Software Recovery Data

18 Feb 2013 12:00 | Hits: 1052

Mengamankan Data Dengan Dua Software Recovery Data Ini

Mengamankan Data Dengan Dua Software Recovery Data Ini

Rasanya menjengkelkan sekali apabila kita kehilangan data-data penting yang sebelumnya tersimpan di komputer. Lebih-lebih jika data tersebut merupakan data pekerjaan, file presentasi, file skripsi atau spreadsheet kantor. Umumnya kehilangan data diakibatkan oleh ketidaksengajaan menghapus atau ada kerusakan lain pada perangkat lunak maupun perangkat keras komputer. Satu-satunya cara untuk menghindari atau menyelamatkan data-data dari kehilangan adalah dengan melakukan backup data secara otomatis. Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan dua software recovery data yang bisa menjadi solusi permasalahan ini.

Zero Assumption Recovery

Zero Assumption Recovery adalah software untuk recovery bagi para teknisi maupun orang umum yang ingin menyelamatkan data-data yang telah terhapus baik disengaja atau tidak disengaja. Zeo Assumption Recovery dapat dipercaya karena aplikasi ini mempunyai kemampuan yang baik dalam recovery data, seperti pada FAT32, NTFS, dan lain-lain. Selain itu Zero Assumption Recovery dapat memungkinkan untuk menjadi solusi permasalahan Anda dalam recovery data yang hilang, baik karena kena virus maupun akibat kerusakan yang lain.

Anda bisa mendapatkan Zero Assumption Recovery ini secara gratis pada link yang tersedia dibawah sini.

Aplikasi sederhana ini terdapat dua menu utama, yakni File dan Help. Selain itu masih terdapat lagi 2 buah tab lagi, yakni Partition selections dan Options. Cara penggunaannya cukup mudah, pada bagian bawah menu terdapat opsi "select partition to recover”, dan jika sudah memasukan file yang ingin dipulihkan secara otomatis aplikasi ini akan bekerja dengan sendirinya. Banyak yang menganggap bahwa Zero Assumption Recovery lebih baik dibandingkan aplikasi sejenis macam Recurva. Recurva hanya dapat berfungsi pada SD card yang terdeteksi oleh Window, sedangkan Zero Assumption Recovery bisa melakukannya. Aplikasi ini akan men-scan file Anda dan jika saat men-scan muncul peringatan bahwa terdapat bad sector pada SD card, maka alternatifnya Anda dapat memilih Forget bad sectors.

Kelebihan utama dari perangkat lunak Zero Assumption Recovery ini karena dapat berjalan pada berbagai sistem operasi Windows lama maupun baru, diantaranya adalah Windows NT, 95, 98, 98 SE, ME, 2000, XP, 2003, Vista dan Windows 7. Seperti yang telah dijelaskan diatas, pada file system yang didukung adalah FAT16, FAT32 dan NTFS, jadi bisa dikatakan untuk semua versi.

Karena merupakan perangkat lunak sederhana, Zero Assumption Recovery hanya memiliki ukuran file sebesar 2.4 MB. Pengembang Utility ini adalah Zero Assumption Software. Sementara yang tersedia pada link softonic.com diatas adalah versi 8.1.

Second Copy

Untuk perangkat lunak Utility kedua adalah Second Copy, fungsinya hampir sama dengan Zero Assumption Recovery yakni menyelamatkan data yang hilang. Second Copy dirancang agar dapat membuat back-up file data pengguna ke dalam media storage internal atau eksternal, bahkan juga bisa ke komputer yang sudah tersambung jaringan. Second Copy ini akan selalu membuat cadangan data yang tentunya juga selalu diperbarui dengan file terkini maupun file yang sudah mengalami perubahan. Program Utility ini dapat berjalan di latar belakang tanpa harus melakukan interaksi pengguna setelah konfigurasinya ditentukan. Second Copy Ini sangat bermanfaat, contohnya apabila suatu saat drive C: Anda mengalami kerusakan atau bahkan tidak bisa dibuka. Anda tidak perlu mengkhawatirkan kehilangan data karenabila drive C: diinstall ulang semua data telah kita backup di folder lain oleh Second Copy.

Anda bisa mengunduh aplikasi Utility Second Copy buatan developer Centered System di sini.

Perangkat lunak Second Copy ini memiliki 5 menu utama, diantaranya adalah File, Edit, View, Tools dan Help. Sedangkan menu tambahan lainnya adalah berupa tab sebanyak 6 buah, yakni All Profiles, Weekly, Daily, Off-site, Business dan Personal.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk memiliki Second Copy adalah sebesar USD 29.95, namun tersedia masa trial (percobaan) selama 30 hari. Second Copy versi 8.1.1 ini berukuran 6.15 MB dan dapat Anda pasang pada sistem operasi Windows XP, 2003, Vista, 7, dan Windows 8 yang terbaru.[ALX]