Software Editing Foto Terbaik

27 Feb 2013 09:00 | Hits: 1670

Dua Alternatif Software Editing Foto Terbaik Selain Adobe Photoshop

Berbicara sofware editing foto terbaik, maka Anda pasti akan memilih Adobe Photoshop berada pada posisi teratas. Ya, software yang kerap disebut sebagai Photoshop CS memang telah lama diperhitungkan sebagai software editing foto terbaik di dunia untuk saat ini. Dengan standar program yang ada, tentunya semakin menaikkan harga pasaran serta tingkat kerumitan saat digunakan. Anda tak perlu kehabisan ide untuk membuat hasil foto serupa Photoshop. Toh tetap semua kembali pada kreatifitas sang pengolah itu sendiri. Selain Photoshop ada beberapa alternatif software yang dapat Anda gunakan. Beberapa software menghadirkan tools serupa dengan Photoshop, tetapi tentunya dengan program-program pendekatan fotografi yang berbeda.

Apple Aperture

Apple Aperture dinilai memiliki kemampuan yang sama dengan Adobe Photoshop Lightroom. Bahkan software ini memiliki prinsip kerja yang hampir sama, terlebih pada proses importing foto ke dalam database dalam jumlah besar, serta fleksibilitas pengaturan dan pencarian foto. Bagi para pengguna produk Apple, Aperture merupakan alternatif paling sepadan. Karena miliki pendekatan yang sama seperti Lightroom, tool yang ada di dalamnya telah tersusun sesuai seri dalam sebuah panel menurun dalam layar. Anda dapat menggunakan proses editing dasar seperti cropping, curves, hue, saturasi, dan lainnya. Walaupun mampu mengoreksi penyimpangan warna, sayangnya Aperture belum mampu memperbaiki distorsi lensar yang tertangkap dalam foto.

Aperture pun memiliki kekuatan lainnya seperti manajemen foto yang lebih efisien bekerja, desain photo book, galeri web, dan jurnal web yang mengkombinasikan foto dan teks dalam satu blog. Sementara itu, produk Apple inipun memiiki sebuah fitur Light Tablet unik untuk melakukan kombinasi serta perbandingan gambar dalam sebuah meja virtual. Fitur tersebut digunakan agar penggunanya memiliki sebuah koleksi yang kohesif dan saling melengkapi untuk keperlua publikasi atau portofolio. Bagi para para pengguna Mac, software editing foto terbaik ini merupakan salah satu pengganti Photoshop menarik untuk digunakan. Terlebih Apple hanya memator produknya ini seharga £55.

Corel PaintShop Pro X5

PaintShop Pro X5 sejatinya telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali diluncurkan sebagai software pengolah foto, terlebih sejak diakuisisi oleh Corel. Semenjak raksasa software desain tersebut masuk, PaintShop mendapatkan tambahan tenaga dan program yang sangat baik. Corel PaintShop Pro X5 sendiri mengkombinasikan pengaturan dan tools pengolahan gambar ke dalam sebuah fitur dalam tiga tab, yakni Manage, Adjust, dan juga Edit. Proses editing sebenarnya hadir pada fitur Edit. Melalui fitur tersebut, Pro X5 menawarkan Anda seluruh kemampuan tool yang terdapat di dalam Adobe Photoshop, mulai dari Blending Modes hingga opsi pengolahan foto HDR. Anda pun akan mendapatkan beragam efek-efek menarik seperti Retro Lab yang memungkinkan Anda mengolah foto seperti hasil olahan kamera-kamara analog atau manual.

Anda dapat menambahkan teks ke dalam foto dan menariknya dapat pula menambahkan beragam objek berbentuk vektor. Corel PaintShop Pro X5 sendiri merupakan sebuah alternatif bagi Adobe Photoshop yang menarik untuk dicoba. Sayangnya software ini dinilai kurang responsi saat digunakan. Hal tersebut dapat Anda alami saat menggunakan fitur Effect yang memerlukan beberapa waktu pengolahan yang tidak sebentar. Corel membanderol software pengolahan fotonya ini seharga £80. [MS]