Aplikasi Terbaik untuk Twitter

15 Apr 2011 11:54 | Hits: 6490

Aplikasi Terbaik Untuk Twitter Anda

Aplikasi Terbaik Untuk Twitter Anda

Pecandu Twitter, Anda memiliki banyak pilihan untuk mengakses akun Anda melalui ponsel. Terlebih BlackBerry, smartphone yang satu ini memiliki banyak pilihan aplikasi untuk Anda gunakan. Sebut saja UberSocial, Twitter for BlackBerry, Seesmic, dan Social Scope. Kali ini Paseban mencoba mengulas secara singkat masing-masing aplikasi tersebut. Manakah yang paling pas untuk Anda gunakan? Apakah keunggulan dan kekurangan masing-masing?

UberSocial
Pengganti UberTwitter ini masih berkutat pada image lamanya; pemangsa baterai. Ya, menggunakan UberSocial begitu menguras baterai Anda jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Namun, pengguna BlackBerry masih banyak yang setia terhadap UberSocial, karena aplikasi tersebut dinilai merupakan yang paling simpel dan enak dipandang.

Terdapat berbagai pilihan warna background yang dapat dipilih oleh pengguna UberSocial. Ukuran font pun dapat Anda atur sesuai keinginan. Terdapat pula fitur notifikasi audio saat ada reply, mention, atau direct message masuk ke dalam Twitter Anda. Update Twitter Anda pun dapat langsung tersambung ke akun Facebook.

Twitter for BlackBerry
Bisa dibilang, ini merupakan aplikasi yang paling tidak difavoritkan oleh pengguna Twitter. Mengapa? Ia cenderung mirip dengan UberSocial, namun tampak sedikit kaku baik dari segi layout maupun teknisnya. Sehingga, para pengguna Twitter pun enggan menggunakannya. Beberapa fitur pun kerap mengalami permaalahan teknis, seperti error saat meng-upload foto, atau timeline Twitter yang tidak dapat di-refresh. Namun keunggulannya, ia tak seboros UnerSocial dalam penggunaan baterai. Itulah mengapa masih banyak yang setia pada aplikasi yang satu ini.

Seesmic for BlackBerry
Namanya mungkin kurang populer bagi para tweeters. Namun, sebenarnya ini merupakan salah satu aplikasi terbaik bagi pengguna Twitter di BlackBerry. Mengapa? Karena ia sangat hemat baterai. Terlepas dari kendala saat me-refresh timeline Twitter yang kerap dihadapinya, ia takkan membuat Anda sering mengisi ulang baterai ponsel saat sedang asyik-asyiknya bermain Twitter.

Ia memiliki layout yang clean, sehingg cocok bagi Anda para penganut aliran minialis. Tanpa adanya beragam warna seperti UberSocial dan Twitter for BlackBerry, membuatnya terkesan elegan. Namun bagi sebagian orang, layout seperti ini justru dianggap boring. Yang Paseban suka, tak ada logo burung seperti yang Anda temukan pada aplikasi Twitter lainnya. Ia menggunakan logo berupa rubah. Sangat fresh!

Social Scope
Ini merupakan aplikasi paling eksklusif di dunia per-Twitter-an. Karena, tidak sembarang orang dapat menggunakan aplikasi tersebut. Pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu via e-mail, kemudian Social Scope akan melakukan verifikasi dan meng-approve permintaan Anda. Jangka waktu approval tersebut bisa terjadi dalam waktu berjam-jam, berhari-hari, hingga mingguan.

Keuntungan bagi Anda yang sudah di-approve, aplikasi ini tidak akan terlalu sering mengalami timeline freeze seperti ketiga aplikasi di atas. Karena jumlah penggunanya pun sedikit, ia takkan sering mengalami error seperti itu. Paseban berpendapat, Social Scope memiliki fitur upload foto yang paling cepat dibandingkan UberSocial, Seesmic for BlackBerry, dan Twitter for BlackBerry. Nah, Anda pilih yang mana? ZF