Aplikasi untuk Hemat Baterai Android

10 Mar 2013 14:00 | Hits: 3680

Empat Aplikasi Untuk Hemat Baterai Android Berbentuk Widget di Smartphone Dan Tablet Anda

Empat Aplikasi Untuk Hemat Baterai Android Berbentuk Widget di Smartphone Dan Tablet Anda

Berbagai macam hal dapat kita lakukan melalui perangkat mobile yang kita miliki. Kegiatan yang kita lakukan dengan memanfaatkan perangkat mobile itu dapat menghabiskan waktu selama berjam-jam. Mencari berbagai informasi melalui internet, melihat video YouTube, dan memainkan game adalah beberapa aktifitas yang biasa dilakukan melalui media perangkat mobile.

Sayangnya, perangkat mobile tidak bersifat abadi. Dengan pemakaian yang terus menerus, baterai akan habis dengan sendirinya dan kita perlu melakukan proses charge pada perangkat tersebut. Bagi perangkat Android, icon baterai berukuran kecil akan mengindikasikan berapa sisa pemakaian baterai yang ada. Untuk pengguna Android, mungkin icon tidak dapat bekerja maksimal, karena ukurannya yang kecil, dan mungkin kita tidak dapat mengetahui dengan pasti berapa kapasitas penggunaan baterai yang tersisa.

Untungnya, Google Play Store memiliki aplikasi widget yang akan memberikan berbagai informasi tentang baterai pada perangkat Android, termasuk penggunaannya. Berikut ini daftar aplikasi untuk hemat baterai Android berbentuk widget terbaik yang bisa Anda manfaatkan, baik untuk smartphone maupun tablet Android.

Battery Widget (Elvison)

Jika Anda menginginkan cara yang sederhana namun elegan pada daya perangkat Anda, maka Battery Widget yang dikembangkan oleh Elvison adalah satu pilihan tepat bagi Anda. Dengan widget yang berukuran 1x1, Anda akan diprlihatkan tampilan level baterai pada homescreen. Tetapi, aplikasi widget baterai ini tidak hanya dapat melakukan hal tersebut. Tap pada widget dan Anda akan melihat info baterai seperti misalnya daya, temperatur, kondisi, teknologi, dan status. Jangan khawatir jika Anda akan beraktifitas menggunakan perangkat Android. Indikator baterai tersedia dalam status bar, jadi Anda dapat memeriksa sisa pemakaian baterai tanpa menghentikan kegiatan yang sedang Anda lakukan pada ponsel. Anda dapat mengatur untuk menampilkannya dalam tiga warna yang berbeda untuk merefleksikan level baterai high, medium, dan low. Widget baterai ini juga akan memberikan layanan peringatan, jadi widget akan secara otomatis memberi Anda info ketika status baterai berganti. Widget ini dapat diunduh gratis di sini.

Battery Solo Widget

Battery Solo Widget merupakan aplikasi widget baterai lain yang mengedepankan sisi elegan dan sederhana, namun dengan tampilan yang berbeda. Dari developer PedroMaicas, Battery Solo Widget memberikan kelebihan yang tepat. Tampilan widget yang simpel dalam mengindikasikan sisa pemakaian baterai diperlihatkan dalam nomor, sehingga Anda dapat memeriksa sisa baterai dengan hanya melihatnya. Ketka proses charge selesai dilakukan, lingkaran di sekeliling nomor akan penuh dengan warna hijau. Sesuai dengan pemakaian pada ponsel Anda, warnah hijau sedikit demi sedikit berganti abu-abu, menyesuaikan dengan pemakaian daya baterai. Melalui sajian widget yang elegan pada homescreen, Anda bisa mendapatkan info lebih tentang baterai pada perangkat Anda dengan tap pada widget baterai tersebut. Widget ini dapat diunduh gratis di sini.

Gauge Battery Widget

Jika Anda bosan dengan tampilan digital, mungkin Anda mau mencoba tampilan analog. Gauge Battery Widget memberikan layanan yang sana seperti aplikasi widget baterai lain, tetapi tentu saja ada yang berbeda. Melalui tampilan widget yang memiliki berbagai ukuran seperti 1x1, 2x1, dan 2x2, Anda akan dibawa ke pengaturan pada baterai. Setelah Anda memilih ukuran widget yang disukai, Anda dapat mengelola tampilannya, seperti misalnya mengganti warna agar sesuai dengan wallpaper yang Anda pakai. Widget ini dapat diunduh gratis di sini.

Battery Monitor Widget

Dengan berbagai tampilan widget baterai yang dimilikinya, Battery Monitor Widget dari developer fsinib memberikan Anda pilihan yang bisa Anda manfaatkan. Melalui tampilan widgetnya tersebut, Anda dapat memonitor berapa sisa pemakaian baterai pada perangkat Android Anda. Dari tampilan digital hingga analog, semuanya bisa Anda dapatkan dari aplikasi widget baterai ini. Apa yang membuat widget ini benar-benar bermanfaat adalah, Battery Monitor Widget akan mnginformasikan kepada Anda berapa lama perangkat bisa dipakai sebelum perangkat Anda mati. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan info seperti kondisi baterai, teperatur, daya, dan waktu aktif. Tidak hanya itu saja, aplikasi widget baterai ini juga dapat memberikan statistik perubahan level, total charge, total waktu charge, dan statistik lainnya. Widget ini dapat diunduh gratis di sini.
[DEAS]