OS Meego

23 Nov 2011 09:00 | Hits: 3102

Seluk Beluk OS MeeGo pada Teknologi Mobile

MeeGo merupakan salah satu proyek sistem operasi open source untuk perangkat mobile, proyek ini diselenggarakan oleh Linux Foundation. OS MeeGo menarget beberapa kategori perangkat, termasuk Netbook, tablet dan handheld. Kemampuan MeeGo untuk rentang segmen beberapa perangkat memungkinkan pembuat perangkat memperluas OS ini ke pasar yang berdekatan untuk meningkatkan investasi pembangunan dan menurunkan risiko.

MeeGo memiliki ekosistem yang kaya dan berkembang, alat pengembangan yang kuat serta penyebaran validasi yang mudah. Salah satu smartphone yang menggunakan OS MeeGo adalah Nokia N9. Meskipun OS yang satu ini begitu sederhana namun sangat fungsional, dan OS MeeGo menjadi salah satu fitur yang paling menonjol pada Nokia N9.

OS MeeGo diumumkan untuk pertama kalinya pada bulan Februari 2008 oleh Intel dan Nokia dalam acara konferensi pers di Mobile World Congress. Ide pembuatan OS MeeGo adalah dengan menggabungkan sistem operasi Moblin dari Intel dan Maemo dari Nokia menjadi suatu sistem operasi baru. Kondisi di mana Nokia meninggalkan OS MeeGo dan lebih memilih berfokus pada OS Windows Phone 7 terjadi sekitar bulan Februari 2001 ketika Nokia mengumumkan kerjasamanya dengan Microsoft. Dan OS MeeGo yang tertanam pada Nokia N9 serta Nokia N950 ini mungkin kali terakhir Nokia menggunakan OS yang berbasis linux.

Selain smartphone Nokia yang menggunakan OS MeeGo, terdapat pula perangkat tablet dan laptop yang menggunkannya di antaranya tablet Iconia M500 dari Acer dan WeTab yang dibuat dari Neofonie. Untuk kategori laptop, salah satu perangkat yang menggunakan OS MeeGo adalah Samsung N100 dan Asus Eee PC X101. Komunitas pengembang OS MeeGo ini berencana untuk terus melanjutkan MeeGo meskipun tanpa didampingi Intel dan Nokia.

Tapi apakah mereka akan sanggup melawan derasnya arus persaingan OS? Terlepas dari itu semua, masalah akan diizinkan atau tidaknya untuk menggunakan merek dagang MeeGo masih belum diketahui secara pasti setelah teridentifikasi bahwa Nokia akan menyimpan OS MeeGo sebagai kenangannya. [MG]