Software Desain Grafis

28 Feb 2013 07:30 | Hits: 1895

Ini dia 5 Software Desain Grafis Sebagai Alternatif Dari CorelDraw

Ini dia 5 Software Desain Grafis Sebagai Alternatif Dari CorelDraw

Kekreatifan bisa muncul dari segala hal. Salah satunya melalui seni menggambar. Sekarang, menggambar bisa dilakukan tidak hanya melalui kertas dan pensil, tetapi juga dapat melalui software yang di-install pada komputer Anda. CorelDraw adalah software yang paling populer saat ini, sebagai media gambar melalui komputer.Software desain grafis ini akan membantu Anda mengeksploitasi segala bentuk kekreatifan yang ada pada diri Anda, untuk dituangkan dalam bentuk gambar yang menakjubkan pada komputer. Dengan CorelDraw, Anda akan diberikan program yang membawa Anda berimaginasi dalam dunia virtual.

Mungkin Anda sudah terbiasa menggunakan CorelDraw. Namun, di luar sana masih ada berbagai desain grafis sejenis sebagai alternatif, jika mungkin Anda tidak cocok atau bosan dengan pemakain CorelDraw, dan ingin suatu software lain untuk penyegaran. Anda dapat mencoba software desain grafis berikut ini sebagai alternatif dari CorelDraw, dan setiap dari software-software tersebut menawarkan sesuatu yang spesial. Berikut beberapa software yang Paseban rekomendasikan.

Inkscape

Software ini merupakan salah satu software desain grafis yang menawarkan kemampuan sama dengan program sejenis, termasuk W3C standard SVG file format dan datang dengan atribut tambahan yang mudah untuk digunakan. Pertama kali Anda membukanya, Anda akan diberi tampilan yang cukup elegan, dengan tombol-tombol yang disediakan dimana akan mudah Anda gunakan ketika Anda menjalankan suatu proses yang komplek, dan juga ditambah pengaturan editing yang mudah. Anda dapat menggunakan software ini untuk membuat logo, icon, diagram, dan grafik web. Dan seperti disebutkan tadi, Inkscape adalah sofware open source, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memanfaatkannya.

Adobe Illustrator CS6

Dikembangkan oleh Adobe Systems, jajaran berikutnya dalam software desain grafis alternatif dari CorelDraw adalah Adobe Illustrator CS6. Software ini menawarkan tampilan yang intuitif dan proses yang cepat, dan Adobe Illustrator terus mengembangkannya pada setiap versi terbarunya. Beberapa fitur yang ada didalamnya termasuk pattern creation, new image trace, gradients on strokes, inline editing in panels, true white canvas color, dan color panel enhancements. Anda dapat menggunakan program ini sebagai bagian dari Creative Cloud dimana Anda akan mengeluarkan tidak lebih dari $ 50 setiap bulan atau sebagai standalone program dengan biaya $ 19,99 per bulan.

Xara Photo & Graphic Designer MX 2013

Jika nama tersebut membingungkan Anda, Anda dapat menyebutnya dengan nama Xara Xtreme. Dan sebagai software graphic editor, software ini memiliki program ilustrasi yang fleksibel, dan memiliki kemampuan dasar yang tidak akan membingungkan Anda. Anda akan memanfaatkan software ini ketika Anda akan melakukan berbagai aktifitas seperti gambar vector, editing foto, DTP, grafik web, dan Flash animation. Software ini juga datang satu paket dengan fitur Direct Action, fungsi drag dan drop yang mudah, undo/redo, editing objek yang solid, tampilan layar yang berkualitas, layout teks, transparency, life effect, dan masih banyak lainnya. Software yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan biaya $ 89. Ada juga versi Pro yang berharga tidak lebih dari $ 300, dan versi ini akan membawa Anda pada semua fitur dan atribut yang ada didalamnya.

Apache OpenOffice Draw

Software alternatif dari CorelDraw ini akan membawa Anda pembuatan gambar visual yang casual, dari yang sederhana hingga komplek. Untuk memudahkan pekerjaan, Anda dapat menempatkan fungsi yang sering Anda gunakan di atas layar, sehingga Anda dapat menaksesnya hanya dengan sekali klik. Beberapa atribut didalamnya antara lain style and formatting, 3D controller, smart connector, dan dimensionalie. Software graphic vector ini di-bundle dengan Apache OpenOffice dimana bisa Anda dapatkan secara gratis.

DrawPlus

Software graphic vector ini datang dengan fungsi yang sedikit berbeda dan efek yang brilian. Ketika Anda bermain di dalam DrawPlus, Anda akan mendapatkan berbagai fitur menarik diantaranya gambaran yang realistic, dimana Anda akan mendapatkan pencampuran berbagai mode dan teks dalam opsi yang diberikan. Fitur ini juga dapat digunakan untuk desain grafik web. Dan yang terbaik dari semuanya adalah, DrawPlus bisa Anda dapatkan secara gratis.[DEAS]