Aplikasi untuk Membuat lagu

27 Feb 2013 13:30 | Hits: 7241

Tiga Aplikasi Untuk Membuat Lagu dan Mengaransemen Musik di Android

Tiga Aplikasi Untuk Membuat Lagu dan Mengaransemen Musik di Android

Audio mixer telah luas digunakan oleh para profesional untuk berbagai macam keperluan, diantaranya adalah pada studio rekaman musik, sistem penguatan bunyi, sistem panggilan publik (public address), bidang penyiaran publik baik radio serta televisi, dan juga pasca produksi pembuatan film. Namun Mixing console lebih banyak digunakan pada bidang musik. Mixer dapat berbentuk analog dan digital, yang biasa disebut mixing atau desk soundboard (papan suara). Dengan alat tersebut, Anda dapat memadukan audio yang lebih dikenal dengan istilah "mixing", pengaturan jalur (routing) harmonisasi dinamis, serta mengubah level dari sinyal audio. Sinyal-sinyal yang akan diubah dan diatur nantinya akan dikuatkan oleh penguat akhir (power amplifier).

Untuk Mixer analog harus dibutuhkan berbagai perangkat yang besar dan mahal, sedangkan untuk digital telah tersedia dengan berbagai macam perangkat lunak khusus mixing. Namun perangkat lunak mixer yang digunakan pada PC memiliki ukuran yang cukup besar dan dengan syarat sistem lebih detail. Bagi Anda pengguna Android, saat ini telah tersedia aplikasi Mixer sederhana yang dapat dijalankan pada gadget. Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk membuat lagu Mixer untuk Android yang dapat Anda unduh dan pakai secara gratis:

Party Mixer

Aplikasi ini memang tergolong sangat sederhana, namun tetap asik untuk dijalankan untuk mengkombinasikan musik secara bersamaan. Party Mixer memungkinkan Anda untuk memainkan musik dan melakukan mixing seperti DJ di pesta-pesta. Caranya sangat mudah, cukup mainkan 2 lagu secara bersamaan dan cross-fade di antara keduanya. Siapkan daftar playlist, hanya dengan drag dan drop untuk memutar lagu menjadi satu dalam player deck, atau Anda juga bisa mengaktifkan Auto DJ untuk melakukan mixing yang dilakukan secara otomatis. Dalam aplikasi Mixer ini terdapat fitur yang dapat berhenti otomatis apabila ada panggilan masuk.
Ukuran file hanya sebesar 147 Kb dan dapat dijalankan pada OS Android minimal 1.6 keatas. Aplikasi buatan Prizmos Ltd ini hanya tersedia dalam versi 1.0.
Download di sini.

Music Mixer HD

Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Party Mixer memainkan musik dan melakukan mixing, hanya saja Music Mixer HD memiliki berbagai fitur tambahan. Beberapa fitur-fitur tambahan lainnya adalah: VolumeControl untuk setiap player, Equalizer untuk masing-masing player audio untuk meningkatkan suara untuk setiap lagu dan pengaturan lain, terdapat fitur Duration Warning (Durasi peringatan) jika sebuah lagu dimainkan lebih dari waktu 30 menit maka mulai berkedip merah, terdapat Scrollbar dengan huruf pertama "artis” yang dapat mempercepat mencari lagu, Playlist untuk pemain masing-masing dan A to B looping (pengulangan).
Ukuran file sebesar 2.8 MB, namun aplikasi buatan PanzerDev ini hanya dapat dimainkan pada OS Android minimal 3.0 keatas.
Download di sini.

Wireless Mixer

Aplikasi ini lebih baik jika dibandingkan dengan kedua aplikasi diatas. Sangat bagus dan realistis sebagai controller nirkabel mixer MIDI untuk aplikasi musik komputer favorit Anda atau DAW. Dengan Wireless Mixer Anda dapat mengemulasi konsol mixer yang nyata dengan banyak fungsi serta menggunakan fitur MIDI melalui WiFi. Namun sebenarnya Wireless Mixer bukanlah mixer mandiri, karena aplikasi hanyalah permukaan kontrol (MIDI controller) yang memerlukan koneksi nirkabel ke komputer dengan program musik terpasang. Beberapa fitur-fitur yang tersedia dalam Wireless Mixer adalah:

  • Bisa dijalankan dengan multitouch

  • Terdapat saluran level slider, pan sliders, tombol tunggal, tombol mute, dan tombol record (rekam).

  • Anda dapat menguasai kontrol volume

  • MIDI otomatis berlaku pada load

  • Terdapat Total 128 assignable kontrol

  • Terdapat rotasi animasi

  • Aplikasi ini mendukung untuk tablet dan smartphone

Anda dapat mengunduh aplikasi Mixer ini di sini.
Ukuran file hanya sebesar 471 Kb dan dapat Anda jalankan pada OS Android minimal 2.1 keatas. Mixer rancangan Borce Trajkovski ini tersedia pada versi 1.5. Aplikasi ini cocok untuk dipakai oleh Anda yang sudah profesional untuk kebutuhan mixing. [ALX]