Game Metal Slug 2

25 Feb 2013 08:30 | Hits: 1123

Game Metal Slug 2 Kini Dapat Dimainkan Di Perangkat Apple

Game Metal Slug 2 Kini Dapat Dimainkan Di Perangkat Apple

Salah satu keuntungan memiliki smartphone adalah kita dapat memainkan kembali game-game lama yang pada saat itu dirilis untuk konsol-konsol klasik seperti NES, Sega Mega Drive, ataupun Sony Playstation. Dengan demikian, pemain dapat bernostalgia sekaligus menjajal ulang game yang mungkin terakhir kali dimainkan pada masa kecil. Sama halnya dengan game bergenre shooter yang akan Paseban ulas kali ini.

Bagi Anda yang sudah bermain video game pada generasi ’90-an, tentunya Anda mengenal game berjudul Metal Slug 2. Metal Slug 2 adalah sekuel dari game yang berjudul sama yang dirilis pada tahun 1998 untuk konsol Sony Playstation. Karena kesuksesannya, pihak SNK Playmore mengemas ulang game ini sampai akhirnya dapat Anda nikmati di berbagai perangkat berlogo apel. Game ini adalah game Metal Slug 2 yang dirilis untuk konsol Playstation namun yang ketiga untuk perangkat Apple. Tidak dijelaskan mengapa pihak SNK merilis Metal Slug 3 terlebih dahulu dibandingkan dengan Metal Slug 2.

Cerita Metal Slug 2 bermula saat General Morden, musuh utama dari game pertama, kembali mengacaukan bumi dengan membawa tentara-tentara baru. Dan di sini Anda berperan sebagai anggota Peregrine Falcon yang ditugaskan untuk menggagalkan misi ambisius General Morden. Anda dapat memilih satu dari empat karakter yang tersedia, mereka adalah Marco Rossi, Tarma Roving, Eri Kasamoto dan Fiolina Germi.

Ketika Anda memutuskan untuk bermain dan memilih salah satu dari keempat karakter tersebut, maka Anda sudah siap untuk melakukan misi dan mengalahkan tentara musuh. Pada awalnya Anda hanya akan diberi senapan biasa, sebuah pisau dan beberapa granat. Anda dapat mendapatkan yang lebih dengan melakukan berbagai persyaratan. Salah satunya adalah dengan menyelamatkan para tawanan. Di setiap stage, akan ada banyak tawanan perang yang diikat dan Anda harus membebaskan mereka. Saat dibebaskan, para tawanan tersebut akan memberi Anda hadiah, diantaranya adalah senjata yang lebih ampuh untuk mengalahkan musuh.

Game Metal Slug ini pun dilengkapi dengan kendaraan-kendaraan canggih yang dapat mempermudah pemainnya untuk mengalahkan musuh, terutama boss yang ada di setiap akhir level. Yang pertama adalah Camel Slug. Camel Slug adalah seekor unta yang dipersenjatai oleh senjata laser di bagian pinggirnya dan juga dapat diarahkan ke segala arah. Ada juga sebuah robot yang dapat dikendarai di darat maupun di udara yang bernama Slugnoid. Untuk mengalahkan para tentara angkatan darat berjumlah banyak secara cepat, Anda dapat menggunakan sebuah jet bernama Slug Flyer yang memiliki daya hancur luar biasa.

Metal Slug 2 dilengkapi dengan virtual controller untuk menggerakkan karakternya. Di sebelah kiri layar Anda terdapat directional pad untuk menggerakan karakter ke segala arah. Sementara itu di sebelah kanan terpasang tombol untuk melompat, menembak musuh, dan melempar granat.

Secara tampilan grafis, game Metal Slug 2 ini tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan pada konsol PlayStation. Masih mengusung grafik side-scrolling dua dimensi. Walaupun berkesan klasik dan sedikit tua, namun game ini masih sangat menarik untuk dimainkan. Mungkin pihak SNK ingin tetap mempertahankan rasa klasik ini agar para pemain lama benar-benar merasakan nostalgia hanya dengan menatap grafiknya saja. Sound effect-nya pun dibuat dengan sangat baik, terutama dengan adanya voice acting saat karakter menerima senjata baru.

Pemilihan karakter mungkin adalah salah satu faktor yang seharusnya dapat diperbaiki lagi oleh pihak pengembang. Walaupun tersedia 4 karakter, namun karakter tersebut tidak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua terasa sama saja dan menjadikan pemilihan karakter hanya sekedar penyesuaian selera pribadi, bukan penyesuaian tipe bermain. Tombol-tombol virtual controller yang berukuran agak kecil sedikit banyak mengganggu Anda dalam bermain game ini. Bila Anda mempunyai ibu jari yang berukuran besar, dianjurkan untuk bermain melalui perangkat iPad agar dapat tetap menikmati permainan ini.

Tidak peduli apakah Anda pemain lama atau pemain baru, Paseban tetap merekomendasikan game Metal Slug ini untuk Anda mainkan. Metal Slug 2 berukuran 43.9 MB, kompatibel untuk iOS 4.3 ke atas, dan dibanderol dengan harga Rp 39.000. Dapatkan langsung di iTunes Store atau bisa klik di sini. [AAD]