Advan Vandroid T3i

02 Feb 2013 16:00 | Hits: 4833

Advan Vandroid T3i - Tablet Lokal Prosesor Ganda Bersistem Ice Cream Sandwich

Advan Vandroid T3i - Tablet Lokal Prosesor Ganda Bersistem Ice Cream Sandwich

Advan merilis generasi penerus dari tablet Advan Vandroid T3 dengan penambahan label "i”. Bukan cuma sistem operasinya saja yang diperbaharui dengan penggunaan Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich, tetapi juga pada beberapa fitur seperti kamera dan prosesor. Mari kita simak apa saja yang diperbaharui dari tablet Advan Vandroid T3i ini:

Desain

Tablet ini terlihat tambun karena penggunaan layar yang cukup besar, yaitu 9.7 inci. Sekilas penampilannya mirip dengan iPad karena penggunaan akses casing belakang yang berwarna perak. Meski kalau diperhatikan lebih detail, perbedaannya akan terlihat banyak sekali. Seperti pada bagian tidak ada tombol Home sehingga tablet terlihat rata. Di bagian sisi sisi juga terdapat beberapa slot untuk kartu SIM dan memori, tombol volume, tombol Power, port USB dan audio.

Selain itu, besarnya layar menjadikan orang orang sering mengasosiasikan dengan iPad. Memang Vandroid T3i memiliki ukuran yang hampir sama dengan iPad, namun dari segi resolusi dan teknologi masih kalah dengan produk Apple tersebut. Tablet ini menggunakan layar TFT capacitive multitouch dengan resolusi 1024 x 768 piksel.

Kamera

Jarangnya tablet lokal dengan kamera yang baik menjadikan nilai tambah dari Advan Vandroid T3i ini. Ada dua buah kamera yang disematkan, yaitu 8 MP untuk kamera utama di belakang dan 1.3 MP di bagian depan. Tidak hanya itu, karema juga dilengkapi dengan lampu flash untuk meningkatkan hasil tangkapan foto Anda dari tablet ini. Kamera juga dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap seperti Panorama, video record, macro panorama, HDR, dan lain lain. Walaupun masih kalah bila dibandingkan dengan kamera beresolusi 8 MP dari vendor luar, tetapi hasil foto tetap memuaskan untuk hasil dari tablet lokal.

Performa

Untuk akses data melalui jaringan seluler GSM, tablet ini sudah mendukung 3G - HSDPA sehingga koneksinya bisa diAndalkan. Selain itu, terdapat WiFi untuk alternatif akses internet di area hotspot. Browser yang digunakan pada tablet ini telah mendukung HTML5 dan Flash. Pengguna dapat membuka jendela baru sehingga bisa mengakses beberapa situs web sekaligus hingga 8 halaman web. Advan juga menyertakan aplikasi Office Suite 5 yang sangat berguna bagi pengguna untuk mendukung pekerjaan mereka. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengakses beragam dokumen kantor mencakup format Word. Excel, Powerpoint, teks, hingga PDF. Aplikasi ini sudah full version, sehingga tidak hanya berkemampuan membaca, tetapi juga pengoperasian lain seperti membuat file baru dan mengedit file yang sudah ada.

Penggunaan sistem operasi Android 4.0 menjadikan tablet ini memiliki fitur built in Google Maps. Dengan aplikasi peta digital ini, pengguna bisa mencari lokasi tertentu maupun informasi lokasi dengan cepat dengan basis satelit GPS. Kemudian untuk fasilitas multimedia, tablet ini memiliki fitur dan fasilitas yang cukup lengkap. Untuk mendengarkan lagu kesukaan Anda, mendengarkan siaran radio FM kesukaan Anda, bahkan jika Anda ingin menonton koleksi film kesayangan Anda. Tablet ini memiliki banyak aplikasi pendukung untuk memutar hal hal di atas. Advan tampaknya sadar betul akan fungsi tablet yang umumnya diincar sebagai perangkat mobile media dan hiburan oleh para penggunanya. Penggunaan tablet sebagai alat pemutar musik dan video pun ditangkap sebagai salah satu fitur unggulan yang harus dikedepankan untuk menarik hati para calon pembeli.

Kesimpulan

Advan membekali tablet ini dengan prosesor dual core 1GHz dan memori RAM 512 MB. Menjalankan aplikasi secara bersamaan menjadikan tablet tetap lancar dan cepat. Walaupun terkadang masih ada lambat, mungkin ini disebabkan memori RAM yang masih menggunakan 512 MB. Tablet ini juga dilengkapi dengan baterai Lithium berkapasitas 6.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, maka daya tahan tablet menjadi lebih panjang. Tablet ini dibanderol dengan harga 2.2 juta rupiah. Dengan harga itu, tablet ini dirasa memiliki kemampuan dan potensi untuk merebut hati calon pembeli di pasar tablet saat ini. [IRW]