BatteryCare

06 Dec 2011 19:00 | Hits: 10813

BatteryCare - Aplikasi Penghemat Baterai Laptop

BatteryCare - Aplikasi Penghemat Baterai Laptop

Sebagai pengguna laptop, tentu Anda ingin semua komponen yang ada di dalamnya dapat terawat dengan baik. Diantara sekian banyak komponen yang ada pada laptop, baterai merupakan salah satu komponen paling penting. Beberapa masalah yang sering melanda baterai laptop biasanya tidak dapat bertahan lama, cepat rusak atau gampang nge-drop. Sebelum masalah itu menyerang baterai laptop Anda, sebaiknya Anda segera melakukan antisipasi. Salah satu cara untuk menghindari kerusakan baterai, Anda bisa menggunakan aplikasi BatteryCare.

BatteryCare merupakan aplikasi yang dapat memonitor ketahanan baterai laptop Anda. Adapun cara kerja aplikasi ini yaitu dapat memantau dengan detail mengenai daya tahan baterai yang Anda gunakan, karena di dalamnya tersedia pemantau temperatur prosesor dan hardisk. Pemantau temperatur ini akan memberi peringatan apabila terjadi kondisi suhu yang memungkinkan baterai laptop Anda akan tertimpa masalah.

Selain itu, pada aplikasi BatteryCare juga tersedia fasilitas automatic power plans switching yang berfungsi untuk mengubah input power laptop secara langsung dengan menyesuaikan sumber tenaga yang Anda gunakan. Kemudian mempunyai notification area information yang di dalamnya berisi kumpulan informasi penting mengenai baterai laptop Anda seperti temperatur, charge status, sisa waktu nyala baterai, serta power plans yang Anda gunakan.

Pada platform Windows Vista, BatteryCare akan mengeset fungsi Aero secara otomatis dengan menyesuaikan sendiri kondisi baterai laptop. Misalnya, ketika baterai minim, maka Aero secara otomatis akan dimatikan. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur auto update, di mana akan secara otomatis ter-update jika versi terbarunya dirilis dan hanya membutuhkan sekitar 0,1% dari resource Processor dan Memory komputer, sehingga membuatnya ringan dan tidak akan membebani resource laptop Anda.

Dengan menggunakan BatteryCare, Anda bisa mengetahui kapan saat yang tepat untuk melakukan charging, melepas kabel charging, melepas baterai dan memasang lagi karena aplikasi ini menggunakan algoritma yang kompleks untuk memonitor siklus discharge baterai Anda melalui Pops up sebagai pengingat, sehingga baterai laptop Anda pun bisa bertahan lama dan awet. Anda bisa mendapatkan aplikasi BatteryCare dengan cara men-download-nya secara gratis, kemudian meng-install-nya di laptop Anda.

Anda bisa men-downloadnya di sini secara gratis. [RF]