Oppo Find

22 Feb 2013 14:00 | Hits: 4680

Oppo Find 5 - Smartphone Android 5 Inci Kreasi Pabrikan Blu-Ray

Oppo Find 5 - Smartphone Android 5 Inci Kreasi Pabrikan Blu-Ray

Oppo memang kita kenal atau kita ketahui sebagai pabrikan yang aktif dalam memproduksi Blu-Ray, namun sama seperti pabrikan lainnya yang tergoda akan manisnya bisnis dalam memproduksi perangkat Android, akhirnya produsen Blu-Ray yang banyak dikenal oleh banyak orang ini juga ikut berkecimpung di dalam penjualan Android dengan memperkenalkan Oppo Find 5 yang membawa fitur layar dengan resolusi Full HD dan layar 5 incinya. Lalu bagaimanakah performa dan detail dari ponsel ini secara keseluruhannya? Berikut ulasannya.

Desain

Oppo Find 5 memiliki gaya sudut berani dengan menempatkan sedikit kurva di dalam desainnya. Ini membuat ponsel ini terlihat ramping dan memiliki nuansa yang sangat nyaman ketika berada di dalam genggaman tangan. Kontras warna antara kaca yang berwarna hitam pekat dan desain yang berwarna putih terang membuat ponsel ini memiliki tampilan yang sangat elegan dan menawan. Handset ini dirancang sedemikian rupa sehingga layar akan mengikuti pola dari desain yang dibawa oleh ponsel ini, dan menghasilkan aksen yang sangat cantik.

Panel layar yang ditanamkan di dalam ponsel ini cukup tipis di tanamkan di sisi ponsel ini, yang membantu meminimalkan ukuran ponsel. Panel bagian atas juga memiliki ukuran yang lebih luas yang di akomodasi dengan earpiece, kamera sekunder dan sensor serta indikator status yang berkedip pada aktivitas yang sedang dijalankan di dalam ponsel ini.

Layar

Oppo menggunakan layar IPS LCD dengan ukuran sebesar 5 inci yang juga dilindungi dengan material pelindung Gorilla Glass 2. Layar ini diberikan fitur kerapatan piksel yang mencapai angka 441 ppi, yang mana merupakan kerapatan piksel terbesar yang bisa kita ketahui saat ini. Untuk mencapai kerapatan ini, layar pada ponsel ini sendiri juga memiliki resolusi 1080p - 1920 x 1080. Yang mana juga merupakan jumlah piksel yang sama seperti yang dimiliki oleh HDTV kebanyakan.

Performa dan Fitur

Untuk masalah sistem operasinya, ponsel ini membawa sistem operasi teranyar yakni Android OS, v4.1 (Jelly Bean) dan didukung oleh prosesor Qualcomm APQ8064 Snapdragon Quad-core yang memiliki kecepatan sebesar 1.5 GHz dan didukung pula oleh RAM sebesar 2 GB. Sedangkan untuk masalah tampilan grafisnya, ponsel ini sendiri mempercayakannya kepada prosesor grafis Adreno 320. Sedangkan untuk media penyimpanannya sendiri, ponsel ini telah di akomodasi dengan memori internal sebesar 16 atau 32 GB tanpa ada dukungan slot kartu eksternal.

Sementara itu, untuk penggunaan datanya sendiri, ponsel ini memiliki jangkauan data HSPA+ dan masih juga ditanami dengan kanal Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot yang akan memaksimalkan penggunaan jaringan internet nirkabel lokal di wilayah Anda. Tidak hanya terbatas sampai disitu, ponsel ini juga telah dibekali dengan Bluetooth v4.0 with A2DP dan microUSB v2.0 yang dikenal mampu mengirimkan data dengan kecepatan tinggi.

Untuk menambah pesonanya, ponsel ini juga membawa sistem audio Dolby Mobile sound enhancement guna menambah daya tarik dalam ponsel ini untuk Anda para pengguna yang menginginkan performa suara yang sangat tangguh.

Kamera

Pada sektor pengolahan gambar digitalnya, ponsel ini tergolong sangat kuat karena membawa kamera utama dengan sensor sebesar 13-megapixel yang akan mengabadikan momen terbaik Anda dalam resolusi sebesar 4128 x 3096 pixels dan juga ditemani dengan fitur yang antara lain autofocus, LED flash, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR. Tidak hanya mampu mengabadikan gambar dalam olahan digital, kamera pada ponsel ini juga mampu mengabadikan momen dalam bentuk video dengan kualitas 1080p@30fps dan memiliki fitur HDR di dalamnya.

Ponsel ini sendiri juga makin dipercantik dengan hadirnya kamera sekunder yang memiliki kekuatan sebesar 1.9-megapixel di dalamnya yang mampu menjembatani Anda dalam berkomunikasi menggunakan panggilan video.

Kesimpulan

Oppo tidak memiliki rekam sejarang dalam dunia ponsel, namun Anda tidak hanya bisa menilai dari penampilan ponsel ini saja. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni, namun ditawarkan dengan harga yang lebih rendah dari ponsel dengan spesifikasi sejenis. Untuk harganya sendiri, ponsel ini sendiri memiliki harga sebesar $500 atau jika dirupiahkan akan mendapatkan harga Rp 4,8 juta. [PY]