BlackBerry Essex

08 Dec 2011 15:00 | Hits: 55916

BlackBerry Essex, BlackBerry yang Mendukung Kedua Jaringan GSM dan CDMA

BlackBerry Essex, BlackBerry yang Mendukung Kedua Jaringan GSM dan CDMA

Apakah Anda mengetahui tentang produk BlackBerry Essex? Produk BlackBerry berjalan pada jaringan CDMA yang masuk secara resmi ke Indonesia adalah BlackBerry Tour 9630 dan BlackBerry Curve 8530. BlackBerry Tour 9630 rilis lebih dulu dan menjadi mendapat predikat "World Phone" karena perangkat ini mendukung dua jaringan GSM dan CDMA. Sementara BlackBerry Curve 8530 adalah versi CDMA dari BlackBerry 8520 Gemini. Dan BlackBerry Essex ini adalah salah satu varian lain dari Blackberry yang berjalan di jaringan CDMA.

BlackBerry Essex bukanlah produk baru, perangkat ini rilis pada bulan Juli 2010, hanya saja handset ini tidak masuk ke Indonesia secara resmi. Pada situs resmi BlackBerry area Indonesia, perangkat ini tidak tercantum dalam jajaran smartphone produk BlackBerry.

Handset ini berada pada kelas Bold, dan pada situs resmi BlackBerry handset ini memiliki nama resmi BlackBerry Bold 9650. Namun beberapa pengguna sering menyebutnya BlackBerry Essex atau Tour II. Memang secara desain, handset ini sama persis dengan BlackBerry Tour 9630, hanya saja trackball digantikan dengan trackpad ala Curve 8520.

Dari segi kemampuan, BlackBerry Essex merupakan upgrade dari BlackBerry Tour dengan perbandingan upgrade spesifikasi sebagai berikut:

BlackBerry Tour

BlackBerry Essex

Internal Memory

256 MB

512 MB

Wifi

Tidak ada

Wi-Fi 802.11 b/g

BlackBerry Essex juga menyandang predikat World Phone dengan kapabilitasnya untuk berjalan di jaringan GSM dan CDMA. Pada Jaringan GSM ia mendukung GSM 850/900/1800/1900 dan HSDPA 2100, sementara jaringan CDMA mendukung CDMA/EVDO Rev A 800/1900.

Kelebihan BlackBerry Essex yang merupakan hasil upgrade dari Tour ini adalah; tentu saja mendukung dual GSM-CDMA, Blackberry OS 6 ready, RAM 512 MB yang akan cocok dengan OS 6.

Paseban pernah mendengar rumor bahwa BlackBerry Essex adalah produk gagal karena beberapa pihak—seperti pihak toko handphone—menyatakan begitu. Namun Paseban memastikan handset ini bukanlah produk gagal dan memiliki kemampuan umum sebuah handset BlackBerry, bahkan bisa dibilang setara dengan BlackBerry Onyx.

Namun tentu saja BlackBerry Essex juga memiliki sedikit kekurangan seperti: kelemahan standar yang dimiliki semua smartphone saat ini yaitu baterai boros, speaker yang tertanam pada handset ini juga bisa dibilang kurang keras, dari segi desain yang menempatkan charger di bagian kanan juga agak sedikit menggangu saat sedang charging dan menggunakan BlackBerry Essex.

BlackBerry Essex memiliki harga kisaran $400-$429. Dan pada pasar "bukan resmi" Paseban menemukan perangkat ini seharga Rp 2.250.000. [RY]