Aplikasi Dropbox

03 Mar 2013 16:00 | Hits: 1376

Empat Aplikasi Dropbox Alternatif Untuk Android Yang Akan Memaksimalkan Fungsi Dropbox

Mungkin beberapa dari Anda adalah pengguna Dropbox. Program yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk transfer file antar platform dan juga untuk kepentingan back up. Kunci sukses dari Dropbox itu sendiri adalah mudah untuk digunakan, dimana dalam prosesnya dapat mengintegrasi antar platform yang berbeda-beda.

Aplikasi Dropbox default pada Android adalah satu aplikasi yang bagus sebagai dasar untuk mengakses file dan mengunduhnya, tetapi aplikasi ini hanya memiliki beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan. Padahal jika dieksplorasi, Dropbox bisa menjadi sesuatu yang menakjubkan. Untuk memaksimalkan kemampuan Dropbox, Anda bisa menggunakan aplikasi alternatif, dimana memiliki fitur yang lebih menarik dari aplikasi default-nya tersebut. Dengan aplikasi Dropbox alternatif ini, Anda bisa mengeluarkan semua potensi Dropbox pada perangkat Android Anda. Berikut Paseban sajikan aplikasi Dropbox alternatif yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi sisi menarik dari Dropbox.

MusicDropNPlayLite for Dropbox

Ketika Anda men-drop suatu file pada Dropbox, itu akan otomatis tersedia di berbagai perangkat Anda yang menjalankan aplikasi Dropbox. Jadi, secara teori Anda dapat menggunakan Dropbox untuk menyinkron dan mendengarkan musik antar device. Kecuali, aplikasi Dropbox Android tidak support streaming, suatu file bisa Anda mainkan pada perangkat Android. Jika Anda mencari cara untuk streaming playlist musik dari Dropbox, cobalah menggunakan MusicDropNPlayLite. Setelah melakukan setup, Anda dapat browsing pada folder Dropbox dan masukkan file musik pada playlist MusicDropNPlayLite. Untuk menghapus file dari palylist, klik icon minus di bagian kanan atas, pilih musik yang akan dihapus, dan kemudian tap OK. Playlist Anda akan disimpan ketika Anda keluar dari aplikasi ini. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

Dropsync

Aplikasi Dropbox default tidak menyimpan file pada perangkat Android Anda. Pada website Dropbox sendiri akan menawarkan kita layanan untuk melihat dan mengakses file yang disimpan pada Cloud. Selain itu, Anda dapat mengunduh suatu document dan kemudian langsung dapat membukanya. Namun adal satu hal yang lebih menarik dari itu. Dengan memanfaatkan bantuan dropsync, Anda dapat menyinkrron folder antara perangkat Android Anda dengan Dropbox. Sebagai catatan, untuk versi gratis akan dibatasi untuk satu folder saja. Aplikasi ini akan membimbing Anda pada setup langkah demi langkah. Anda dapat memilih berbagai cara untuk melakukan sinkronisasi, termasuk didalamnya yaitu two-way, upload only, atau download only. Melalui setting Dropsync, Anda dapat mengatur batasan ukuran file yang di-upload, mengaktifkan autosync, dan mengatur proses autosync itu sendiri. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

Folder Downloader for Dropbox

Seperti disebutkan tadi, Dropbox tidak menyimpan file pada perangkat Android Anda. Ditambah, satu kekurangan yang ada pada aplikasi Dropbox default adalah tidak adanya kemampuan untuk mengunduh seluruh folder. Hal ini akan diperbaiki oleh Folder Downloader. Ini adalah suatu aplikasi yang dapat mengunduh seluruh folder atau suatu folder Dropbox ke perangkat Android Anda. Setelah memilih suatu folder, Anda dapat memilih lokasi dan apabila Anda menginginkannya,Anda dapat membuat folder baru. Adalah hal yang mungkin jika Anda ingin melakukan multiple download dan kemudian membiarkannya untuk menjalankan proses tersebut. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini.

AntTek Explorer with Dropbox/Box.net Client

AntTek Explorer mungkin bukan merupakan file manager yang terbaik dan populer untuk Android, tetapi ini akan bermanfaat jika Anda mencari alternatif yang sempurna untuk aplikasi Dropbox default. Di sini, dibutuhkan Dropbox/Box.net Client plugin yang dipasangkan pada AntTek Explorer, jadi Anda perlu meng-install keduanya. AntTek Explorer memiliki layout multi-panel serta fitur drag dan drop. Lebih lagi, aplikasi ini memiliki fungsi viewer sendiri, dan support streaming file musik dan video. Panel di sebelah kiri akan menampilkan struktur file, dan panel lainnya menampilkan konten dari folder yang berbeda-beda. Apabila Anda mengaktifkan Multi-choice di sebelah kanan atas, Anda akan dengan mudah memilih file atau folder dan kemudian memindahkannya, atau klik pada tombol Action dan pilih opsi yang ada seperti Zip, Send, atau Download. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini, dengan Dropbox/Box.net Client. [DEAS]