KitCam

11 Feb 2013 16:00 | Hits: 2057

Edit Foto Terbaik Anda Dengan Aplikasi KitCam Untuk iPhone, iPod Touch dan iPad

Edit Foto Terbaik Anda Dengan Aplikasi KitCam Untuk iPhone, iPod Touch dan iPad

KitCam adalah sebuah aplikasi alternatif Instagram tambahan yang dipergunakan untuk menangkap sebuah foto dan juga bisa digunakan sebagai aplikasi editing. Sebagian besar fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini cukup baru serta inovatif. Aplikasi ini memiliki berbagai macam pilihan pengaturan yang mungkin tidak terdapat pada aplikasi lainnya yang sejenis, sehingga para penggunanya dapat melakukan berbagai pilihan untuk memperbaiki kualitas gambar yang Anda miliki serta terdapat beberapa tombol untuk mengubah pengaturan lampu kilat (flash light).

Ada juga beberapa macam pengaturan penangkapan sebuah objek gambar yang membutuhkan sebuah resolusi tinggi (full resolution), penangkapan objek gambar secara cepat (high speed shooting), penangkapan objek gambar menggunakan waktu, stabilizer, multi-exposure, multi-shot, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga mencakup dukungan empat lensa khusus yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat menyentuh layar dan mengubah tampilan foto.

KitCam sebagai aplikasi alternatif Instagram memiliki berbagai macam editing tools untuk memperbaiki kualitas gambar Anda seperti crop tool, level adjustments, dan juga color balance. Ada juga beberapa macam pilihan untuk melakukan proses filter foto layaknya pada aplikasi Instagram. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga dapat melakukan proses upload tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya serta dapat mengintegrasikannya ke berbagai macam situs jejaring sosial popular layanan Dropbox, Flickr, bahkan pada layanan FTP.

Controlling Exposure

Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan kontrol yang luas atas sebuah gambar atau foto yang telah Anda buat, baik yang paling sederhana maupun untuk dapat melakukan fokus serta kontrol eksposur gambar serta foto. Pengguna juga dapat dengan mudah menyesuaikan focal point atau exposure dengan cara menyentuh layar smartphonenya menggunakan dua jari, dalam modus kamera ini dapat digunakan untuk memberikan kontrol manual untuk masing-masing foto maupun gambar. Aplikasi ini memiliki fitur kompensasi eksposur mulai dari -2 hingga +2 serta terdapat pilihan pengaturan white balance. Keduanya dapat diakses dengan menekan ikon dari toolbar yang berada di bawah aplikasi.

Exposure compensation adalah sebuah pengaturan yang menempatkan berbagai smartphone Anda. Fitur canggih seperti pengaturan pada komposisi grid histogram, bahkan tingkat pengaturan sudut cahaya pada foto maupun pada gambar Anda untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untukmemilih aspek rasio pada gambar serta melakukan preview perubahan secara realtime dan juga dapat dipilih berdasarkan ukurannya 4×3, 1×1, 16×9 or 3×2. Jika Anda merekam sebuah video Anda juga dapat mengatur resolusi film pada resolusi layar seperti pada ukuran 288 pixel, 480 pixel dan 720 pixel, dan jika Anda memiliki iPhone 5 maka Anda akan mendapatkan pilihan resolusi video sebesar 1080 pixel.

Shooting Modes & Settings

- Continuous Shooting

Pengambilan gambar (continuous shooting) akan melakukan proses pengambilan gambar secara terus menerus, sehingga akan membuat foto Anda mendapatkan jepretan gambar dari setiap momen penting yang mungkin Anda tidak ingin lewatkan. Fitur ini berguna untuk dapat digunakan pada kegiatan olahraga, acara-acara konser. Fitur high speed burst merupakan sebuah pilihan, namun kualitas dari foto ataupun kualitas gambar Anda akan menjadi kurang baik karena terdapat frame rate yang lebih cepat. Gambar yang dihasilkan dari modus kecepatan tinggi terus menerus tergantung pada resolusi VGA pada semartphone Anda.

- Timed

Mengatur waktu hasil jepretan dari kamera maupun smartphone Anda mungkin akan sangat diperlukan ketika pada saat momen-momen tertentu, sehingga semua orang ada di dalam foto tersebut dapat ter-capture. Tidak seperti pada beberapa aplikasi yang membatasi pilihan pengaturan waktu yang hanya sekitar 2 atau 5 detik. KitCam juga memungkinkan Anda dengan mudah menyesuaikan ukuran panjang waktu untuk melakukan proses penangkapan foto hingga 10 detik. Anda bahkan dapat memilih fitur Countdown Torch yang terdapat fitur cahaya untuk mengingatkan Anda ketika proses capture foto akan berlangsung.

- Stabilizer

Apakah Anda memiliki kendala saat melakuan proses penangkapan foto seperti tangan yang sering gemetar? Hasil foto akan menjadi kabur dan kualitas gambarnya menjadi buruk. Aplikasi ini dapat memecahkan masalah ini untuk Anda dengan mengaktifkan fitur fungsi stabilizer, dengan fitur ini kualitas gambar Anda akan menjadi lebih tajam

- Multi-Expose & Multi-Shot

Dengan fitur Muti-Expose, Anda dapat melakukan proses penangkapan foto sebanyak enam gambar dalam sebuah frame. Anda dapat menerapkan pengaturan yang berbeda untuk setiap frame sebelumnya dan mengedit setiap frame individual setelahnya.

FiturMulti-Shot sendiri hampir sama dengan fitur Multi-Expose, Anda dapat mengambil beberapa gambar untuk dimasukkan dalam satu frame, dengan pilihan ini Anda hanya dapat melakukan proses penangkapan gambar yaitu tidak lebih dari 4 frame yang kemudian dapat disusun sebagai Diptych.

Time Lapse

Aplikasi ini hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk dapat mengatur waktu jepretan hasil gambar milik Anda baik secara otomatis ataupun manual, fitur ini akan sangat berguna jika digunakan untuk beroto dalam acara reuni, acara keluarga dan acara-acara lainnya.

Lenses, Films and Frames

Tidak mau kalah dengan Instagram aplikasi ini juga menghadirkan pilihan filter gambar serta berbagai macam jenis frame yang akan mempercantik hasil foto Anda. Terdapat 10 jenis lensa, 24 filter dan juga 15 jenis frame yang tersedia pada aplikasi ini. Serta masih banyak lagi tambahan aplikasi lainnya yang bisa dibeli.

Lensa, filter, dan frame dapat digunakan sebelum melakukan proses capture gambar maupun foto. Semua capture tersebut dapat diakses dan dapat diubah dengan cepat. Perubahan yang dibuat pada salah satu pengaturan tersebut dapat diterapkan langsung melalui Preview FX Live, seperti untuk melihat efek-efeknya, Anda dapat memilih dan juga mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda agar menghasilkan foto yang terbaik.

Syncing

Aplikasi ini juga memiliki fitur sinkronisasi, Anda dapat menggunakan layanan DropBox untuk membuat backup foto, ingin menggunakan layanan iCloud, atau layanan lainnya? KitCam bisa melakukannya. Setelah Anda telah berhasil mengatur koneksi Anda, Anda dapat memilih pilihan untuk melakukan pengarsipan foto auto yang diambil dengan aplikasi ini. Hal tersebut akan membuat segalanya menjadi lebih mudah serta lebih efisien.

Settings

Dari menupengaturan, Andadapat mengatur layanan populer seperti DropBox atau Flickr untuk dapat melakukan proses pengarsipan gambar secara otomatis, seperti yang disebutkan sebelumnya. Selain itu, Anda dapat menghubungkan folder dari server Anda sendiri melalui FTP untuk autoupload. Untuk menyimpan data, pastikan Anda mencentang pilihan Upload WiFi Only pada pilihan. Lalu ada juga pilihan fitur berbagi gambar ke berbagai jejaring sosial seperti Tumblr, Facebook, dan lainnya.

Untuk mendapatkan aplikasi KitCam dan melihat secara detail update terbaru dari aplikasi ini, Anda dapat mengunjungi Apple Store, aplikasi editing foto ini dijual dengan harga $1.99. Nah bagi Anda yang bosan dengan Instagram Anda dapat mencoba KitCam sebagai aplikasi alternatif. [AG]