Flipboard

27 Jun 2014 19:00 | Hits: 1390

Jelajahi Konten Online Melalui Flipboard, Aplikasi Berita Untuk iOS dan Android

Jelajahi Konten Online Melalui Flipboard, Aplikasi Berita Untuk iOS dan Android

Ketika pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2010, Flipboard adalah aplikasi yang potensial di mana nantinya akan mencuri perhatian dan menjadi pembicaraan banyak orang yang membuat aplikasi ini menjadi populer. Didesain eksklusif untuk iPad, aplikasi ini memberikan layanan pada penggunanya untuk mengakses konten online disertai tampilan yang elegan dan indah. Tidak beberapa lama, aplikasi ini menjelma menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh tablet Apple. Beberapa saat kemudian, Flipboard menyambangi dunia smartphone Android. Jika Anda merupakan orang yang senang membaca website favorit melalui smartphone, maka aplikasi berita seperti ini sangat direkomendasikan bagi Anda.

Mungkin bagi Anda pengguna perangkat iOS atau Android, Anda telah menemui beberapa macam aplikasi berita di App Store masing-masing. Salah satu yang populer adalah Pulse yang memiliki fungsi sebagai Google Reader dan juga pusat info berita. Di lain pihak, ketika pertama kali diluncurkan, Flipboard tidak terlalu memberikan kejutan yang berarti. Namun, sekarang, aplikasi ini bekerja layaknya edisi digital dari berbagai majalah favorit Anda.

Ketika mulai menggunakan aplikasi berita ini, Anda akan diberi pilihan untuk mengambil beberapa kategori yang diinginkan dan dengan tap pada tombol, maka sajian update majalah digital Anda telah siap. Konten yang akan ditampilkan merupakan hasil dari bervariasi sumber website, dan kemudian dikumpulkan pada beberapa kategori dengan sedikit pilihan di mana konten itu berasal. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan berita tentang teknologi, atau yang lebih umum Anda bisa mendapat info berita dari Daily Telegraph.

Layanan ini juga memberi Anda jalan untuk terhubung melalui akun Google Reader lengkap dengan RSS feeds yang menjadikan aplikasi ini menjadi aplikasi berita yang diperhitungkan. Jika Anda tidak menggunakan Google Reader atau tidak ingin terhubung dengan berbagai akun eksternal, maka aplikasi ini akan tetap melayani Anda, tetapi Anda tidak perlu berharap banyak untuk mendapat info darimana konten yang sedang Anda buka berasal. Tentu saja, jika Anda tidak mendapatkan sumber yang spesifik, Anda hanya akan dapat membuka konten, dimana akan diakes menggunakan tombol bookmark di sebelah kanan atas.

Melaui itu, Anda akan dapat menjelajahi banyak sumber dan kemudian klikadd. Untuk RSS feeds, website yang spesifik dapat dicari dan apapun yang Anda masukkan akan ditampilkan di bagian akhir aplikasi. Channel utama dan berbagai sumber yang dimasukkan dapat diatur sesuai keinginan Anda menggunakan metode tap dan tahan, di mana digunakan untuk mengorganisasihomescreen perangkat Anda.

Anda tidak harus memasukkan banyak channel dan sumber, dan cukup masukkan website yang Anda ingin baca ditambah dengan akun eksternal milik Anda yang kompatibel. Ini membuat aplikasi ini menjadi aplikasi berita yang mudah dikelola, serta dianjurkan bagi Anda yang senang menjelajahi berita di internet dan berbagai macam konten lainnya.

Salah satu hal terbaik yang dilakukan aplikasi ini adalah kemampuan dalam menggabungkan berbagai layanan website dalam satu aplikasi. Untuk setiap layanan yang dimasukkan, terdapat menu di bagian atas area untuk navigasi. Menu ini menyediakan akses ke YouTube atau akun SoundCloud. Dengan ini, Anda dapat melihat daftar video YouTube serta mendengarkan musik melalui SoundCloud. Semua layanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Fitur yang menjadi favorit dalam aplikasi berita ini adalah kemampuan untuk memperdengarkan konten audio, sebagaimana ditampilkan dalam SoundCloud, ketika membuka fitur lain dari aplikasi ini. Jadi, Anda dapat membaca berita sambil mendengarkan musik dari SoundCloud ditambah dengan kontrol musik tanpa mengganggu Anda saat membaca yang dapat diakses melalui control panel di bagian atas kiri pada layar.

Ada berbagai alasan untuk memanfaatkan aplikasi ini, terutama bagi Anda yang belum pernah menggunakannya. Aplikasi ini bisa menjadi kompleks atau simpel, dan ini tergantung pada keinginan Anda. Masukkan sumber yang diinginkan, maka Anda akan mendapatkan akses berbagai konten dalam satu tempat. Untuk yang hobi berjelajah konten online, aplikasi berita ini adalah pilihan tepat bagi Anda. Untuk iOS, aplikasi ini dapat diunduh gratis di sini, sedangkan untuk Android bisa didownload di sini. [DEAS]