yaitu Rp. 6.5 juta termasuk bundling kartu simpati PeDe dan gratis layanan data 300 MB setiap bulan selama 6 bulan. [RY]