Speed Up Note

18 Feb 2013 09:00 | Hits: 3149

Speed Up Note S4, Phablet Lokal Mewah Untuk Kelas Menengah Ke Bawah

Speed Up Note S4, Phablet Lokal Mewah Untuk Kelas Menengah Ke Bawah

Setelah puas dengan hasil penjualan Speed Up Pad Pro, Speed Up mencoba melanjutkan kesuksesannya dengan Speed Up Note S4. Phablet mewah ini hadir dengan layar megah 5.3 inci dengan usungan Android 4.0.4 yang diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 1GHz dan RAM 512 MB. Cukup mewah untuk sebuah phablet lokal. Penasaran bagaimana dengan kinerja dari phablet ini? Berikut reviewnya.

Desain

Sekilas ponsel ini sangat mirip dengan Galaxy Note, namun ternyata lebih berat 28 gram daripada Galaxy Note. Total dimensi dari phablet ini adalah 150 x 85.4 x 11.2 mm dengan total berat 206 gram. Secara keseluruhan, desain phablet ini terbilang ergonomis. Pada bodi phablet tidak terdapat banyak tombol yang membuatnya semakin memancarkan kesan elegan. Kesan elegan pun semakin bertambah dengan tutup back cover yang terbuat dari bahan plastik berkontur piksel yang membuat phablet terlihat mewah namun membuat phablet tetap kesat ketika digenggam. Sebuah paduan bahan yang benar-benar mantap untuk sebuah phablet lokal.

Pada layar Speed Up Note S4 berukuran 5.3 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel ini menjadikan visual pada layar semakin nyata dan menarik. Hasil gambar pada phablet pun terbilang menarik dan nyaman di mata. Sebuah nilai plus mengingat phablet ini merupakan produk local, selain itu layar pun terbilang cukup responsif dan smooth. Sebuah nilai tambah yang tidak bisa dilewatkan untuk sebuah phablet lokal, keunggulan ini semoga dapat menjadi peningkat stAndar dari phablet produk lokal. Selain untuk meningkatkan nilai jual, naiknya standar pada produk lokal pun akan membuat pasar Indonesia akan semakin kuat dan tidak menutup kemungkinan untuk ‘menyerang’ pasar di luar Indonesia.

Kamera

Phablet ini memiliki dua kamera yang berada di depan dan belakang. Kamera utama pada bagian belakang berresolusi 5 MP, 2592 x 1936 piksel, sedangkan kamera sekunder di depan hanya berresolusi VGA. Dengan begitu, kamera sekunder praktis hanya efektif untuk digunakan sebagai pra sarana video call. Namun fitur kamera utama phablet ini cukup memuaskan dan tentunya akan memanjakan para penggunanya. Dilengkapi dengan berbagai fitur seperti auto focus, night mode, flash light, digital zoom, efek, timer, ISO, dan white balance menjadikan kamera phablet ini memiliki sensasi yang berbeda. Kamera juga dapat digunakan sebagai saran perekem video dengan format MP4 dengan kecepatan resolusi 480p. Pada video recorder, terdapat beberapa pilihan quality seperti CIF, WVGA, dan DI. Durasinya sendiri bisa diatur No Limit. Spesifikasi dan fitur kamera dari phablet ini terbilang cukup baik.

Performa

Berbekal prosesor single core Snapdragon 1 GHz dan RAM 512 MB membuat phablet ini sempat dipAndang sebelah mata, mengingat saat ini sudah banyak phablet dengan penggunaan prosesor dual bahkan quad core. Namun ternyata, semua anggapan itu dapat dibantah oleh Speed Up Note S4, terbukti dengan kinerja ponsel yang masih dapat stabil ketika melakukan pengerjaan multitasking hingga lebih dari 2 aplikasi secara sekaligus. Great work! Selain itu, phablet inijuga dibekali dengan jaringan operator dengan dua buah slot GSM. HSDPA dan WiFi pun menjadi Andalan dari phablet ini untuk dapat terhubung ke internet. Phablet ini memiliki fitur FM Radio yang umumnya masih belum banyak dimiliki oleh perangkat mobile yang beredar di pasaran saat ini. Seperti biasa, Anda harus menggunakan headset untuk dapat mengaktifkan fitur ini, kemudian setelah itu Anda dapat mengatur frekuensi radio yang Anda ingin dengarkan langsung dari phablet Anda.

Kesimpulan

Speed Up Note S4 merupakan phablet besutan vendor lokal dengan berbagai fitur yang terbilang mewah. Oleh karena itu, dapat dipastikan sasaran target dari phablet ini adalah kelas menengah. Dengan banderol harga di kisaran Rp 2,1 juta, phablet ini rasanya cukup layak untuk masuk ke dalam daftar perbandingan phablet yang ingin Anda beli. Namun sayangnya, kapasitas baterai dari phablet ini adalah 2500 mAh. Ukuran baterai yang terbilang standar membuat phablet tidak dapat digunakan terlalu lama. Penggunaan secara terus menerus akan membuat phablet ini bertahan tidak lebih dari 4 jam. [IRW]