File Manager Android

31 Jan 2013 22:00 | Hits: 3507

Aplikasi File Manager Android Terbaik, ES File Explorer

Aplikasi File Manager Android Terbaik, ES File Explorer

Sistem operasi Android tidak disertai dengan file manager. Google berpendapat bahwa file manager adalah bagian dari masa lalu, yaitu sebuah alat yang rumit yang tidak kita butuhkan ketika data tersimpan di penyimpanan awan. Namun masa-masa tersebut sudah lewat. Bagi kita yang yang membutuhkan file manager Android, File Explorer adalah pilihan yang terbaik. Kabar baiknya lagi, aplikasi file manager Android ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

ES File Manager dikemas dengan berbagai fitur. Aplikasi file manager Android ini jauh lebih kuat dari aplikasi pengelola file desktop seperti Windows Explorer.

Pengeloaan File Dasar

ES File Explorer mencakup semua fungsi pengelola file yang Anda harapkan dari sebuah file manager. Ini seperti memiliki file manager desktop pada smartphone atau tablet Anda. Dengan kemampuan untuk melihat dan mengelola isi dari kartu SD atau penyimpanan internal Anda, ES File Explorer memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal berikut:

• Memilih beberapa file atau folder dengan cara men-tap tombol Select pada toolbar dan men-tap setiap file atau folder. Anda juga dapat men-tap Select All pada tampilan yang aktif
• Melakukan operasi pada satu file atau folder dengan menekan agak lama pada file atau folder tersebut. Anda dapat menggunakan Cut, Copy, Paste, Delete, Rename, Move, Properties, dan masih banyak lagi
• Menggunakan fungsi tertentu Android, seperti Sharing sebuah file atau folder (yang membuka menu Share), membuka sebuah file dalam aplikasi terinstal yang mendukungnya, atau membuat sebuah shortcut untuk file atau folder pada home screen Anda
• Mencari file berdasarkan nama, path, kategori, ukuran dan tanggal. Anda tidak perlu menelusuri tiap-tiap folder untuk mencari file.
Anda dapat mengaktifkan fitur Root Explorer untuk menelusuri, bahkan memodifikasi file di manapun pada sistem file perangkat Anda.

Remote File Management

Apa yang membuat ES File Explorer berbeda adalah daftar panjang dari berbagai fitur yang dimilikinya. Aplikasi file manager Android ini dapat melakukan hampir semua yang Anda inginkan. Tidak hanya mengelola file untuk sistem file lokal Anda, namun aplikasi file manager Android ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan file jarak jauh untuk mengelola file pada perangkat lain di dekatnya dan pada akun penyimpanan awan. Beberapa fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi ini diantaranya adalah:

• Akses file pada komputer lokal menggunakan protokol SMS yang digunakan untuk berbagi file Windows. Buka bagian LAN, lalu tap pada New, dan tap pada Scan untuk memindai komputer yang berbagi file pada jaringan loka. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menduplikasi file dari komputer Anda ke perangkat Android Anda atau bahkan streaming video dari komputer Anda melalui jaringan.
• Terhubung ke berbagai layanan penyimpanan awan, termasuk Dropbox, Google Drive, Microsoft SkyDrive, Ubuntu One, Amazon S3, Box, SugarSync, dan Yandex.
• Mengunduh dan mengunggah file melalui FTP menggunakan FTP client yang telah terintegrasi.
• Mengelola file melalui Bluetooth. Anda dapat meng-copy dan paste file secara langsung antar perangkat Bluetooth.

Fitur Lainnya

Selain fitur-fitur di atas, aplikasi file manager Android, ES File Explorer ini masih menyediakan daftar panjang fitur lainnya, yaitu:

• Application Management: ES File Explorer dapat mengelola aplikasi yang tersimpan pada perangkat Anda. Selain meng-uninstall dan mengkategorikan aplikasi, Anda dapat membuat salinan cadangan dari file .apk pada aplikasi ini dan menginstal cadangan file .apk tersebut.
• File Compression Support: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengkompress dan dekompres file ZIP dan RAR. Anda juga dapat membuat password pelindung (enkripsi) untuk file ZIP tersebut.
• Built-In File Viewers: Aplikasi ini disertai penampil built-in untuk melihat file gambar, musik, dokumen, dan file jenis lainnya. Anda tidak perlu menginstal aplikasi lain untuk melihat berbagai file. Ketika Anda membuka sebuah file, Anda akan memiliki pilihan untuk menggunakan penampil internal atau aplikasi eksternal.
• Text File Editor: ES File Explorer disertai dengan editor teks built-in. ES File Explorer sangat kuat, sehingga jika Anda mengaktifkan penulisan ke root sistem file (hati-hati saat melakukan ini, Anda dapat merusak sistem operasi Anda), Anda dapat menggunakan teks editor built-in pada ES File Explorer untuk memodifikasi secara langsung file konfigurasi sistem operasi Anda.

ES File Explorer juga disertai dengan task killer, namun ini tidak direkomendasikan, karena akan memperlambat Android Anda. Download aplikasi file manager ES File Explorer di Google Play. [RIC]