lewat mana

02 Mar 2013 13:00 | Hits: 2476

Menghindari Kemacetan di Ibukota dengan Aplikasi Lewat Mana di Android dan BlackBerry

Menghindari Kemacetan di Ibukota dengan Aplikasi Lewat Mana di Android dan BlackBerry

Anda yang tinggal di Ibukota jakarta pasti setiap hari sangat kesal & bosan dengan yang namanya "Macet". Apa yang Anda lakukan ketika berada di tengah tengah kemacetan tersebut? Mungkin Anda asik ber Sms ataupun menelpon, Ada juga yang asik browsing internet atau pun bermain game. Pernah kah Anda memikirkan jalanan Alternatif untuk keluar dari kemacetan.

Telah hadir aplikasi yang membuat Anda tidak usah bermacet macet ria, Aplikasi ini bernama LewatMana atau LewatMana.com untuk website yang bisa Anda akses di browser komputer Anda. Aplikasi ini terdiri dari 2 Versi yaitu versi Lite(Gratis) & versi Pro. Mari kita bedah Lewat Mana versi Android terlebih dahulu.

LewatMana adalah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menghindari titik macet atau jalan raya yang sedang mengalami kemacetan. Ada beberapa menu yang dapat membantu Anda, seperti Driving Mode, Traffic Camera Nearby, Traffic Camera By City, Make a Report, Important Location, Emergency, Twitter, Facebook, Share. Untuk menu pertama ada Driving Mode yaitu untuk berfungsi sebagai GPS yang dapat memandu perjalanan, jangan lupa mengaktifkan WIFI atau Paket Data Internet serta GPS Anda.

Menu berikutnya terdapat Traffic Camera Nearby yang fungsi untuk mencari Camera CCTV terdekat dari Anda tentunya dengan mengaktifkan WIFI atau Paket Data Internet serta GPS Anda. Traffic Camera by City yaitu menu untuk memperlihatkan Camera CCTV di beberapa titik, seperti Gedung perkantoran, Mall atau Kampus yang menjadi pusat untuk melihat secara jelas dari jalan raya utama di daerah tersebut & bisa juga sebuah jalan layang/jalan tol. Beberapa Kota yang sudah tercover cctvnya adalah Jakarta, surabaya, bandung & bali. Terdapat fitur video & gambar untuk melihat kondisi jalan raya di beberapa cctv.

Menu berikutnya yaitu Important Location untuk mencari informasi dimana terdapat Halte bus, SPBU, Hotel, ATM, Bank, Rumah Sakit, dan lain lain. Emergency merupakan salah satu fitur penting dari aplikasi ini, dimana Anda bisa mendapatkan informasi mengenai nomor telpon Polisi, Pemadam Kebakaran, Ambulans. Beberapa nomer penting lainnya seperti Jasa Derek, NTMC Lalu Lintas, Informasi Jalan Tol atau bahkan Posko evakuasi banjir.

Untuk Menu Sosial Media terdapat Menu Twitter & Facebook yang terintegrasi langsung. Menu ini dapat digunakan sebagai sarana berbagi informasi mengenai langsung/Real Time dari kedua Sosial Media tersebut kepada para pengguna LewatMana Mobile & LewatMana.com.Menu terakhir adalah Share yaitu fitur untuk berbagi aplikasi kepada teman Anda di sosial media.

Untuk versi website, LewatMana.com menyediakan peta yang terintegrasi dengan google maps. Dengan ada nya layanan tersebut jika Anda membuka website LewatMana.com, Anda akan disuguhkan peta Jakarta & sekitar nya serta layanan Traffic Update secara Real Time(Gunakan Tombol F5 untuk me-Refresh halaman tersebut). Untuk indicator nya terdapat garis Hijau untuk menginformasikan bahwa arah/rute tersebut lancar & garis Merah untuk menginformasikan bahwa arah/rute tersebut macet. Untuk mengetahui titik CCTV bisa menekan tombol di kanan peta & Anda dapat melihat titik bergambar logo LewatMana. Dibawah peta terdapat update dari beberapa arah/rute seperti Thamrin - Bunderan HI, S. Parman - Grogol, dan lain lain. Untuk mengubah gambar tersebut menjadi video, Anda cukup menekan tombol Live Video di bawah gambar Traffic Update. Untuk Live Update dari beberapa pengguna Twitter ada dibagian bawah Peta.

Perbandingan

Aplikasi bukan lah pelopor dari Traffic Real Time Update, tetapi aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang sangat banyak penggunanya Android di Indonesia. Untuk beberapa pesaing aplikasi ini seperti Waze Social GPS & Traffic akan tetapi aplikasi ini hanyamenyediakan traffic & Peta GPS diwilayah Amerika & sebagian negara tertentu. Untuk perbandingan dengan Versi Pro yaitu versi Lite/Gratis ini memiliki Advertising & versi Pro tidak.

Kesimpulan

Aplikasi buatan Anak Negri ini patut mendapatkan apresiasi & Anda layak untuk membeli versi Pro nya. Apalagi dengan Real Time Traffic di Ibukota yang dapat membantu Anda melihat kondisi terkini di beberapa titik jalan raya. Tidak hanya versi Android & website, LewatMana juga terdapat di BlackBerry.

Anda bisa mendapatkan aplikasi besutan LewatMana.com ini dengan membayar $2,61 untuk versi Pro, versi Lite tidak perlu membayar alias Gratis. Anda cukup mendownload nya di Google Play. Aplikasi ini berukuran 1,7 Megabytes & membutuhkan Perangkat Android 1.5(Cupcake) keatas. Untuk versi Android silakan klik di sini dan BlackBerry silakan klik di sini. Atau untuk akses lewat website, Anda bisa lihat di sini. [HER]