Add-on Mozilla Firefox

14 Feb 2013 22:00 | Hits: 943

Add-On Mozilla Firefox yang Menyediakan Fitur Chrome yang Anda Rindukan

Add-On Mozilla Firefox yang Menyediakan Fitur Chrome yang Anda Rindukan

Dunia ini dibagi menjadi dua - pengguna Firefox dan pengguna Chrome. Mungkin ini agak berlebihan, namun Firefox dan Chrome tanpa diragukan lagi adalah browser paling populer di kalangan manapun. Bagi Anda, memilih antara Firefox dan Chrome mungkin adalah sebuah dilema, dan akhirnya Anda mengganti browser Anda dua kali dalam setahun hanya untuk menggunakan browser ini.

Seperti pengalaman yang mungkin pernah Anda alami sendiri, ketika Anda menggunakan sebuah browser, tidak peduli apa gangguannya, ada beberapa fitur yang benar-benar tumbuh bersama Anda. Fitur yang Anda merasa tidak dapat melakukan sesuatu tanpanya, dan ini yang membuat Anda sulit untuk berpindah ke lain browser. Bagi Anda yang menggunakan Chrome, pasti Anda merasa ada fitur yang Anda rindukan ketika kembali ke Firefox, begitu juga sebaliknya. Untungnya, saat ini ada beberapa add-on mengagumkan yang membuat semuanya mungkin, dengan memberikan Firefox sedikit sentuhan dari Chrome, yang kecil namun Anda perlukan.

Private Browsing Windows

Adakah hal lain yang lebih mengganggu dari pada mode browsing pribadi Firefox? Entah apa yang mendasari pengembang Mozilla memutuskan untuk membuat penelusuran pribadi yang tidak nyaman digunakan ini. Di Chrome, Anda dapat menekan Ctrl + Shift + N untuk membuka jendela penyamaran baru bersamaan dengan sesi reguler Anda, sedangkan di Firefox penelurusan pribadi mengambil alih sesi reguler Anda. Ketika Anda memulai sesi pribadi, jendela dan tab reguler Anda akan menghilang, dan yang tertinggal hanya penelusuran pribadi Anda. Jika ingin menggunakan tab lain, Anda harus menutup penelusuran pribadi Anda, ini sangat tidak nyaman.

Untuk menyelamatkannya, ada add-on Mozilla Firefox yang sangat berguna yaitu Private Browsing Windows. Add-on Mozilla Firefox ini tidak memberikan fungsi penyamaran Chrome seutuhnya, namun memberikan Anda solusi yang hampir sama.

Private Browsing Windows menggunakan kemampuan Firefox untuk membuka jendela dari profil yang berbeda secara bersamaan, dan menggunakan profil "private” untuk membuka sesi penelusuran pribadi tanpa menutup sesi reguler. Ketika Anda ingin memulai penelusuran pribadi, klik ikon add-on. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah ini, pemilih profil Firefox akan muncul, yang akan meminta Anda untuk memilih profil. Jika Anda suka, Anda dapat membuat jendela ini muncul setiap kali Anda menggunakan add-on, namun Anda juga dapat membuat profil baru dari jendela ini, dan ini disebut "private” (semuanya huruf kecil).

Setelah Anda memiliki profil dengan nama "private”, saat Anda mengklik ikon Private Browsing Windows akan secara otomatis membuka jendela baru untuk profile tersebut dalam mode penelusuran pribadi. Ya, ini adalah profil berbeda, namun ini hampir sama seperti Chrome, dan jauh lebih baik daripada default-nya. Download add-on Private Browsing Windows di sini.

Moveable Firefox Button

Anda mungkin merasa ini lucu, namun ada satu hal yang sangat mengganggu pada versi terbaru Firefox yaitu tombol besar Firefox yang berwarna oranye yang terletak di sudut kiri atas browser. Bagi Anda yang telah lama menggunakan Chrome, mungkin telah terbiasa dengan semua pengaturan dan tampilannya. Ada cara yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan tombol oranye Firefox ini, agar Anda lebih nyaman saat menggunakannya.

Solusinya adalah add-on Mozilla Firefox yang bernama Moveable Firefox Button. Add-on Mozilla Firefox yang sederhana ini bisa membuat tombol besar Firefox menjadi lebih kecil, dan memungkinkan Anda untuk memindahkannya ke manapun yang Anda inginkan. Dengan add-on Mozilla Firefox ini, masalah Anda pun terpecahkan. Download add-on Moveable Firefox Button di sini.

Multiple Tab Handler

Ada satu fitur yang untuk beberapa alasan yang masih hilang dari Firefox, yaitu pengendali multi-tab. Bagi Anda yang suka membuka browser dengan beberapa tab sekaligus, mungkin ada memiliki sedikit masalah dengan ini. Saat Anda menggunakan Chrome, Anda bisa dengan mudah memindahkan beberapa tab dengan memilih beberapa di antara tab tersebut dengan tombol Control, dan menyeretnya ke jendela yang berbeda. Hal ini tidak dapat Anda lakukan di Firefox.

Untuk memperbaiki ini, Anda bisa menggunakan fitur Multiple Tab Handler. Add-on Mozilla Firefox ini memungkinkan Anda untuk memilih beberapa tab sekaligus, dan melakukan berbagai tindakan pada beberapa grup tab. Anda dapat mengatur tombol Control untuk beralih ke tab yang dipilih, kemudian menyeretnya ke jendela yang berbeda.

Jika Anda ingin, Anda juga dapat menggunakan add-on Mozilla Firefox tersebut pada sekelompok tab dengan cara menekan tombol Control, lalu klik pada tab yang Anda inginkan dan klik kanan. Maka akan muncul pilihan apakah Anda ingin memuat ulang tab yang terpilih, bookmark, duplikasi tab terpilih, pin/unpin, memindahkan ke jendela baru, menutup tab, menyalin URL dan menyimpan tab yang terpilih sebagai file. Download add-on Multiple Tab Handler di sini. [RIC]