Aplikasi untuk Belajar Gitar

18 Feb 2013 21:30 | Hits: 4109

Guitar Pro - Aplikasi untuk Belajar Gitar di Perangkat Android

Guitar Pro - Aplikasi untuk Belajar Gitar di Perangkat Android

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan.

Pernah Anda berpikir untuk dapat bermain gitar? Di dunia modern seperti ini memudahkan kita berkembang dalam bidang apapun melalui kemajuan teknologi digital. Begitu pula dengan bermain musik salah satunya bermain gitar pada ponsel Android Anda. Tidak perlu khawatir lagi bagi Anda yang ingin mencoba belajar memainkan gitar maupun mengembangkan skill gitar dalam bermusik. Atau Anda ingin memainkan lagu kesukaan Anda melalui gitar Anda?

Ada beberapa tips untuk Anda seorang pemula dan ingin belajar cara bermain gitar secara baik dan benar dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sekarang ada perangkat lunak untuk membantu Anda bermain gitar secara otodidak. Semua bisa dilakukan dengan panduan yang diberikan oleh aplikasi Guitar Pro pada ponsel Android Anda.

Guitar Pro adalah sebuah software atau aplikasi untuk membuat atau mempelajari sebuah lagu yang dilengkapi dengan tabulasi atau not balok. Juga dirancang untuk mengedit tablatures untuk gitar, bass, dan 4-8 instrumen string membuat, menyunting, dan mempelajari aransemen suatu lagu dari tabulasi yang sudah di download. Guitar pro yang sangat mudah digunakan dan keberhasilan format file banyak digunakan oleh gitaris di seluruh dunia.

Aplikasi untuk belajar gitar ini memiliki feature pendukung yang lengkap bagi Anda yang ingin mempelajari suatu lagu secara instan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan panduan yang jelas. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat aransemen sebuah lagu. Sekarang termasuk dukungan untuk editing instrumen lain seperti piano atau drum, mesinaudio realistis, dan perangkat interaktif untuk mendukung praktek musisi.

Jika Anda memiliki hobi bermain gitar dan ingin mempelajari kunci not balok dari suatu lagu dengan benar, Guitar Pro adalah salah satu pilihan tepat. Dan aplikasi ini bukan hanya ada di PC atau komputer saja, kini Aplikasi Android telah menyediakan itu untuk pengguna ponsel Android yang selalu Anda bawa sehingga bisa belajar dimanapun dan kapanpun .

Jika ingin belajar memainkan musik, Anda akan dipandu untuk memainkan tuts-tuts yang harus ditekan pada instrumen musik dengan benar agar mendapatkan ritme serta melodi dari suatu lagu. Meski menggunakan nama Guitar Pro, aplikasi ini tidak hanya menampilkan not balok bagi gitar, tapi juga mencakup instrumen lain seperti bass, keyboard, piano, drum, bahkan vocal. Semuanya akan ditampilkan dalam bentuk not balok atau tabulasi dengan cukup detail.

Khusus untuk gitar, banyak pilihan konfigurasi yang bisa dipilih sesuai dengan keluaran suara yang bakal dihasilkan. Anda bisa memilih beragam jenis suara yang tersedia, mulai dari akustik hingga elektrik. Melody dan rhythm. Secara default, keluaran suara yang dihasilkan menggunakan format MIDI. Untuk mendapatkan efek suara yang mendekati alat musik aslinya, Anda mesti menambahkan beberapa aplikasi add-on seperti RSE (Realistic Sound Engine) dan juga Soundbank. Add-onini berguna supaya keluaran suara yang dihasilkan bakal mirip dengan suara asli dari instrumen sungguhan.

Sayangnya, untuk mendapatkan kedua add-on tersebut, Anda mesti mengeluarkan biaya tambahan, tidak peduli apakah Anda sudah menggunakan Guitar Pro versi berbayar ataupun demo. Untuk mulai belajar, pertama-tama Anda harus mencari sendiri dulu tabulasi atau not balok dari suatu lagu. Pasalnya, Guitar Pro tidak menyediakannya dan cuma berperan sebagai sarana pendukung. Anda bisa mencarinya di internet, misalnya di situs Ultimate Guitar Tabs dan Guitar Pro Tabs.

Di situs resmi Guitar Pro sendiri, terdapat tautan ke situs MySongBook yang menawarkan ribuan tabulasi lagu dari berbagai musisi dan genre musik. Di situs ini pun terdapat video tutorial bagi pengguna yang ingin mempelajari lebih jauh feature yang ditawarkan serta cara menggunakan Guitar Pro.

Sekilas tentang aplikasi besutan Acrobas Music ini memiliki rating terbilang baik. digunakan melalui ponsel Android 2.2 keatas. Aplikasi dikategorikan sebagai kategori Music & Audio. Dan sudah di download di atas 10,000,000 kali. Seperti yang sudah dijelaskan, Guitar Pro juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile di platform Android. Harganya dimulai dari US$ 624 untuk ponsel Android. Jika Anda ingin mendownload aplikasi ini bisa Anda download di sini. Dengan begitu skill bermain gitar Anda akan terbantu dengan adanya Guitar Pro ini di ponsel Android Anda. [GIL]

Guitar Pro for Android