Ice Cream Sandwich

25 Oct 2011 19:00 | Hits: 4180

OS Android Terbaru - Google Android 4.0 Ice Cream Sandwich

OS Android Terbaru - Google Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Google telah resmi memperkenalkan OS Android terbarunya : Google Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Operating system Ice Cream Sandwich ini akan tersedia untuk smartphone dan tablet, tapi perangkat pertama yang menggunakan OS ini dengan ICS adalah Samsung Galaxy Nexus. Perangkat ini akan hadir pada bulan November.

Salah satu hal kunci yang akan Android 4.0 lakukan untuk ekosistem Google adalah membawa beberapa fitur yang hanya tersedia untuk tablet ke ponsel. Misalnya, ponsel Android dengan Ice Cream Sandwich sekarang mendukung widget home screen resizeable dan menu aplikasi Honeycomb-style juga widget manager serta support untuk desain buttonless seperti ke Home, Back, dan ikon Menu yang muncul di bagian bawah tampilan ketika Anda membutuhkan mereka, dan hilang saat Anda tidak membutuhkannya.

Tapi Android 4.0 Ice Cream Sandwich bukan hanya dirancang untuk membawa keseimbangan untuk ponsel Android dan tablet. Operating system ini juga mencakup sejumlah fitur baru dan user interface halus yang memberikan Android tampilan yang lebih konsisten sekaligus juga membuat lebih menarik dan lebih mudah digunakan.

Sebagai contoh, aplikasi new People menggantikan aplikasi Contact dengan menampilkan foto-foto berbentuk besar dari kontak Anda serta update terbaru dari jaringan sosial mereka. Oh ya, selain foto Anda bisa juga mengambil nomor telepon, alamat email, dan informasi terkait lainnya.

Google juga telah meningkatkan aplikasi kamera dengan memungkinkan Anda untuk memulai penggunaannya lebih cepat, mengambil foto panorama, dan zoom lebih mudah. Anda juga dapat melakukan beberapa pengeditan foto dasar dari aplikasi Gallery.

Selain itu, aplikasi web browser barunya juga bisa melakukan sinkronisasi antara bookmark Anda dengan Google Chrome untuk PC, memungkinkan Anda untuk menjelajahi web dalam mode penyamaran, tampilan versi full desktop dengan website, atau menyimpan halaman untuk dapat dibaca secara offline.

Google juga terus mendorong teknologi NFC (Near Field Communications). Jika ponsel atau tablet Anda memiliki chip NFC, Anda akan dapat menggunakan fitur baru yang disebut Android Beam untuk berbagi konten antar perangkat dengan menekan dua perangkat bersama dan kemudian menekan tombol Beam untuk mengirim halaman web, peta, atau data lain dari satu perangkat ke perangkat lainnya. ND